Ini 5 Seruan Kiai Sepuh Pendukung 01 dan 02 di Jawa Timur

Kiai sepuh pendukung Jokowi-Amin dan Prabowo-Sandiaga bertemu di kediaman Ketua PBNU Syaifullah Yusuf, menyikapi dinamika politik usai Pemilu

Selasa, 23 April 2019 | 14:26 WIB
0
489
Ini 5 Seruan Kiai Sepuh Pendukung 01 dan 02 di Jawa Timur
Lupakan 01 dan 02, Ini 5 Seruan Kiai Sepuh di Jatim Usai Pemilu 2019

 Puluhan Kiai sepuh pendukung Jokowi-Amin Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga Uno bertemu di kediaman Ketua PBNU Syaifullah Yusuf. Mereka bertemu untuk menyikapi dinamika politik usai pemilihan presiden dan pemilihan legislatif 2019.

"Hari ini para kiai berkumpul setelah kemarin proses pilihan presiden. Ibaratnya ini adalah melupakan 01-02 untuk bermusyawarah dalam menyikapi dinamika pascapilpres," kata Gus Ipul kepada wartawan di perumahan The Gayungsari, Jumat (19/4/2019).

Gus Ipul juga menyampaikan dari pertemuan ini, ada beberapa kiai yang tidak bisa hadir. Namun kiai sepuh yang tidak bisa hadir mereka sudah mengetahui agenda pertemuan tersebut.

"Ada sejumlah kiai yang tidak bisa hadir. Tapi sudah menyetujui lewat sambungan telepon, salah satunya Kiai Abdul Gofhur pengasuh Pondok Sunan Drajad Lamongan. Beliau tadi sudah telepon dan menyepakati," ungkap Gus Ipul.

Pertemuan kali ini merupakan kelanjutan setelah sebelum pilpres tepatnya pada 17 September 2018 mereka juga bertemu di Rumah Gus Ipul.

Hasil dari pertemuan pertama saat itu mereka sepakat bersama Prof Mahfud MD, kemudian Ustaz Yusuf Mansur untuk menggagas gerakkan pilpres ceria.

Pertemuan kali ini sangat penting karena para kiai yang bertemu sebelumnya ada yang mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf dan ada yang mendukung Prabowo-Sandi.

Mereka mengganggap proses dukung mendukung telah usai dan saatnya kini menatap ke depan demi keutuhan dan kemajuan bangsa.

Sementara itu, Ketua Ikatan Gus-Gus Indonesia KH Ahmad Fahrur Rozi (Gus Fahrur) yang juga ikut dalam pertemuan mengatakan ada beberapa kesepakatan yang dihasilkan dalam pertemuan kali ini.

"Kami mendukung aparatur keamanan negara bertindak tegas untuk mengantisipasi segala bentuk kerawanan sosial dan potensi konflik horizontal di tengah masyarakat," kata Gus Fahrur.

Dan berikut lima seruan Kiai Sepuh Jawa Timur yang dihasilkan dalam pertemuan kali ini:

1. Bersyukur kehadirat Allah SWT atas terselenggaranya pemilu 2019 yang aman, tertib dan lancar dan bersedia menerima siapapun yang ditakdirkan Allah SWT untuk menjadi pemimpin Negara Kesatuan Republik Indonesia atas dasar keputusan resmi KPU.

2. Terimakasih kepada masyarakat yang telah menggunakan hak pilihnya secara tertib dan bertanggung jawab. Dan terimakasih juga Kepada segenap aparat negara yang telah bertugas dengan baik.

3. Menjaga suasana masyarakat yang aman dan kondusif, menjauhi segala bentuk provokasi dan ujaran kebencian yang berpotensi memecah belah ummat, sesuai kaidah: Dar'ul mafasid muqoddamun ala jalbil masholih.

4. Bersabar menunggu dan mengawasi proses penghitungan suara yang dilakukan oleh KPU secara profesional, adil, dan amanah dalam menjalankan tugasnya sesuai undang-undang yang berlaku untuk menghasilkan pemilu yang berkualitas.

Hadir dalam pertemuan kali ini para kiai-kiai berpengaruh di Jawa Timur diantaranya Pengasuh Pesantren Lirboyo Kediri KH Anwar Manshur dan KH Abdullah Kafabihi, Pengasuh Pesantren Miftachussunnah Surabaya KH Miftahul Ahyar, Pengasuh Pesantren Ploso Kediri KH Zainuddin Djazuli dan KH Nurul Huda Djazuli, serta Pengasuh Pesantren Sidogiri Pasuruan KH Nawawi Abdul Djalil.

Selain itu juga Pengasuh Pesantren Sunan Drajad KH Abdul Ghofur, Pengasuh Pesantren Syaichona Kholil Bangkalan KHFakhrillah Aschal, Pengasuh Pesantren Al Amin Kediri KH Anwar Iskandar, Pengasuh Pesantren Sabilurrosyad Malang KH Marzuqi Mustamar, Pengasuh Pesantren Bumi Sholawat Sidoarjo KH Ali Masyhuri, serta Pengasuh Pesantren Al-Ihsan Jrangoan Sampang KH Mahrus Malik.

Juga hadir Pengasuh Pesantren Salafiyah Pasuruan KH Idris Hamid, Pengasuh Pesantren Gersempal Sampang, KH Syafiuddin Wahid, Pengasuh Pesantren Al-Hikam Tunjung, Burneh, Bangkalan, KH Nuruddin Rahman, Pengasuh Pesantren Langitan, Tuban, KH Maksum Faqih, Pengasuh Pesantren Panji Kidul Situbondo KH Zakky Abdullah serta beberapa Pengasuh Pesantren besar di Jawa Timur lainnya.

***