Begini Persiapan Upacara 17 Agustus di Lapas Kelas I Malang

Kamis, 31 Agustus 2023 | 13:43 WIB
0
42
Begini Persiapan Upacara 17 Agustus di Lapas Kelas I Malang
Begini Persiapan Upacara 17 Agustus di Lapas Kelas I Malang | dok.humaslapasmalang

LAPAS MALANG - Rabu (16/08/2023) Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur mengadakan kegiatan Gladi Bersih Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-78 di Lapangan Senopati.

Gladi bersih diikuti oleh para petugas Lapas dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang terlibat dalam latihan dan simulasi tata cara upacara HUT RI pada Selasa-Rabu 15-16/08/2023) . Mereka berlatih menyanyikan lagu-lagu kebangsaan, mengatur formasi barisan, serta mengikuti protokol yang sesuai dengan acara resmi.

Gladi bersih ini merupakan bagian dari rangkaian persiapan untuk memastikan kelancaran dan keberhasilan acara peringatan HUT RI ke-78. Kegiatan ini juga memastikan semua elemen yang terlibat memahami tata cara pelaksanaan upacara dan dapat berpartisipasi dengan khidmat pada hari peringatan HUT RI.

Lapas Kelas I Malang berharap bahwa persiapan yang matang melalui gladi bersih ini akan menghasilkan peringatan HUT RI yang berkesan dan bermakna di lingkungan lapas. Kegiatan ini juga mencerminkan semangat kebersamaan dan nasionalisme di antara petugas Lapas dan WBP.

"Semoga kegiatan ini juga dapat memberikan kontribusi positif dalam memupuk semangat cinta tanah air dan persatuan kita semua, serta mengingatkan akan pentingnya nilai-nilai kebangsaan dalam setiap aspek kehidupan," kata Heri Azhari, Kalapas Kelas I Malang yang hadir dalam Gladi Bersih ini.

Lembaga Pemasyarakatan/ Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur adalah salah satu pilot project Lapas Industri dan Zona Integrasi (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) Unit Pelaksana Teknis/ UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Perbaikan terus menerus dilakukan di Lapas Kelas 1 Malang ke arah yang lebih baik untuk pelayanan pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun Masyarakat.

Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jatim memiliki program pembinaan kepribadian dan kemandirian bagi seluruh WBP. Diharapkan dengan program pembinaan yang dilakukan bisa membuat WBP bisa menunjukkan penurunan tingkat resiko melakukan pidana kembali dengan berkelakukan baik juga bisa sebagai agen moral kebaikan saat telah bebas kembali ke Masyarakat. Lapas Kelas I Malang meraih Penghargaan sebagai Zona Integritas WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani).
Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang adalah salah satu pilot project WBK/WBBM UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Lapas Kelas I Malang atau Lapas Siji Malang (L'Sima) memiliki jargon APIK (Akuntabel, Profesional, Inovatif dan Kreatif).


L'SIMA PASTI APIK !
(HUMAS LAPAS KELAS I MALANG)