Lawan Hoax dan Konten Provokatif seputar Papua yang Menghambat Pembangunan

Dengan memahami tujuan baik pemerintah membangun Papua, bisa menjadi penghalang atas ancaman hoaks.

Selasa, 22 Juni 2021 | 21:55 WIB
0
96
Lawan Hoax dan Konten Provokatif seputar Papua yang Menghambat Pembangunan
Podcast KataIndonesia.com dengan Billy Mambrasar

Informasi dan berita hoaks merupakan salah satu ancaman dunia maya yang sangat berbahaya. Banyak oknum tidak bertanggung jawab menyebar kebohongan yang ditujukan ke masyarakat dengan maksud dan tujuan tertentu. Begitu juga dengan konten provokatif yang banyak menyulut emosi warganet. Maraknya hoaks yang terus berdatangan, menjadikan masyarakat harus berhati-hati dalam mengakses informasi yang tersebar luas.

Papua rentan sekali dengan berita palsu dan konten provokatif, karena banyaknya pihak yang tidak menghargai pembangunan yang dilakukan pemerintah.

Oleh karenanya, masyarakat harus tetap kembali mengecek sumber informasi yang terus berdatangan silih berganti, agar sumber keakuratan dari berita tersebut dapat dipertanggungjawabkan.

Dengan konten hoaks yang tersebar, membuat masyarakat harus terus mengedukasi diri sendiri agar tidak mudah tersulut oleh provokasi yang merebak di dunia maya ataupun secara langsung di tengah-tengah masyarakat.

Masyarakat perlu menyadari bahwa tujuan pemerintah membangun Papua adalah semata-mata untuk menyejahterakan rakyat di seluruh Tanah Papua. Oleh karena itu, pembangunan di Papua terus dikembangkan oleh pemerintah guna menuju kesetaraan wilayah di seluruh Indonesia.

Dengan memahami tujuan baik pemerintah membangun Papua, bisa menjadi penghalang atas ancaman hoaks. Sebagai masyarakat yang bijak, kita juga wajib ikut melawan hoaks dan konten provokatif seputar isu Papua.

Walau bukan orang Papua, tetapi sebagai saudara sebangsa dan se-Tanah Air kita juga wajib menyukseskan berbagai kebijakan pemerintah, seperti pemerataan pembangunan dan program Otsus demi Papua lebih baik. (Halimatussyadiyyah)

***