Erdogan Usir Kapal Perang Rusia

Dengan posisinya yang strategis dan kekuatan ril nya yang jelas. Selama ini Turki tetap bisa bergerak leluasa dan berdaulat tanpa mau didikte Washington atau Moskow.

Senin, 14 November 2022 | 07:45 WIB
0
119
Erdogan Usir Kapal Perang Rusia
Recep Tayyip Erdogan (Foto: Facebook.com)

Erdogan akhirnya mengusir kapal perang Rusia yang ingin lewat selat Bosphorus menuju Ukraina.

Dua kapal perang Rusia itu tidak diizinkan Erdogan melewati selat Bosphorus karena menjaga independensi Turki dalam perang di Ukraina.

Putin bisa memahami langkah Erdogan ini, walaupun Putin juga sudah melobi Erdogan. Namun tetap tidak mempan dirayu.

Sikap Erdogan menunjukkan kelas diplomasi Erdogan yang bisa dikatakan berwibawa.

Walaupun secara pribadi dan hubungan turkidan Rusia baik baik saja. Namun itu tidak membuat Erdogan tunduk sama Rusia.

Kapal kapal perang Rusia akhirnya balik badan dan kembali ke markas. Padahal kapal kapal perang itu sudah parkir disana sekitar 6bulan.

Lobi Putin akhirnya tetap deadlock. Erdogan tetap meminta kapal kapal perang itu untuk pulang kampung.

Bagi Erdogan, sikap negara dipisahkan dengan sikap pribadi. Bagi Erdogan, Turki adalah negara berdaulat dan tidak akan ikut blok apapun dan anak buah siapapun.

Erdogan menolak menjadi anak buah NATO sekaligus juga menolak tunduk sama Rusia dalam isu Ukraina. Semua harus berjalan secara profesional.

Sikap Erdogan yang juga tidak membebek NATO ditunjukkan Erdogan baru baru ini. Dimana Erdogan menekan Swedia dan Finlandia agar memenuhi syarat yang diajukan Turki jika ingin Turki setuju kedua negara itu gabung ke NATO.

Jika Swedia dan Finlandia mau masuk ke NATO, Erdogan memberikan syarat agar kedua negara itu merevisi UU terorisme dan meminta nama nama orang yang dilindungi Finlandia dan Swedia selama ini diserahkan ke Turki.

Atas tekanan Erdogan ini, Finlandia dan Swedia berjanji akan segera memenuhi syarat Turki sesegera mungkin bahkan sebelum proposal gabung ke NATO mereka diajukan lebih lanjut.

Erdogan dan Turki tetap kokoh berdiri sebagai negara berdaulat dan independen. Turki selama ini walaupun ada di barisan NATO, tapi Turki adalah negara yang tidak mau tunduk kepada NATO.

Dengan posisinya yang strategis dan kekuatan ril nya yang jelas. Selama ini Turki tetap bisa bergerak leluasa dan berdaulat tanpa mau didikte Washington atau Moskow.

***