Program AMANAH Wujudkan Pemuda Cerdas dan Ekonomi Berkelas

Minggu, 17 Maret 2024 | 23:44 WIB
0
55
Program AMANAH Wujudkan Pemuda Cerdas dan Ekonomi Berkelas
Diskusi FAMMI

Oleh : Nur Sa'aadah 

Program Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) yang diinisiasi oleh Badan Intelijen Negara (BIN) Republik Indonesia mampu mewujudkan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), khususnya di kalangan para pemuda penerus bangsa menjadi semakin cerdas, di sisi lain juga terjadi peningkatan ekonomi berkelas.

Program AMANAH yang digagas oleh BIN terus menunjukkan perkembangan yang baik. Dalam hal ini, BIN akan memprioritaskan Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh sebagai salah satu daerah dalam program AMANAH tersebut, yang mana program itu akan dikelola oleh para pemuda di sana demi memajukan daerah mereka.

Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas AP menyebutkan bahwa hal yang perlu dilakukan untuk semakin mendukung implementasi program AMANAH adalah dengan koordinasi yang baik antar seluruh pihak terkait.

Selain itu, menanggapi bagaimana dilakukannya program Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat, Pj Bupati Nagan Raya itu menilai bahwa program yang diinisiasi oleh Badan Intelijen Negara tersebut memiliki peranan yang sangat penting, khususnya bagi para pemuda karena mereka bertugas untuk membangun dan memajukan daerah.

Para generasi muda penerus bangsa itu merupakan pemegang tongkat estafet atau mereka menjadi penerus dari generasi sebelumnya, sehingga apapun dan bagaimanapun nasib dari suatu daerah jelas berada di tangan pemuda.

Mereka semua memiliki peranan yang sangat penting untuk membawa bagaimana daerah tersebut berjalan, entah kemudian daerah itu akan maju atau justru akan mengalami kemunduran.

Oleh sebab itu, karena bagaimana peranan para pemuda tersebut sangat penting, maka bagaimana penerapan Program AMANAH yang dijalankan oleh BIN sendiri jelas akan sangat membantu dalam mengajak para generasi muda untuk mengembangkan minat serta bakat hingga potensi mereka demi membangun daerahnya.

Ketika kualitas SDM muda yang berada di suatu wilayah bisa meningkat, termasuk dari sisi kecerdasan ataupun akademik mereka, nantinya diharapkan juga akan berpengaruh pula pada peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar dan daerahnya dengan terwujudnya pembangunan ekonomi.

Pj. Bupati Nagan Raya, Fitriany menambahkan bahwa adanya program AMANAH yang dijalankan oleh BIN memiliki tujuan untuk membangun ekonomi di daerah melalui adanya pemberdayaan para pemuda mereka.

Sehingga program tersebut memiliki sasaran untuk semakin meningkatkan pemberdayaan kualitas para generasi muda di Aceh agar mereka bisa jauh lebih aktif lagi dalam berperan membangun perekonomian di daerahnya.

Beberapa hal yang dilakukan oleh BIN dalam menjalankan program AMANAH adalah membentuk dan memberikan fasilitas kepada para pemuda untuk menjadi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Selain memberikan kesempatan pada para penerus bangsa untuk menjadi UMKM dengan banyaknya bekal yang diberikan, namun Badan Intelijen Negara juga akan memberdayakan para santri di pondok pesantren (ponpes), kemudian juga memberdayakan komunitas anak muda, yang seluruhnya akan mengelola UMKM seperti peternakan bebek atau lele.

Tidak hanya menjalankan program AMANAH dengan cara memberikan kesempatan kepada para pemuda di Aceh untuk menjalankan bisnis dan menjadi pelaku UMKM saja, namun BIN juga akan membantu pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya dalam pencarian anggaran demi berjalan lancar dan optimalnya program tersebut.

Termasuk pula, BIN memberikan fasilitas yang lengkap untuk terjalinnya koordinasi dengan berbagai pihak terkait lainnya seperti kementerian, yang mana tujuan utamanya adalah untuk semakin menunjang terjadinya pengembangan bakat dan memajukan daerah melalui SDM berkualitas di Kabupaten Nagan Raya.

Dalam menjalankan Program AMANAH, BIN sama sekali tidak menerapkan paradigma secara top down atau memaksakan kehendak program dari atas untuk dijalankan oleh para pemuda secara kaku dan tidak bisa diganggu gugat.

Melainkan, justru BIN dalam membahas berjalannya program Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat itu dengan cara mengumpulkan para penerus bangsa untuk diajak berdiskusi mengenai apa saja program yang sebelumnya telah dimiliki atau diusulkan oleh mereka.

Kemudian, dari hasil diskusi yang dilakukan itu, akan dilakukan penyamaan dan dipadukan untuk arahnya lebih dikerucutkan pada pengembangan sektor UMKM dan wirausaha agar terjadi peningkatan ekonomi berkelas di Serambi Mekkah.

Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Aceh, T. Robby Irza menyampaikan bahwa peran para pemuda memang sering dikaitkan dengan kemajuan suatu wilayah, bahkan dalam sejarah peradaban sendiri, para generasi muda merupakan pemegang tonggak bagi terjadinya kemajuan dan pembangunan daerah.

Para generasi muda itu merupakan agen perubahan, sehingga bagaimanapun tindakan mereka akan sangat menentukan dan bahkan mampu menjadi penggerak dengan adanya inovasi yang kreatif.

Namun, pemuda sebagai agen perubahan dan memimpin kemajuan pembangunan peradaban itu hanya dapat diwujudkan ketika mereka ikut serta dalam mendukung penuh terjadinya berbagai macam perubahan dalam lingkungan di masyarakat menjadi lebih baik.

Menyadari betapa pentingnya peranan dari para pemuda, sehingga BIN menginisiasi berjalannya program AMANAH untuk menggembleng para penerus generasi bangsa tersebut menjadi SDM yang berkualitas dan unggul untuk mewujudkan peningkatan kesejahteraan wilayah dengan diimbangi meningkatkan perekonomian berkelas.

)* Penulis adalah Mahasiswa STAI Jamiatut Tarbiyah Lhoksukon