Mengapa Vladimir Putin Disegani?

Sosok Putin kalau kita mau ambil sisi positifnya adalah, matang berproses dan tidak suka jalan pintas dalam meraih kekuasaan.

Minggu, 20 Februari 2022 | 07:09 WIB
0
137
Mengapa Vladimir Putin Disegani?
Vladimir Putin (Foto: The Moskow Times)

Presiden Rusia ini pembawaannya sering cool dan calm.

Walaupun dia sekarang adalah "The Most Powerfull Man on the Planet". gayanya selalu dibawa santai.

Anda bayangkan, kondisi politik sedang panas antara Rusia vs Ukraina-NATO-AS. Tapi Putin masih sempat sempatnya pergi memancing.

Padahal 175 ribu pasukan Rusia sudah berada di perbatasan Ukraina. Plus dengan semua perlengkapan perangnya.

Pembawaan Putin yang kalem itu ikut mengubah atmosfer politik Rusia. Gaya Putin ikut merembet ke gaya para menteri menteri nya.

Menteri Luar negeri Rusia Sergei Lavrov misalnya, juga ikut santai bahkan saat rapat dengan menteri luar negeri AS Anthony Blinken Beberapa hari lalu saat membahas Ukraina.

Lavrov banyak tertawa dan terlihat tidak begitu serius mendengar pidato Menlu AS. Lavrov memang bukan Menlu biasa, dia salah satu menteri paling senior di kabinet Putin, dan salah satu menteri luar negeri paling cakap di dunia.

Begitu juga dengan menteri pertahanan Rusia Sergei Soigu. Dia malah ikut pergi memancing dan piknik bersama Putin.

Bukan rahasia lagi memang, menteri pertahanan Rusia itu adalah salah satu kaki tangan Putin yang paling dipercaya.

Putin punya kepercayaan diri yang luar biasa. Hal ini sangat wajar memang, sosok Putin sekarang mengalahkan sosok Presiden AS, China, dll dari sisi wibawa personalnya di mata dunia.

Bahkan di era Donald Trump Presiden AS, Putin malah lebih dekat dengan Trump. Karena off the record, Trump adalah Presiden AS yang menang dengan campur tangan Putin dalam pilpres AS 2016.

Baru di era Putin 20 tahun belakangan ini, Rusia mampu bangkit lagi dan bahkan balik mampu mendikte AS. Setelah Soviet lama tertidur dan dilecehkan di pentas politik dunia pasca Soviet bubar 1991.

Putin wajar punya kepercayaan diri yang tinggi, dari sisi personal, dia adalah presiden terkaya di dunia. Duitnya hanya bisa kalah oleh gabungan duit kerajaan Arab Saudi. Anda bisa bayangkan betapa kayanya Putin secara personal.

Dari kursi KGB ke kursi Presiden. Di tengah tengahnya di isi dengan beberapa jabatan ahli kepresidenan dan jabatan sebagai analis keamanan. Jalan itu membuat Putin menjadi sosok matang tanpa karbitan.

Putin naik ke kursi Presiden hanya dua tahun sebelum Erdogan naik ke puncak kekuasaan di Turki. Kedua orang ini sama sama orang kuat dan punya tempat khusus di mata dunia saat ini.

Putin jauh dari kata karbitan, semua jam terbang dia membuat banyak orang kagum bagaimana seseorang bisa naik dari bawah dengan pengalaman lengkap menuju istana.

Bahkan Putin pernah menang pemilu tanpa maju lewat jalur partai politik. Bisa anda bayangkan betapa kuat elektabilitas personal orang ini sampai partai politik bagi dia gak begitu perlu.

Sosok Putin kalau kita mau ambil sisi positifnya adalah, matang berproses dan tidak suka jalan pintas dalam meraih kekuasaan.

Inilah yang membuat Putin begitu berwibawa, begitu disegani, dan begitu ditakuti lawan lawannya terutama AS dan sekutunya.

Putin. Sosok Presiden yang jauh dari kata kere, miskin, karbitan, planga plongo, klemar klemer, boneka, dan seterusnya.

Tengku Zulkifli Usman