Drone Turki versus Drone AS

Secara garis besar, persaingan Drone kdepannya akan sangat ketat. Dan Turki hari ini sudah leading menjadi salah satu negara produsen drone paling mematikan di dunia.

Jumat, 5 November 2021 | 17:58 WIB
0
208
Drone Turki versus Drone AS
Drone Bayraktar buatan Turki (Foto: Airspace Review)

Drone Hawk milik Amerika dijual dipasaran dengan harga sangat tinggi. Di atas 20juta dolar/unit. Sedangkan Drone turki hanya dijual dengan harga 2juta dolar/unit.

Walaupun jauh lebih murah, drone Turki Bayraktar TB2 sudah terbukti ampuh di beberapa Medan perang.
Sedangkan Drone Hawk Amerika belum begitu punya pengalaman tempur langsung di Medan perang. Hanya unggul di atas kertas.

Drone Hawk Amerika pernah dijual ke Korea Selatan puluhan unit. Tapi sayang, setelah dicek oleh pakar drone Korsel, Drone mahal AS ini punya banyak masalah.

Inilah mengapa, negara sekelas Inggris membatalkan membeli drone AS yang super mahal itu. Dan beralih ke drone Turki.

Sekarang sudah 13 negara di dunia yang memesan Drone Turki, itu belum termasuk Malaysia dan Indonesia.

Drone Turki saat ini secara harga punya satu pesaing kuat yaitu Drone wing Loong II punya China.

Dan secara teknis, wing Loong II dengan Bayraktar TB2 juga punya kualitas yang hampir sama dan kedua drone ini sudah punya jam terbang tempur di lapangan saat konflik libya.

Di Libya, Bayraktar TB2 dan wing Loong II saling Head to head dan membunuh satu sama lain. Bayraktar TB2 dipakai oleh pemerintah sah Libya dan wing Loong II dipakai pemberontak Jendral Haftar.

Besar kemungkinannya ke depannya, drone AS ini akan mendapatkan pesaing kuat dari China dan Turki secara global.

Mengingat harga lebih murah dan tidak pakai banyak syarat. Dan spesifikasi yang juga tidak kalah hebat daripada drone Hawk milik AS. Bayraktar TB2 diprediksi akan laris manis di pasaran.

Secara garis besar, persaingan Drone kdepannya akan sangat ketat. Dan Turki hari ini sudah leading menjadi salah satu negara produsen drone paling mematikan di dunia.

Tengku Zulkifli Usman

***