Selamat Menghirup Udara Kebebasan, Pak Ahok!

Kamis, 24 Januari 2019 | 19:24 WIB
0
337
Selamat Menghirup Udara Kebebasan, Pak Ahok!
Saya dan Pak Ahok (Foto: Istimewa)

Inilah sosok paling kontroversial yang pernah saya ajak bincang-bincang. Dia dianggap paling hebat oleh sebagian orang dan dianggap paling nista oleh sebagian lainnya. Bukan karena dia melakukan satu perbuatan, tapi karena dia melakukan banyak perbuatan.

Saya sendiri melihatnya sebagai sosok inspiratif. Yang berani sendirian saat melakukan banyak kebaikan dan berani sendirian saat menjalani hukuman atas satu kesalahan.

Melihat Ahok memang tidak bisa pakai kacamata politik. Anda tidak akan dapat apa-apa kalau terhipnotis di dalamnya. Baik sebagai pemuja maupun pencela.

Tapi lihatlah dia sebagai manusia biasa. Baca semua kebaikan dan keburukannya. Tonton film perjalanan hidup ayahnya dan bagaimana sang ayah mempengaruhi wataknya.

Dan bila Anda masih bingung bagaimana harus menilai sosok ini, simaklah pesan Ali bin Abi Thalib ra berikut: Tidak perlu menjelaskan tentang dirimu kepada siapapun. Karena yang menyukaimu tidak butuh itu, dan yang membencimu tidak percaya itu.

Anda tidak akan menemukan jawaban atas kebingungan tersebut. Karena seorang Ahok pun tidak akan menghabiskan waktunya untuk membantu siapapun yang sedang bingung.

Ahok, tetaplah jadi sosok inspiratif buat banyak orang. Jangan berubah sedikitpun, kecuali untuk menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya.

***