Ketua Kadin Bali Bapak Ariandi, Otak Dibalik Maju Pesatnya Perekonomian Bali

Minggu, 18 Agustus 2024 | 15:20 WIB
0
90
Ketua Kadin Bali Bapak Ariandi, Otak Dibalik Maju Pesatnya Perekonomian Bali
Ketua Umum Kadin Bali saat ngopi santai di Kopi Mayong

Pertumbuhan Ekonomi Pariwisata dan UMKM Bali Berjalan Lancar, Bali Incar Kestabilan Ekonomi Jangka Panjang

Tidak bisa dipungkiri, Bali merupakan tempat yang menjadi salah satu daya tarik tertinggi se-Indonesia jika berbicara masalah pariwisata dan perputaran ekonomi. Selama beberapa tahun belakangan ini, Bali telah menjadi tempat dengan stabilitas ekonomi yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan seluruh aspek dan bagian masyarakat dilibatkan secara adil dalam proses perputaran ekonomi yang terjadi di Bali.


Ketua kadin Bali Ariandi mengatakan, bahwa UMKM salah satu tombak majunya perekonomian rakyat.

“Fakta memang mengatakan bahwa yang menjaga stabilitas ekonomi di Bali ini kebanyakan adalah UMKM-nya. Bisnis-bisnis FnB jadi salah satu bisnis yang paling stabil di Bali, salah satunya yang sedang tren adalah kopi dan cafe. Bali menyuguhkan hidangan kopi dari seluruh nusantara dengan hospitality café yang sangat-sangat baik menjadikan UMKM selalu berkembang setiap harinya. Kadin selalu mendukung usaha-usaha UMKM agar terus dapat bersinar dan go-internasional," ujar Ariandi selaku Ketua Umum KADIN Bali ketika diwawancarai media di Kopi Mayong, Minggu (18/8).

Keberhasilan dan kestabilan UMKM ini memang tidak luput dari suksesnya sektor pariwisata di Bali. Jumlah wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang semakin hari semakin meningkat menjadikan UMKM sebagai ladang yang sangat menguntungkan baik bagi pemilik usaha maupun bagi perekonomian di Bali bahkan perekonomian Indonesia. Hal ini tentu harus disikapi baik oleh pemerintahan Indonesia agar dapat bekerjasama dengan pemerintahan Bali untuk mempertahankan kesuksesan ini bahkan meningkatkan apa yang sudah dilakukan selama ini.

”Dengan adanya kesuksesan ini, kita tentu harus mem-protect UMKM kita, usaha-usaha kita, tanah-tanah kita. Karena Bali ini sudah mulai merambah ke destinasi tempat tinggal dari yang tadinya hanya destinasi wisata. Jadi kita semua termasuk KADIN harus dapat menyikapi hal-hal tersebut dengan peraturan dan regulasi yang tepat dan ketat agar perekonomian di Bali ini berkembang dalam jangka waktu yang panjang. Kami KADIN Bali berkomitmen penuh untuk menjaga dan menstabilkan ekonomi, keamanan, pariwisata dan yang lainnya," tambahnya

Namun, perkembangan sektor pariwisata di Bali ini harus dapat diimbangi dan didukung penuh oleh pemerintah. Salah satu yang penting adalah Sumber Daya Alam yang mumpuni untuk terus melaksanakan ekonomi yang stabil. Selama ini, pemerintah telah berupaya yang terbaik dalam penyediaan Sumber Daya Alam untuk perekonomian sehari-hari di Bali.

“Selama ini Sumber Daya Alam yang di-supply untuk Bali sudah cukup. Hal ini berarti pemerintah juga akan melakukan yang terbaik dalam program-program lanjutan kedepannya terkait dengan Listrik, gas, dan lain-lain. Kebetulan KADIN juga merupakan mitra dari salah satu BUMN yakni Migas, tidak ada masalah. Jadi untuk kedepannya menurut saya masalah sumber daya alam ini akan terus berjalan dengan baik dan lancar," ucap Dewa Anom, Wakil Ketua Umum Bidang BUMN KADIN Bali. (18/8).

Dengan meningkatnya bisnis UMKM di Bali dan juga didukung oleh penyediaan sumber daya alam yang baik dan teratur oleh pemerintah, menjadikan Bali kedepannya akan menjadi daerah dengan kestabilan ekonomi tinggi dalam jangka Panjang.


Hal senada juga disampaikan Dendi Satrio selaku owner Bikini Garage. Dirinya menyampaikan bahwa contoh UMKM Bali yang sudah dicintai wisatawan lokal maupun internasional adalah Kopi Mayong.

"Bisa kita lihat kopi mayong ini sudah sangat keren, lantaran penikmat kopinya hadir dari segala profesi. Ada pengusaha lawyer, dokter, politikus dan masih banyak lagi. Sehingga bagi wisatawan yang datang ke Bali wajib banget untuk mencicipi Kopi Mayong ini," jelas Dendi Satrio.