Milenial Harus Miliki Semangat Pancasila

Bung Karno pada 1 Juni 1945 berpidato jika Pancasila diperas menjadi satu kata maka akan muncul kata gotong royong. Inilah semangat yang diwariskan secara turun temurun oleh bangsa Indonesia.

Senin, 1 Juni 2020 | 12:02 WIB
0
287
Milenial Harus Miliki Semangat Pancasila
Patriot Rieldo Perdana, Ketua GMI Sumatera Barat

PADANG PANJANG, Sejak tahun 2016 setiap tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Ini ditandai dengan terbitnya Keputusan Presiden RI No. 24 tahun 2016 yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo. Dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, penetapan Hari Lahir Pancasila dilatarbelakangi antara lain Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara harus diketahui asal - usulnya dari waktu ke waktu. Tujuannya adalah untuk melestarikan dan melanggengkan Pancasila dalam kehidupan masyarakat sehari - sehari berbangsa dan bernegara.

Pada peringatan Hari Lahir Pancasila ini, Ketua Gerakan Milenial Indonesia ( GMI ) Sumatera Barat Patriot Rieldo Perdana mengajak generasi milenial untuk memiliki semangat Pancasila.

Sebagai sebuah ideologi yang digali dari akar budaya bangsa Indonesia, Pancasila tak pernah lekang oleh waktu.

"Pancasila tidak hanya sebagai identitas Indonesia melainkan juga sebuah konsepsi peradaban dunia," jelas tokoh muda yang juga menjabat sebagai Sekretaris Tunas Indonesia Raya ( TIDAR ) Sumatera Barat ini.

Bung Karno pada 1 Juni 1945 berpidato jika Pancasila diperas menjadi satu kata maka akan muncul kata gotong royong. Inilah semangat yang diwariskan secara turun temurun oleh bangsa Indonesia dan diyakini dapat mengatasi semua problematika yang dihadapi dewasa ini.

"Melalui gotong royong kita menuju Indonesia Maju," tutup Patriot.

***