Semangat Pancasila dari WBP Lapas Kelas I Malang

Kakanwil Kemenkumham Jatim, Heni Yuwono berikan dukungan pada program kepribadian dan kemandirian yang dilakukan di Lapas.

Rabu, 4 Oktober 2023 | 10:45 WIB
0
35
Semangat Pancasila dari WBP Lapas Kelas I Malang
Semangat Pancasila dari WBP Lapas Kelas I Malang | dok.humaslapasmalang

Semangat Pancasila dari WBP Lapas Kelas I Malang. Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur melakukan Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Senopati Lapas Kelas I Malang. Acara ini berlangsung pada 2 Optober 2023 dengan khidmat yang mengusung tema "Bangkit bergerak Bersama Pancasila".

Adanya penetapan Hari Kesaktian Pancasila dilatarbelakangi oleh kejadian insiden pembantaian yang terjadi pada tanggal 30 September. Tepatnya tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Dimana pada hari tersebut Pancasila memiliki kesaktian yang tak bisa digantikan oleh paham apapun. Hari Kesaktian Pancasila ditetapkan oleh Jenderal Soeharto. Sedangkan untuk Pancasila sendiri lahir pada tanggal 1 Juni 1945, yang mana Presiden Soekarno merupakan penginisasinya.

Peringatan upacara ini bertujuan untuk mengenang kembali sejarah kita dalam mempertahankan ideologi bangsa. Selain itu, Hari Kesaktian Pancasila juga sebagai wujud penghormatan terhadap jasa para Pahlawan Revolusi yang gugur pada peristiwa Gerakan 30 September/Partai Komunis Indonesia atau G30S/PKI

Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 di Lapas ini dipimpin oleh Kepala Bidang Administrasi Keamanan Dan Tata Tertib, Supriyanto Sebagai Inspektur Upacara dan diikuti oleh seluruh pegawai serta perwakilan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas I Malang.

Kegiatan selanjutnya Pembacaan Teks Pancasila dibacakan oleh Pemimpin Upacara dilanjutkan dengan Pembacaan Naskah Pembukaan UUD Tahun 1945 dan Pembacaan Naskah Ikrar oleh petugas, Rangkaian upacara ditutup dengan doa.

Lembaga Pemasyarakatan/ Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur adalah salah satu pilot project Lapas Industri dan Zona Integrasi (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) Unit Pelaksana Teknis/ UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Perbaikan terus menerus dilakukan di Lapas Kelas 1 Malang ke arah yang lebih baik untuk pelayanan pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun Masyarakat.

Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jatim memiliki program pembinaan kepribadian dan kemandirian bagi seluruh WBP. Diharapkan dengan program pembinaan yang dilakukan bisa membuat WBP bisa menunjukkan penurunan tingkat resiko melakukan pidana kembali dengan berkelakukan baik juga bisa sebagai agen moral kebaikan saat telah bebas kembali ke Masyarakat. Lapas Kelas I Malang meraih Penghargaan sebagai Zona Integritas WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani).

Kalapas Kelas I Malang, Heri Azhari telah banyak melakukan perubahan yang lebih baik di Lapas Kelas I Malang. Mulai dari meminimalisir penyelundupan barang terlarang ke dalam Lapas hingga memaksimalkan program Pembinaan Kepribadian dengan adanya program Tahfidz/Hafidz (hafalan Al-Qur'an) di Pondok Pesantren At Taubah.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI, Yasonna Laoly pernah meresmikan Pondok Pesantren At Taubah di Lapas Kelas 1 Malang. Kakanwil Kemenkumham Jatim, Heni Yuwono berikan dukungan pada program kepribadian dan kemandirian yang dilakukan di Lapas.

Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang adalah salah satu pilot project WBK/WBBM UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Lapas Kelas I Malang atau Lapas Siji Malang (L'Sima) memiliki jargon APIK (Akuntabel, Profesional, Inovatif dan Kreatif).

L'SIMA PASTI APIK !
(HUMAS LAPAS KELAS I MALANG)