Pemerintahan Baru Taliban

Pembentukan pemerintahan sementara ini juga akan membuat dunia internasional wait and see lalu tidak akan dengan mudah mendukung pemerintahan baru ini.

Rabu, 8 September 2021 | 19:36 WIB
0
66
Pemerintahan Baru Taliban
Juribicara Taliban, Zabihullah Mujadih (Foto: tempo.co)

Semalam Taliban mengumumkan pemerintahan baru mereka di Afghanistan. Sayangnya, ini hanya pemerintahan sementara bukan pemerintahan permanen.

Dinamika di internal Taliban sendiri juga sangat dinamis. Terbukti saat pengumuman semalam, Baradar tidak menjadi PM tapi menjadi wakil PM.

Tarik menarik kepentingan dalam pembentukan pemerintahan baru berjalan cukup alot, tidak bisa dipungkiri bahwa tidak mudah membentuk pemerintahan baru secepatnya.

Pemerintahan baru Afghanistan saat ini semua diisi oleh orang orang Taliban saja, di titik ini Taliban bisa salah langkah. Karena yang dibutuhkan Taliban saat ini adalah pemerintah inklusif yang mengakomodir semua lapisan masyarakat dan lintas ideologi.

Di sini saya melihat kelemahan Taliban sebagai calon pemimpin baru Afghanistan. Banyaknya faksi di tubuh Taliban dan ada yang berafiliasi ke Pakistan, juga menyebabkan mereka kesulitan membentuk pemerintahan permanen.

Pos menteri yang diumumkan semalam juga banyak terindikasi efek faksi faksi tersebut. Ini adalah PR besar Taliban ke depannya.

Pemerintahan sementara ini tidak akan bisa berjalan efektif dan tidak akan mampu mengelola konflik jika saja pemerintahan permanen tidak segera dibentuk.

Pembentukan pemerintahan sementara ini juga akan membuat dunia internasional wait and see lalu tidak akan dengan mudah mendukung pemerintahan baru ini. Karena sementara.
Turki sendiri juga masih wait and see, Turki belum mau mengakui pemerintahan sementara Taliban saat ini karena akan beresiko ke depannya.

Langkah Turki yang berhati hati begini sudah sangat tepat. Karena mengacu ke standar internasional, Turki memang harus bermain cantik dan sesuai prosedur internasional tidak boleh gegabah meskipun secara personal Turki dekat dengan pemimpin Taliban.

Semoga pemerintahan permanen Taliban bisa segera terbentuk, agar memudahkan mereka dalam melangkah lebih jelas lagi kedepannya dan memudahkan mereka mendapatkan dukungan dunia.

Tengku Zulkifli Usman

***