Proposal Reformasi Politik Partai Gelora, Terobosan Berani dan Perlu

Semua stakeholder partai Gelora harus bangga memperjuangkan proposal reformasi politik ini.

Jumat, 7 Januari 2022 | 18:53 WIB
0
83
Proposal Reformasi Politik Partai Gelora, Terobosan Berani dan Perlu
Anis Matta (Foto: Suarainvestor.com)

Apa yang akan diajukan oleh Partai Gelora ke Mahkamah Konstitusi adalah sebuah langkah berani dan memang sangat dibutuhkan oleh bangsa ini.

Gugatan soal Dua PT, Reformasi sistem pemilu, pembubaran fraksi DPR. Adalah isu isu strategis yang dibutuhkan mendesak untuk memperbaiki kualitas demokrasi kita.

Isu-isu utama tadi adalah isu krusial yang apabila sukses digugat oleh partai Gelora, maka akan berdampak signifikan bukan hanya untuk sistem pemilu, tapi juga untuk sistem bernegara kita secara umum.

Saat ini, isu-isu di atas tidak pernah serius diurus oleh berbagai entitas politik di negeri ini, karena nyaman dengan kondisi status quo yang sebenarnya hanya menguntungkan pihak pihak tertentu saja.

Proposal reformasi politik ini pada dasarnya adalah kebutuhan darurat untuk memperbaiki kualitas demokrasi kita. Oleh sebab itu, semua entitas politik sudah seharusnya mendukung ide ide partai Gelora ini.

Proposal reformasi politik yang diajukan partai Gelora ini sebenarnya bukan kepentingan partai Gelora semata. Tapi ini sekali lagi kebutuhan bangsa ini Indonesia yang sudah memasuki usia 20 tahun lebih pasca reformasi.

Pemilihan langsung selama ini belum berkualitas, sistemnya langsung tapi masih banyak mafia politik yang bermain melanggengkan oligarki politik dan ekonomi.

Setelah reformasi 1998, kita sudah melakukan 4x pemilu langsung dalam bingkai konstitusi baru. Tapi soal kualitas, kita masih jauh dari harapan.

Proposal reformasi politik ala partai Gelora adalah tonggak baru politik Indonesia yang akan berdampak sangat serius pada sistem pemilihan umum kita kedepannya.

Parliamentary Threshold maupun Presidential Threshold adalah benalu dan merusak demokrasi. Terutama Presidential Threshold yang memang sangat menciderai demokrasi.

Pembubaran fraksi DPR juga merupakan ide brilian dana sekaligus gagasan Orisinil partai Gelora untuk mendorong sehatnya demokrasi kita kedepan.

Apalagi menyangkut dengan sistem pemilu langsung yang digabungkan antara pemilu parlemen dan pilpres. Ini akan sangat tidak relevan di Indonesia yang selama ini terbukti carut marut dan memakan banyak korban jiwa.

Jika proposal reformasi politik partai Gelora ini nanti berhasil dilakukan. Bangsa ini akan masuk era baru sistem pemilu yang jauh lebih modern, profesional, dan berkualitas.

Sekali lagi, Partai Gelora hadir bukan untuk mengikuti aturan main yang selama ini sudah berlaku padahal terbukti menciderai demokrasi. Partai Gelora konsisten dengan narasi baru yang diusung untuk memperbaiki kualitas kehidupan demokrasi bangsa kita.

Gagasan Orisinil partai Gelora ini layak di dukung oleh semua entitas politik, bagi siapapun yang menginginkan level demokrasi kita naik kelas.

Gugatan terhadap parliamentary Threshold dan presidential Threshold bukan karena partai Gelora takut tidak lolos ke Senayan. Tapi demi kebaikan bangsa secara menyeluruh.

Partai Gelora adalah partai berbasis Kader juga berbasis massa. Kami sama sekali tidak takut dengan angka parliamentary Threshold. Mau 4%, mau 5%, mau 7%. Silakan saja. Gelora optimis akan mencapai angka pendukung maksimal di tahun tahun mendatang.

Partai Gelora tidak gentar dengan berapa saja angka parliamentary Threshold yang akan di tentukan. Kami optimistis akan masuk Senayan dengan platform baru dan kerja nyata semua stakeholder partai di seluruh Indonesia.

Sekali lagi, semua proposal reformasi politik yang diajukan partai adalah langkah ril partai Gelora dengan narasi baru Arah Baru nya yang menginginkan sistem reformasi total agar kualitas demokrasi kita semakin maju dan modern.

Semua stakeholder partai Gelora harus bangga memperjuangkan proposal reformasi politik ini. Karena ini adalah salah satu tonggak sejarah baru bagi bangsa ini apabila semua proposal reformasi politik ini berhasil lolos.

Mohon doa dan dukungan yang luas terhadap Visi misi politik partai. Partai ini di desain untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang lebih maju, modern, dan lebih punya daya saing di tingkat dunia. Dan akan kita mulai dari reformasi politik menyeluruh di kancah nasional kita terlebih dahulu.

Agar kita benar benar punya pondasi yang kuat untuk menjadi kekuatan baru dunia kedepannya. InsyaAllah.

Tengku Zulkifli Usman.

DPN Partai Gelora Indonesia.

Department Of Narrative Development.