Pesan Terakhir Ryamizard sebagai Menhan

Agar seluruh jajaran Kemhan tetap menjaga dan melindungi Pancasila dari ideologi lain yang sedang merongrong bangsa saat ini.

Sabtu, 26 Oktober 2019 | 11:21 WIB
0
505
Pesan Terakhir Ryamizard sebagai Menhan
Ryamizard Ryacudu dan penggantinya, Praboeo Subianto (Foto: Detik.com)

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu (RR) pada hari Rabu (23/10/2019) memimpin upacara terakhir di kantor Kemhan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Arahannya sebagai sebagai pesan terakhir disampaikan sebelum serah terima kepada Prabowo Subianto yang sudah dilantik presiden menjadi Menhan.

Ryamizard ini sosok dikenal sangat baik di luar negeri oleh komunitas Menhan negara-negara ASEAN dan dihargai tinggi oleh Menhan negara-negara besar, di antaranya AS, Rusia, China, Jerman. Saya pernah menulis artikel diplomasi pertahanan yang sukses ke AS. Saat ke AS, di Pentagon Menhan RI disambut salvo meriam 21 kali bak kepala negara.

Pesan Terakhir RR Kepada Anggota Kemhan

Loyal, loyal sampai mati. Kalau itu dalam kejujuran kebenaran dan keadilan sampai mati. Karena digaji sama negara, dipercaya negara, jangan sampai kepercayaan negara itu kita sia-siakan, kita mengkhianati kepercayaan negara.

Baca Juga: Belajar dari Prabowo

Agar seluruh jajaran Kemhan tetap menjaga dan melindungi Pancasila dari ideologi lain yang sedang merongrong bangsa saat ini. Pancasila adalah ideologi sekaligus alat pemersatu bangsa dan sudah final di NKRI. Bila Pancasila hilang sebagai ideologi negara, maka NKRI akan turut hilang.

Khilafah tidak ada dalam agama kita. Yang ada lakum dinukum waliyadin. Agamamu agamamu, agamaku agamaku. Masalah masuk surga dan neraka itu urusan Tuhan bukan urusan kita, jangan gampang, mengkafirkan dan ngecap orang masuk neraka.

"Selamat jalan, Pak Ryamizard, semoga pengabdian kepada bangsa dan negara selama ini mendapat balasan setimpal dari Allah SWT, Aamiin."

Prayitno Wongsodijojo Ramelan

***