Jika mau bertahan di Indonesia, tidak bisa lain kelompok salafi kecuali harus "berdamai" dengan bumi nusantara, dengan kenyataan kultural yang ada di negeri ini.
Bagaimana jika teman-teman PKS ikut mengamalkan tradisi Nahdlatul Ulama (NU), seperti tahlil, maulid Nabi, ngaji kitab kuning, dll? Sebagian orang mencurigai ini sebagai "move politik" yang dikalkulasi secara cerdik oleh PKS untuk menarik suara dari kalangan nahdliyyin.
Saya punya pandangan yang berbeda. Saya justru melihat hal ini sebagai gejala yang positif. Saya melihat, tidak semua hal bisa ditafsirkan secara "politik". Kenyataan sosial biasanya tidak sederhana, dan karena itu mereduksi kenyataan sosial hanya sebagai cerminan dari "motif-motif politik" yang tersembunyi, jelas kurang tepat.
Meskipun mungin ada "niat politik" di balik tindakan PKS untuk mengadopsi simbol-simbol kultural NU, tetapi saya tak menafikan bahwa mungkin saja ada kesadaran di banyak kalangan pimipinan PKS bahwa pada akhirnya tradisi-tradisi keagamaan NU seperti tahlilan, berjanjen, ngaji kitab kuning adalah tradisi keagamaan yang amat penting, dan tidak bisa diabaikan.
Dulu, pada awal-awal sejarah pendirian PKS, memang pengaruh "sektor salafi/wahabi" lumayan kuat di dalam partai ini. Tetapi, pengaruh ini pelan-pelan mulai memudar dalam perkembangan belakangan.
Dinamika politik dalam demokrasi yabg terbuka dan kompetitif, telah memaksa sebagian elit PKS yang semua hendak mempertahakan "puritanisme" ideologis untuk kompromi.
Saya menyebut gejala ini segabagi proses PKS menjadi lebih "membumi", menjadi lebih Nusantara. Gerak mendekat ke kultur nusantara ini, pelan-pelan, nanti juga akan diikuti oleh kelompok salafi.
Dan ini, bagi saya, adalah perkembangan yang positif. Tak usah dibaca dengan kaca-mata yang "curigatif".
***
Welcome Citizen Polite!
Setelah melalui perjalanan cukup panjang sebagai website warga menulis politik yang ekslusif, kini PepNews terbuka untuk publik.
Para penulis warga yang memiliki minat dan fokus pada dunia politik mutakhir Tanah Air, dapat membuat akun dan mulai menuangan ide, pandangan, gagasan, opini, analisa maupun riset dalam bentuk narasi politik yang bernas, tajam, namun tetap sopan dalam penyampaian.
Wajah berganti, tampilan lebih “friendly”, nafas tetaplah sama. Perubahan ini bukan hanya pada wajah dan rupa tampilan, tetapi berikut jeroannya.
Apa makna dan konsekuensi “terbuka untuk publik”?
Maknanya, PepNews akan menjadi web portal warga yang tertarik menulis politik secara ringan, disampaikan secara bertutur, sebagaimana warga bercerita tentang peristiwa politik mutakhir yang mereka alami, lihat dan rasakan.
Konsekuensinya, akan ada serangkaian aturan adimistratif dan etis bagi warga yang bergabung di PepNews. Aturan paling mendasar adalah setiap penulis wajib menggunakan identitas asli sesuai kartu keterangan penduduk. Demikian juga foto profil yang digunakan.
Kewajiban menggunakan identitas asli berikut foto profil semata-mata keterbukaan itu sendiri, terlebih untuk menghindari fitnah serta upaya melawan hoax.
Terkait etis penulisan, setiap penulis bertanggung jawab terhadap apa yang ditulisnya dan terhadap gagasan yang dipikirkannya.
Penulis lainnya yang tergabung di PepNews dan bahkan pembaca umumnya, terbuka memberi tanggapan berupa dukungan maupun bantahan terhadap apa yang ditulisnya. Interaktivitas antarpenulis dan antara pembaca dengan penulis akan terbangun secara wajar.
Agar setiap tulisan layak baca, maka dilakukan “filtering” atau penyaringan tulisan berikut keterangan yang menyertainya seperti foto, video dan grafis sebelum ditayangkan.
Proses penyaringan oleh administrator atau editor dilakukan secepat mungkin, sehingga diupayakan dalam waktu paling lambat 1x24 jam sebuah tulisan warga sudah bisa ditayangkan.
Dengan mulai akan mengudaranya v2 (versi 2) PepNews ini, maka tagline pun berubah dari yang semula “Ga Penting Tapi Perlu” menjadi CITIZEN POLITE: “Write It Right!”
Mari Bergabung di PepNews dan mulailah menulis politik!
Pepih Nugraha,
CEO PepNews