Bangun Persatuan Bangsa

Jasa pahlawan yang harus kita ingat. Bahwa menjaga persatuan itu berat, membutuhkan jiwa dan raga. Bersyukurlah karena kita diberi anugerah persatuan dan kesatuan bangsa.

Jumat, 22 November 2019 | 11:13 WIB
0
319
Bangun Persatuan Bangsa
Ilustrasi persatuan (Foto: kompasiana.com)

Indonesia bangsa plural. Perbedaan adalah kekayaan bangsa ini. Pulau yang banyak, suku yang jumlah tak sedikit, bahasa juga berbeda. Inilah kekuatan yang harus kita jaga.

Tujuh puluh empat tahun kita merdeka. Semangat bersatu inilah yang membuat kita merdeka. Jadi intinya kita itu selalu berbeda.

Ingat sumpah pemuda yang bisa menyatukan semangat anak muda untuk bersatu. Semua elemen anak muda yang bertekad untuk bersatu. Bayangkan tekad punya satu bangsa, satu Nusa dan satu bahasa.

Inilah semangat persatuan yang harus selalu dijaga. Salah satu adalah bagaimana bahasa persatuan yang menjadi hal yang terpenting. Bagaimana sebuah bangsa punya bahasa persatuan yang mempermudah komunikasi dan persebaran informasi.

Kitalah sebagai penerus persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan biarkan hilang rasa sensitif kalau hal yang berbeda akan selalu memicu perpecahan.

Ingat setiap perbedaan itu adalah kekayaan. Harus kita kelola dengan baik. Jangan biarkan kita kehilangannya.

Indonesia telah mengajarkan bersatu dalam perbedaan. Kita sudah fasih dengan mengelola aset perbedaan bangsa ini.

Ada hal penting harus kita selalu jaga adalah hindari hal-hal yang meruncing kepada perpecahan. Salah satunya adalah membahas yang selalu berbeda dan tidak legowo dengan perbedaan.

Jasa pahlawan yang harus kita ingat. Bahwa menjaga persatuan itu berat, membutuhkan jiwa dan raga. Bersyukurlah karena kita diberi anugerah persatuan dan kesatuan bangsa.

Ketika kita bersatu semua penghalang bisa kita atasi. Semua kotoran bisa kita sapu. Semua korupsi bisa kita libas. Mari selalu jaga persatuan dan kesatuan bangsa untuk Indonesia yang berjaya di mata dunia.

***