Humor Gus Dur untuk Raja Fahd

Melihat tulisan itu, Si Jamaah Haji Indonesia tersebut menggerutu sambil ngomel.

Selasa, 20 April 2021 | 21:14 WIB
0
219
Humor Gus Dur untuk Raja Fahd
Gus Dur dan Raja Fahd (Foto: berita santri.net)

Mantan Presiden Abdurahman Wahid pernah membuat pemimpin tertinggi Saudi, Raja Fahd, tertawa terbahak-bahak.

Bahkan, diceritakan Raja Fahd tertawa hingga terlihat langit-langit mulutnya sehingga seluruh rakyat Saudi bisa melihat gigi sang raja, di acara yang disiarkan langsung lewat televisi.

Ibu Sinta Nuriah menceritakan kembali humor Gus Dur tersebut di acara Kick Andi di Metro TV. Berikut ini penuturan Bu Sinta:

Mengawali pembicaraan dengan Raja Fahd, Gus Dur mengatakan padanya bahwa sebagian besar Rakyat Indonesia memiliki penguasaan bahasa Arab yang cukup baik.

Namun, itu adalah bahasa Arab dari kitab yang digunakan di banyak pesantren, yang tentu saja berbeda dengan bahasa Arab yang berlaku di Saudi sekarang. 

Suatu kali, ada seorang jamaah Haji Indonesia, yang kebetulan di tempatkan di sebuah maktab yang berdekatan dengan sebuah kantor khusus milik Pemerintah Saudi. Di depan kantor itu tertulis (mamnu’ud dukhul), yang berarti dilarang masuk. 

Melihat tulisan itu, Si Jamaah Haji Indonesia tersebut menggerutu sambil berkata, “Dasar orang Arab. Tulisan tidak senonoh mengapa bisa dipampang di sembarang tempat.”

Ternyata Si Jamaah Haji tersebut memahami kalimat ‘mamnu’ud dukhul menurut versi kitab fiqih yang berarti dilarang senggama.

***