Lapas Kelas I Malang Ikuti Sosialisasi Penilaian Evaluasi Akuntabilitas Kinerja via Online

Kamis, 20 Juli 2023 | 15:49 WIB
0
93
Lapas Kelas I Malang Ikuti Sosialisasi Penilaian Evaluasi Akuntabilitas Kinerja via Online
Lapas Kelas I Malang Ikuti Sosialisasi Penilaian Evaluasi Akuntabilitas Kinerja via Online | dok.humaslapasmalang

LAPAS MALANG - Kamis (20/07/2023) Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur mengikuti Sosialisasi Penilaian Mandiri Atas Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI.

Kalapas Kelas I Malang, Heri Azhari memimpin jajarannya mengikuti kegiatan dari Ruang Kerja Kalapas melalui aplikasi zoom secara online. Sosialisasi ini dalam rangka menekankan pentingnya evaluasi akuntabilitas kinerja hingga ke unit kerja terkecil guna meningkatkan kinerja organisasi. Sosialisasi diselenggarakan dari Jakarta oleh Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal bekerja sama dengan Inspektorat Wilayah V Kementerian Hukum dan HAM.

Inspektur Wilayah V, Marasidin menyampaikan Petunjuk Teknis Tata Cara Pelaksanaan Evaluasi AKIP di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM pada Selasa, 18 Juli 2023. Evaluasi tersebut meliputi pendokumentasian dan analisis data, pengumpulan data melalui survei dan daftar pengecekan, komunikasi tanya jawab, observasi data dan informasi, serta studi dokumentasi melalui sumber literasi.

"Kami mendorong seluruh satuan kerja untuk segera memaksimalkan penilaian demi pemenuhan data dukung tersebut," Marasidin yang juga sebagai Koordinator Penilaian AKIP.

Auditor Madya Inspektorat Jenderal, Titut Sulistyaningsih bersama tim selanjutnya menjelaskan teknis Penilaian Mandiri AKIP serta pentingnya manajemen risiko sebagai langkah antisipasi dalam melaksanakan tugas dan fungsi. Kalapas Kelas I Malang, Heri Azhari mengatakan segera menikdaklanjuti arahan dalam Sosialisasi ini.

"Arahan segera ditindaklanjuti tentang Penilaian Mandiri Atas Akuntabilitas Kinerja untuk menjaga Zona Integritas di Lapas Kelas I Malang," tegas Heri Azhari selepas kegiatan.

Lembaga Pemasyarakatan/ Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur adalah salah satu pilot project Lapas Industri dan Zona Integrasi (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) Unit Pelaksana Teknis/ UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Perbaikan terus menerus dilakukan di Lapas Kelas 1 Malang ke arah yang lebih baik untuk pelayanan pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun Masyarakat.

Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jatim memiliki program pembinaan kepribadian dan kemandirian bagi seluruh WBP. Diharapkan dengan program pembinaan yang dilakukan bisa membuat WBP bisa menunjukkan penurunan tingkat resiko melakukan pidana kembali dengan berkelakukan baik juga bisa sebagai agen moral kebaikan saat telah bebas kembali ke Masyarakat. Lapas Kelas I Malang meraih Penghargaan sebagai Zona Integritas WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani). Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang adalah salah satu pilot project WBK/WBBM UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Lapas Kelas I Malang atau Lapas Siji Malang (L'Sima) memiliki jargon APIK (Akuntabel, Profesional, Inovatif dan Kreatif).


L'SIMA PASTI APIK !
(HUMAS LAPAS KELAS I MALANG)