Kemah Santri 2022, Kesyukuran Hari Santri dan Kebersamaan dalam Belajar

Pelaksanaan Kemah Santri menjadi kesempatan untuk berkolaborasi. Dimana dengan semangat gotong royong, tak ada masalah yang terlalu besar.

Jumat, 30 September 2022 | 12:54 WIB
0
60
Kemah Santri 2022, Kesyukuran Hari Santri dan Kebersamaan dalam Belajar
Kemah Santri 2022

Hari Santri 2022 di ambang pintu. Mensyukuri datangnya Hari Santri, dilaksanakan Kemah Santri 2022. Dewan Pendidikan Kabupaten Maros dan STAI DDI Maros memprakarsai pelaksanaan kegiatan tersebut untuk menjadi wadah dalam belajar bersama.

Sosialisasi awal telah dilaksanakan dengan berkunjung ke Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Muzayyin Arif, M.Pd. Dalam Kesempatan tersebut, menyampaikan agenda kegiatan dan juga memohon dukungan kehadiran sehingga acara berlangsung dengan baik sesuai yang direncanakan.

Pucak, Tompobulu, Maros dipilih men jadi tempat berkemah. Selain soal tempat yang berada tak jauh dari ibukota Kabupaten Maros, juga Pucak merupakan kawasan ekowisata yang tepat.

Letaknya yang berbatasan dengan kota Makassar, akan menjadi peluang untuk bekerja bersama termasuk dengan perguruan tinggi. Sehingga walaupun namanya Kemah Santri, namun panitia mengundang keterlibatan Madrasah, Sekolah, Pesantren, Perguruan Tinggi, dan Asosiasi Profesi untuk bersama-sama dalam belajar.

Juga termasuk kalangan swasta untuk berkolaborasi. Sehingga Kemah Santri menjadi semangat untuk mempertahankan gotong royong.

Pesantren di sini juga mengundang pesantren mahasiswa. Dimana di Makassar, telah dikelola Pesantren Mahasiswa Al Furqan. Untuk itu, Kemah Santri hanyalah setakat nama, namun aktivitasnya luas dan melampaui itu semua.

Akhirnya, pelaksanaan Kemah Santri menjadi kesempatan untuk berkolaborasi. Dimana dengan semangat gotong royong, tak ada masalah yang terlalu besar. Meneruskan percakapan warung kopi, Kemah Santri menjadi kegiatan bersama sebagaimana motto Pegadaian, "Menyelesaikan Masalah Tanpa Masalah". Bukan dengan kalimat yang dihindari "Menyelesaikan Masalah Dengan Masalah". 

***