Ilmu Politik [30] Apakah Kita Benar-Benar Kapitalis?

Dalam sistem kapitalis, bisnis seharusnya mandiri. Namun, di dunia saat ini pemerintah mengenakan pajak pada satu bisnis untuk mendukung yang lain.

Sabtu, 6 Juli 2019 | 11:28 WIB
0
451
Ilmu Politik [30] Apakah Kita Benar-Benar Kapitalis?
ilustr: Snow Report Forum

Kritik telah mengklaim krisis ekonomi baru-baru ini adalah bukti bahwa sistem kapitalis secara inheren cacat. Asumsi mendasar yang dibuat adalah bahwa dunia mengikuti prinsip-prinsip sistem kapitalis dan karenanya kegagalan sistem adalah kegagalan kapitalisme. Pada artikel ini, kita akan mempertanyakan premis ini. Adalah fakta yang tak terbantahkan bahwa sistem ekonomi modern menghadapi krisis ekonomi.

Namun, apakah sistem yang kita ikuti dapat disebut 100% kapitalistis masih dapat diperdebatkan. Faktanya, kita akan menegaskan bahwa elemen sosialistik, dalam sistem ekonomi kita saat ini, yang bertanggung jawab atas kekacauan dan kapitalisme karena filosofi ekonomi masih kokoh.

Elemen-elemen masyarakat sosialistik berikut hadir dalam sistem ekonomi kita:

Perbankan Sentral

Perbankan sentral adalah salah satu dari sepuluh prinsip dasar komunisme yang direkomendasikan oleh Karl Marx. Sebelum masa Karl Marx, ekonomi kapitalis memiliki pasar bebas dalam semua barang dan jasa dan uang tidak terkecuali. Benar, bahwa ada monopoli dan monopoli dekat yang dibentuk di pasar untuk koin emas standar juga.

Namun, monopoli semacam itu tidak akan bertahan lama jika mereka mulai mengurangi nilai mata uang. Segera setelah debasement dimulai, monopoli akan menjadi tidak mungkin dijalankan karena meningkatnya persaingan yang ingin menunjukkan tingkat debasement dan menawarkan alternatif yang lebih baik.

Hanya ketika bank-bank sentral menjadi monopoli milik pribadi yang dilindungi oleh pemerintah, maka pengurangan sistematis menjadi kenyataan. Kontrol pemerintah atas apa pun tidak direkomendasikan oleh kapitalisme. Oleh karena itu, menyebut sistem moneter modern sebagai kapitalis mungkin adalah deskripsi yang paling tidak akurat.

Namun entah bagaimana semua negara di dunia tampaknya memiliki bank sentral dan mengklaim sebagai kapitalis pada saat yang sama.

Memiliki bank sentral seperti memberikan kendali jarak jauh seluruh perekonomian kepada pemerintah dan bankir sentral. Benar bahwa pemerintah tidak dapat mencampuri pasar dan menaikkan atau menurunkan harga dalam apa yang disebut "negara kapitalis". Namun, pemerintah dapat dengan mudah menaikkan atau menurunkan jumlah uang beredar sehingga menciptakan kenaikan harga atau penurunan harga di semua komoditas sesuka hati.

Sistem modern karenanya tidak dikendalikan oleh pasar bebas. Melainkan dikendalikan oleh pemerintah sendiri. Dengan kata sederhana, itu bukan kapitalis.

Bailout dan Stimulus

Adam Smith sangat jelas ketika dia meletakkan prinsip-prinsip kapitalisme. Masyarakat kapitalis adalah masyarakat yang didasarkan pada Darwinisme sosial. Hanya yang kuat yang selamat dalam ekonomi seperti itu. Tidak ada ruang untuk pengambilan keputusan bodoh. Pasar seharusnya menghargai ketekunan dengan keuntungan dan kebodohan dengan kegagalan dan kebangkrutan.

Namun, ini tidak terjadi di masyarakat yang disebut "kapitalis". Pertimbangkan misalnya kasus tahun 2008 ketika negara menggunakan uang pembayar pajak untuk menjamin bank swasta. Itu tentu saja bukan operasi pasar bebas. Juga, ini bukan satu-satunya saat dana talangan terjadi.

Sebenarnya dana talangan telah menjadi norma. Pertimbangkan krisis Eropa, krisis tabungan dan pinjaman atau krisis lain pilihan kita. Pemerintah selalu memberi jaminan kepada korporasi yang idealnya harus dibiarkan runtuh dan terbakar sebagai akibat dari kesalahan manajemen mereka sendiri.
 
Masyarakat yang kita tinggali melakukan kebalikan dari prinsip-prinsip kapitalisme. Namun, untuk beberapa alasan yang tidak diketahui, kita mengklaim sebagai "kapitalis"
 
Negara Kesejahteraan
 
Mekanisme pasar mendukung individu yang berkontribusi pada masyarakat dan mengabaikan orang yang menguras masyarakat. Namun, sistem ekonomi modern menyebut ini tidak manusiawi. Ada retorika bahwa perawatan kesehatan adalah hak dasar manusia dan harus diberikan kepada semua orang. Propaganda serupa juga dilakukan untuk pengangguran dan lain-lain.
 
Jika statistik harus dipertimbangkan, sangat sedikit orang yang membutuhkan manfaat dari program ini. Sebaliknya, justru orang-orang yang malas dan tidak produktif yang mengambil keuntungan dari uang pembayar pajak. Kewajiban yang tidak didanai seperti itu menyeret ekonomi dunia barat. Karena itu, bukan kapitalisme yang menyebabkan krisis ekonomi.
 
Lisensi
 
Kapitalisme didasarkan pada prinsip masuk dan keluar gratis dari pasar. Memiliki persyaratan yang menentukan bahwa lisensi harus diperoleh untuk menjalankan bisnis adalah bagaimana sistem sosialis beroperasi. Lisensi memungkinkan pemerintah untuk memutuskan siapa yang dapat melakukan bisnis dan siapa yang tidak. Ini tentunya bukan bagaimana ekonomi kapitalis pasar bebas harus beroperasi. Ini bukan ekonomi di mana tangan yang tak terlihat kelihatannya beroperasi.
 
Namun, masyarakat tempat kita tinggal memerlukan lisensi untuk hampir setiap bisnis. Perbankan, telekomunikasi, maskapai penerbangan, ritel, dan hampir setiap operasi bisnis memerlukan lisensi. Sekali lagi pemerintah memiliki otoritas lebih daripada kekuatan pasar.
 
Namun untuk beberapa alasan, kita menyebut masyarakat ini "kapitalis".
 
Subsidi
 
Dalam sistem kapitalis, bisnis seharusnya mandiri. Namun, di dunia saat ini pemerintah mengenakan pajak pada satu bisnis untuk mendukung yang lain. Pertanian berlebihan di ekonomi barat seperti AS dan Inggris. Ini karena tingginya biaya tenaga kerja di negara-negara ini. Negara-negara dunia ketiga memiliki keunggulan biaya dan dapat mengalahkan ekonomi maju dalam tugas-tugas primitif seperti pertanian.

Namun petani di Inggris menerima sekitar 60% dari pendapatan mereka dalam bentuk subsidi, yaitu uang yang diperoleh dari pembayar pajak lainnya. Memberi uang tentu bukan kapitalisme.

Dari poin-poin yang disebutkan di atas dapat dipastikan bahwa sistem ekonomi di zaman kita ini tidak bersifat kapitalistis, bahkan di negara-negara paling maju di dunia. Argumen bahwa kapitalisme telah gagal karenanya tidak valid dan tidak pantas.
 
***
Solo, Sabtu, 6 Juli 2019. 11:15 am
'salam kritis penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko