BNPB Harus Aktif Jemput Bola

BNPB harus berperan aktif. Jangan tunggu bertambahnya pasien covid-19. BNPB harus bergerak aktif jemput bola.

Rabu, 18 Maret 2020 | 12:10 WIB
0
119
BNPB Harus Aktif Jemput Bola
Doni Monardo (Foto: CNN Indonesia)

Pencegahan menularnya covid-19 saya kira tak bisa sekedar menghimbau masyarakat untuk tidak berada di kerumunan, menjaga jarak sekitar 1 meter lebih, rajin mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir selama 20-40 detik, dan tidak keluar rumah.

Saya kira pemerintah pusat melalui BNPB harus melakukan tindakan yang lebih agresif. Misalnya BNPB menyediakan alat pengukur suhu tubuh untuk disebarkan ke setiap Kelurahan. Dari Kelurahan alat-alat pengukur suhu itu disebarkan kepada setiap RW. Sedikitnya satu RW harus memiliki dua alat pengukur.

Dengan demikian, BNPB bertindak aktif "menjemput bola". Bila terdeteksi ada warga yang suhu tubuh di atas 36 derajat celsius, segera kirim ke Rumah Sakit untuk diperiksa lebih lanjut apakah positif atau negatif terhadap virus corona. Jika hasil test lab. ternyata positif, maka harus segera dikarantina. Sehingga virus tidak menular dan semakin meluas.

Saya minggu lalu pergi ke sebuah mall di kawasan Jakarta Utata. Saat saya masuk pintu mall, ada petugas yg mengukur suhu tubuh. Alat itu berbentuk seperti pistol. Di arahkan ke dahi kemudian alat utu bisa mengukur suhu tubuh kita.

Kata petugas itu jika suhu tubuh terdeteksi mencapai38 derajat celsius, maka dianjurkan segera periksakan diri ke rumah sakit.

Saya kira instruksi dari BNPB yang satu komando harus diteruskan kepada setiap pemimpin daerah, Gubernur, Bupati. Yang kemudian diteruskan ke jajaran di bawahnya, Walikota, Camat, Lurah, RW.

Bagi komplek perumahan menengah atau mewah, para RW wajib membeli alat pengukur itu dengan uang kas warga sendiri atau dari sumbangan warga. Bagi kawasan perumahan kelas bawah alat-alat pengukur suhu disuplai dari Pemerintah Pusat.

Saya kira para pemimpin daerah bisa meminta perusahaan-perusahaan ikut menyumbang.

BNPB harus berperan aktif. Jangan tunggu bertambahnya pasien covid-19. BNPB harus bergerak aktif jemput bola.

Mari sebagai masyarakat kita wajib mematuhi anjuran-anjuran dan himbauan-himbauan dari Pemerintah agar mata rantai penularan virus corona terputus dan tidak semakin meluas!

Badai pasti berlalu.

***