Ilmu Politik [19] Definisi dan Tujuan Birokrasi

Proses harus diikuti dan mekanisme mana pun yang dipilih untuk merekam dan mengkomunikasikannya, kerangka dasar birokrasi tidak dapat diubah.

Sabtu, 15 Juni 2019 | 15:29 WIB
0
348
Ilmu Politik [19] Definisi dan Tujuan Birokrasi
ilustr: Dictio Community

Apa yang terlintas di pikiran kita ketika kita menjumpai istilah birokrasi? Lebih sering atau paling tidak kita akan berpikir tentang proses yang lambat bergerak, diisi dengan penghalang, dan membosankan yang tidak menyelesaikan pekerjaan kita tetapi sebaliknya, membuat kita berlari dari pilar ke pilar untuk pekerjaan kita.

Meskipun kebanyakan dari kita memiliki konotasi negatif ketika kita berpikir tentang birokrasi dan menyamakannya dengan embel-embel atau kejahatan yang perlu yang harus ditoleransi. Namun, birokrasi lebih dari ini dan seperti yang dipostulatkan oleh sosiolog terkenal Max Weber, ini adalah bentuk kontrol administratif atas tuas pengambilan keputusan dalam suatu organisasi.

Menurut Weber, organisasi dapat berupa organisasi ekonomi, politik, dan sosial atau keagamaan. Memang, Weber tidak membatasi dirinya pada jenis organisasi tertentu atau bentuk birokrasi tertentu. Definisi yang diberikan oleh Weber diterima bahkan sampai hari ini dan karakterisasi istilahnya berarti cara di mana hubungan kekuasaan dalam organisasi berkembang dari bentuk-bentuk yang tidak terspesialisasi ke bentuk yang paling canggih masih relevan bahkan sampai sekarang. \

Poin yang perlu dicatat adalah bahwa birokrasi meliputi keseluruhan dari organisasi proses dan mekanisme pengambilan keputusan di mana setiap tahap evolusi berturut-turut mewakili pendalaman keahlian dan meningkatnya kecanggihan aparatur organisasi.

Apakah Menjadi Birokratis bukan Modern?

Gagasan bahwa modernitas dan birokrasi tidak cocok secara luas dimiliki oleh banyak anggota masyarakat. Sebagaimana ditunjukkan dalam garis pengantar, birokrasi tidak diterima dengan baik oleh publik. Namun, birokrasi adalah bagian vital dan integral dari pengaturan organisasi modern dan itu adalah kasus bahwa organisasi dan birokrasi tidak dapat bertindak sendiri-sendiri.

Hubungan simbiotik antara birokrasi dan organisasi ini menciptakan ketegangan kreatif antara keduanya dan dalam konteks modern, mereka disamakan dengan sepasang kembar yang saling melengkapi. Hubungan ini dapat dijelaskan dengan baik dalam hal bagaimana proses dan struktur hidup berdampingan dengan ketangkasan dan kecepatan.

Memang, keduanya diperlukan seperti di dunia modern, dokumen sama pentingnya dengan solusi waktu dan proses waktu nyata. Interaksi antara proses dan struktur yang menopang mereka bersama dengan kebutuhan untuk pengambilan keputusan yang cepat adalah apa yang harus diperjuangkan oleh organisasi kontemporer. Lebih jauh, birokrasi adalah perekat yang mengikat elemen-elemen yang berbeda dari organisasi bersama-sama dan meminjamkan koherensi dan rasa tujuan.

Birokrasi Beraksi
 
Tentu saja, seiring berjalannya waktu, arteri organisasi cenderung tersumbat dan karenanya, birokrasi organisasi menjadi sklerotik dan bergerak lambat. Oleh karena itu, kehancuran kreatif dalam cara organisasi meremajakan diri mereka diperlukan untuk memastikan bahwa birokrasi tidak menjadi berurat berakar menuju kemacetan dan kelumpuhan kebijakan.
 
Aspek lain dari organisasi adalah bahwa bahkan jika karyawan diberdayakan untuk mengambil keputusan di tempat dan dimungkinkan untuk bertindak secara mandiri, mereka masih harus kembali ke kantor dan mengajukan laporan yang menyatakan tindakan dan justifikasi mereka untuk hal yang sama. Memang, seperti yang ditunjukkan contoh ini, aspek prosesual dan prosedural dari organisasi kontemporer masih relevan karena peraturan hukum dan peraturan lainnya menentukan dan mengamanatkan serta mengharuskan pencatatan.
 
Tentu saja, belakangan ini, seseorang selalu dapat merekam keputusan di iPad atau mengirim pesan ke Whatsapp. Namun, istilah kunci di sini adalah bahwa proses harus diikuti dan mekanisme mana pun yang dipilih untuk merekam dan mengkomunikasikannya, kerangka dasar birokrasi tidak dapat diubah.
 
Akhirnya, seperti yang ditunjukkan oleh artikel ini, kita tidak dapat melakukannya tanpa birokrasi dan mereka tidak dapat melakukannya tanpa kita. Oleh karena itu, akan lebih baik jika keduanya berdamai satu sama lain dan belajar untuk hidup bersama seperti pasangan yang sesekali mengalami pertempuran kecil tetapi pada akhirnya, menyelesaikan pekerjaan dan menjaga kelembagaan tetap berjalan.
 
***
Solo, Kamis, 21 Februari 2019. 16:17
'salam kritis penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko