PDIP Kuasai 35 Kursi dari 45 Kursi DPRD di Boyolali, Terima Kasih Prabowo!

Boyolali memang terkenal sebagai "kandang banteng" dari dulu. Termasuk wilayah Klaten, Sukoharjo, Solo, dan Sragen.

Kamis, 9 Mei 2019 | 15:39 WIB
0
474
PDIP Kuasai 35 Kursi dari 45 Kursi DPRD di Boyolali, Terima Kasih Prabowo!
Warga Boyolali (Foto: Jawa Pos)

Boyolali wilayah kabupaten di Jawa Tengah yang menjadi "kandang banteng" atau basis PDIP.

Berdasarkan hasil Rapat Pleno Rekapitulasi Perhitungan Suara oleh KPUD Kabupaten Boyolali, PDIP memperoleh 35 kursi di DPRD dari 45 kursi. Dan perolehan kursi PDIP meningkat 10 kursi dari 25 kursi pada tahun 2014.

Artinya PDIP memperoleh hampir 77% kursi di DPRD dan ini perolehan kursi di tingkat kabupaten/kota tertinggi secara nasional.

Sebanyak 10 kursi yang tersisa diperebutkan oleh Golkar 4 kursi, PKS 3 kursi, PKB 2 kursi dan Gerindra hanya 1 kursi. Padahal Gerindra pada periode sebelumnya mendapat 4 kursi.

Artinya suara atau kursi Gerindra berkurang atau hilang 3 kursi. Entah ini ada kaitanya tidak dengan ucapan capres Prabowo yang sempat bikin heboh.

Bahkan partai-partai seperti Demokrat,Nasdem, PAN, PPP tidak kebagian kursi. Periode sebelumnya Demokrat memperoleh 1 kursi dan PAN 3 kursi.

Suara PDIP pada pileg 2109 memang meningkat baik untuk DPRD I,DPRD II dan DPR. Dan kalau dikonversi ke perolehan kursi secara nasional-jumlah perolehan kursi PDIP juga meningkat. Terutama di basis-basis atau lumbung suaranya.

Boyolali memang terkenal sebagai "kandang banteng" dari dulu. Termasuk wilayah Klaten, Sukoharjo, Solo, dan Sragen. Boyolali selain penghasil susu juga menjadi daerah industri dengan menjamurnya pabrik-pabrik.

Selamat untuk PDIP kabupaten Boyolali yang bisa meningkatkan kursi di DPRD.

***