Akhiri Perdebatan Perpanjangan Jabatan Presiden Tiga Periode

Ketua Umum Megawati juga mengatakan taat konstitusi jabatan presiden hanya dua periode atau sepuluh tahun.

Rabu, 26 Januari 2022 | 08:55 WIB
0
201
Akhiri Perdebatan Perpanjangan Jabatan Presiden Tiga Periode
Presiden Joko Widodo dan Megawati Soekarnoputri (Foto: Pinterpolitik.com)

Akhirnya pemerintah, DPR ,KPU dan Bawaslu sepakat pemilu digelar 14 Februari 2024 dan pilkada serentak 27 Novermber 2024.

Seperti kita ketahui, jadwal pemilu 2024 sempat simpang-siur dan menimbulkan anggapan kalau jabatan presiden Jokwowi akan diperpanjang. Bahkan para pecinta atau Jokowi Lovers menginginkan jabatan presiden Jokowi diperpanjang.

Tidak ada dasar/landasan hukum atau atau undang-undang yang mengatur perpanjangan masa jabatan presiden. Sekalipun negara dalam keadaan darurat. Sedangkan negara dalam keadaan aman dan stabil, sekalipun dalam masa pandemi.

Pandemi tidak bisa dijadikan alasan untuk memperpanjang masa jabatan presiden. Karena pandemi juga terjadi di banyak negara dan dibanyak negara itu juga tidak ada masa perpanjangan presiden. Pemilu tetap digelar sesuai jadwal, sekalipun masa pandemi.

Lantas bagaimana dengan keinginan pendukung/pecinta atau Jokowi Lovers dengan usulan tiga periode?

Ini pun jawaban Jokowi juga sudah jelas, bahwa ia tidak mau tiga periode dan taat konstitusi yang membatasi jabatan presdien dua periode atau satu periode (lima tahun) dan bisa mencalonkan kembali satu periode lagi.

Dan Presiden Jokowi pernah memberikan komentar, orang-orang yang menginginkan dirinya tiga periode adalah orang yang ingin menjerumuskan dirinya.

Dan partai-partai pendukung juga tidak setuju perpanjangan jabatan presdien tiga periode. Bahkan PDIP lewat Ketua Umum Megawati juga mengatakan taat konstitusi jabatan presiden hanya dua periode atau sepuluh tahun.

Artinya sudah tertutup pintu semua untuk memperpanjang masa jabatan presiden Jokowi. Dan akhiri dukung mendukung Jokowi tiga periode.

Kecintaan kita jangan sampai membabi-buta dan tidak taat konstitusi. Akal sehat harus tetap dirawat, supaya tetap sehat dan jernih.

***