Lapas Kelas I Malang Lakukan Upacara HUT RI Ke-78 Bersama Walikota, Petugas dan WBP

Kamis, 31 Agustus 2023 | 15:38 WIB
0
20
Lapas Kelas I Malang Lakukan Upacara HUT RI Ke-78 Bersama Walikota, Petugas dan WBP
Lapas Kelas I Malang Lakukan Upacara HUT RI Ke-78 Bersama Walikota, Petugas dan WBP | dok.humaslapasmalang

LAPAS MALANG - Kamis (31/08/2023) Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur melaksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 dengan mengambil tema "Terus Melaju untuk Indonesia Maju".

Dengan mengenakan pakaian adat masing-masing daerah, upacara peringatan Hari Lahir Republik Indonesia dilaksanakan dan diikuti oleh segenap Pejabat Struktural, Petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pada Kamis (17/08/2023) di Lapangan Senopati Lapas Kelas I Malang.

Walikota Malang, Sutiaji bertindak selaku Inspektur Upacara dan Kasi Bimbingan Kerja, Hamlana selaku Komandan Upacara. Sutiaji dalam amanatnya membacakan sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Sutiaji juga menyematan Penghargaan Satya Lancana Kepada Petugas Lapas dan Remisi secara simbolis kepada WBP.

Pada momen ini, Lapas Kelas I Malang memberikan Remisi kepada 2.204 WBP yang terbagi Remisi Umum I (RU I) 2.179 orang dan RU II atau langsung bisa bebas ada 25 orang. Adapun rinciannya yang mendapat RU I: 1 bulan sejumlah 324 orang, 2 bulan sejumlah 384 orang, 3 bulan sejumlah 654 orang, 4 bulan sejumlah 701 orang, 5 bulan sejumlah 85 orang dan 6 bulan sejumlah 31 orang.

"Upacara bendera yang dilaksanakan pada hari ini dimaknai untuk mengenang jasa para pahlawan, menggugah semangat kebangsaan, mencintai dan semangat membangun bangsa tanah air indonesia," kata Heri Azhari, Kalapas Kelas I Malang.

Lembaga Pemasyarakatan/ Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur adalah salah satu pilot project Lapas Industri dan Zona Integrasi (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) Unit Pelaksana Teknis/ UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Perbaikan terus menerus dilakukan di Lapas Kelas 1 Malang ke arah yang lebih baik untuk pelayanan pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun Masyarakat.

Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jatim memiliki program pembinaan kepribadian dan kemandirian bagi seluruh WBP. Diharapkan dengan program pembinaan yang dilakukan bisa membuat WBP bisa menunjukkan penurunan tingkat resiko melakukan pidana kembali dengan berkelakukan baik juga bisa sebagai agen moral kebaikan saat telah bebas kembali ke Masyarakat. Lapas Kelas I Malang meraih Penghargaan sebagai Zona Integritas WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani).
Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang adalah salah satu pilot project WBK/WBBM UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Lapas Kelas I Malang atau Lapas Siji Malang (L'Sima) memiliki jargon APIK (Akuntabel, Profesional, Inovatif dan Kreatif).

L'SIMA PASTI APIK !
(HUMAS LAPAS KELAS I MALANG)