Kehidupan Nabi

Museum juga akan menayangkan film interaktif 3D tentang rumah Nabi SAW, diorama digital kota Makkah dan Madinah pada zaman Nabi.

Kamis, 8 Agustus 2019 | 07:31 WIB
0
107
Kehidupan Nabi
Buku

Sebuah buku yang telah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia saya terima juga kemarin dari Profesor Abdullah Nasir Al-Qarni, pemimpin delegasi Museum Yayasan As-Salamu Alayka Ayyuha An-Nabiyy dari Arab Saudi di Jakarta.

Judulnya Kehidupan Nabi. Isinya bolehlah disebut sebagai katalog isi Museum Rasulullah yang akan dibangun di Indonesia dalam waktu dekat.

Kemarin, delegasi Museum Rasulullah ini bertandang ke kantor Dewan Masjid Indonesia di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, untuk membahas lebih dalam soal pendirian museum bersama Wakil Ketua Umum DMI Syafruddin. Ada dua pilihan lokasi museum: di kawasan Cimanggis, Depok, berdampingan dengan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) yang sedang dibangun, dan di kawasan Taman Mini di Jakarta Timur.

Delegasi Museum Rasulullah dari Arab Saudi telah berkunjung ke Cimanggis, dan hari ini meninjau kawasan Taman Mini.

Baca Juga: Museum Rasulullah Dibangun di Indonesia

Indonesia adalah salah satu yang dipilih oleh Raja Salman bin Abdulaziz, serta Dewan Islam Dunia sebagai salah satu lokasi pendirian Museum Rasulullah. Museum modern ini kelak akan menjadi tujuan wisata yang terbuka untuk umum.

Isinya, berupa kisah kehidupan Nabi Muhammad SAW, dari kelahiran hingga kematiannya, sampai ke detail kecil seperti jenis sisir, pakaian yang dikenakan dalam pertempuran, makanan serta obat-obatan yang diminumnya.

Museum juga akan menayangkan film interaktif 3D tentang rumah Nabi SAW, diorama digital kota Makkah dan Madinah pada zaman Nabi, dan sebagainya. Segenap isi museum nantinya berasal dari Museum Yayasan As-Salamu Alayka Ayyuha An-Nabiyy, Arab Saudi.

***