Keturunan Majapahit

Kita belum tahu sejauh mana klaim itu akan terus digunakan, dan juga apakah rakyat pemilihnya percaya dengan klaim tersebut?

Kamis, 21 April 2022 | 05:31 WIB
0
94
Keturunan Majapahit
Poster AHY (Foto: Detik.com)

Agus Harimurti Yudhoyono mengklaim bahwa dirinya masih keturunan dari Nabi Muhammad SAW. Memang yang menyebut hal itu Kiai M. Asyhari, tetapi dengan tidak membantahnya berarti Agus Harimurti menyetujui, atau membenarkan, apa yang disebut oleh Kiai Asyhari.

Sebelumnya, ada silsilah yang menunjukkan bahwa ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden (2004-2014), masih keturunan Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Mataram.

Jika ia masih keturunan Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Mataram, maka secara otomatis kedua putranya, Agus Harimurti dan Edhie Baskoro, juga keturunan Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Mataram.

Dengan demikian, lengkaplah sudah. Agus Harimurti bukan hanya memiliki status Raden, melainkan juga Habib.

Kalau ingat pelajaran sejarah Indonesia di SMA, maka kita mengenal apa yang dinamakan Silsilah Balitung.

Silsilah Balitung itu mengacu pada nama Sri Maharaja Rakai Watukura Dyah Balitung Sri Dharmodaya, Raja Medang (Jawa Tengah) yang disebut-sebut wilayah kekuasaannya mencakup Jawa Tengah, Jawa Timur, bahkan Bali.

Silsilah Balitung itu dianggap menarik karena dalam silsilah itu Balitung menggambarkan bahwa dirinya adalah keturunan raja-raja besar yang berkuasa sebelumnya. Padahal dalam kenyataannya tidak demikian.

Dengan mengklaim bahwa ia adalah keturunan raja-raja besar itu, ia berharap akan memiliki legitimasi yang sama dengan raja-raja besar tersebut.

Sangat mengherankan bahwa cara Raja Balitung itu ditiru pada masa sekarang ini, lebih dari 1.100 tahun kemudian.

Kita belum tahu sejauh mana klaim itu akan terus digunakan, dan juga apakah rakyat pemilihnya percaya dengan klaim tersebut?

Dan, juga apakah mau memilihnya sebagai presiden?

Itu hal-hal yang masih harus ditunggu.

***