Pemilu AS: Dua Sisi Mata Uang

Dengan adanya presiden dari Partai Demokrat, diharapkan wajah Amerika Serikat di dunia akan lebih ramah.

Sabtu, 7 November 2020 | 23:51 WIB
0
240
Pemilu AS: Dua Sisi Mata Uang
Trump dan Biden (Foto: pikiran-rakyat.com)

Melihat jalannya pemilihan presiden di Amerika Serikat, kita seperti diingatkan bahwa mata uang itu mempunyai dua sisi. Dengan demikian, boleh saja di satu sisi ada yang berpendapat bahwa Presiden Donald Trump adalah presiden yang kacau dan tidak becus, tetapi di sisi lain tidak sedikit yang menganggap Donald Trump adalah presiden yang baik.

Itu sebabnya, tidak heran kedudukan antara Joe Biden dan Donald Trump berimbang. Dalam arti, orang tidak dapat dengan mudah mengatakan, siapa yang akan keluar sebagai pemenang.

Joe Biden memang telah mendapatkan 253 electoral vote, dibandingkan dengan Donald Trump yang baru memperoleh 214 electoral vote.

Memang Joe Binden hanya memerlukan 17 electoral vote untuk mencapai 270 electoral vote yang dipersyaratkan, tetapi itu menjai tidak artinya jika Donald Trump menang di lima negara tersisa, yakni Georgia (16), Nevada (6), North Carolina (15), Pennsylvania (20), dan Arizona (11). Dengan total 68 electoral vote.

Namun, hitung-hitungan akhir memperlihatkan Joe Biden akan menang di Nevada (6) dan Arizona (11). Dan, jika Joe Biden akhirnya menang di sana angka 270 akan dapat dicapaimya, dan itu berarti ia akan keluar sebagai pemenang.

Kita tinggal menunggu perhitungan di kedua negara bagian itu selesai. Dan, Amerika Serikat akan memiliki presiden baru. Dengan adanya presiden dari Partai Demokrat, diharapkan wajah Amerika Serikat di dunia akan lebih ramah.

***