Suhu Politik Mulai Menghangat

Partai-partai politik lebih awal dalam berkoalisi dan menentukan pasangan capres-cawapres, dibanding periode sebelumnya.

Senin, 10 Oktober 2022 | 06:05 WIB
0
101
Suhu Politik Mulai Menghangat
Agus Harimurti Yudhoyono dan Anies Baswedan (Foto: Jarian Terbit)

Setelah Ketum Partai Nasdem Surya Paloh mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres 2024, suhu politik mulai menghangat.

Partai-partai mulai merapatkan barisan dan mencari formasi koalisi.

Anies Baswedan setelah ditetapkan oleh partai Nasdem sebagai capres 2024, langsung silaturahmi politik kepada Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, yang juga sebagai tersangka Ketum Partai Demokrat.

Bahkan, kemungkinan besar AHY akan menjadi cawapres mendampingi Anies Baswedan.

Rupanya efek Anies Baswedan sebagai capres memicu partai lain juga akan segera mendeklarasikan capres dan cawapresnya.

Dalam waktu dekat, partai Gerindra dan PKB akan mendeklarasikan pasangan capres-cawapres. Dan kemungkinan besar, Prabowo Subianto sebagai capres dan Cak Imin sebagai cawapres.

Dan presiden Jokowi sebagai kader PDI-P, juga bertemu dengan Ketum PDI-P yaitu Megawati Soekarnoputri di Batutulis Bogor selama dua jam.

Tentu membahas capres yang akan diusung oleh PDIP. Apalagi tempat pertemuan di Batutulis Bogor. Dari dulu, Ketum PDI-P - ketika akan memutuskan capres, diputuskan di Batutulis Bogor.

Sepertinya dalam waktu dekat, Ketum PDI-P juga akan menentukan dan mengumumkan capresnya.

Artinya partai-partai politik lebih awal dalam berkoalisi dan menentukan pasangan capres-cawapres, dibanding periode sebelumnya.

***