Mengenal Ancaman Mikroplastik

Selasa, 18 Juli 2023 | 13:32 WIB
0
59
Mengenal Ancaman Mikroplastik
Mengenal Ancaman Mikroplastik

Peneliti dari Pusat Riset Geoteknologi, Badan Riset dan Inovasi Nasional, Dr.rer.nat. Dwi Amanda Utami telah memperkirakan bahwa pada tahun 2050, jumlah sampah akan lebih banyak dibandingkan jumlah ikan di laut. 

Sampah-sampah tersebut, selain dapat mengancam lingkungan dan membunuh makhluk laut, akan sangat berbahaya terhadap manusia. Terutama sampah tergolong mikroplastik.

Mikroplastik merupakan partikel plastik atau fiber dengan ukuran lebih kecil dari 5 mm. Mikroplastik terbagi menjadi 2, yakni mikroplastik primer yang diproduksi dalam ukuran sangat kecil seperti Polyethylene microbeads yang banyak terdapat pada produk kecantikan, dan mikroplastik sekunder dari degradasi plastik sekali pakai yang berukuran lebih besar.

Dengan ukurannya yang sangat kecil, mikroplastik dapat ditemui di mana saja, termasuk dalam tubuh makhluk hidup seperti ikan. Keberadaan mikroplastik di dalam perut ikan juga dapat masuk ke tubuh manusia. Polusi udara juga mengandung mikroplastik yang dapat terakumulasi di saluran pernafasan dan paru-paru sehingga akan mengganggu sistem pernapasan. 

Keberadaan mikroplastik dalam tubuh dapat menghambat sistem imun, memicu pertumbuhan tumor, dan mengganggu sistem reproduksi. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Bahaya Mikroplastik bagi Tubuh Manusia, berikut penjelasannya.

Bahaya Mikroplastik Bagi Kesehatan Tubuh

Banyak penelitian yang telah melaporkan masalah mikroplastik terus memburuk setiap tahun dan diprediksi akan terus meningkat. Masuknya mikroplastik dalam tubuh manusia dapat terjadi melalui proses pernapasan, konsumsi makanan atau minuman, hingga penyerapan ke dalam kulit. Penumpukkan mikroplastik dalam kulit akan menyebabkan gangguan seperti berikut.

1. Memicu Reaksi Alergi
Mikroplastik dapat memicu munculnya reaksi alergi. Tingkat reaksi tersebut juga dipengaruhi oleh intensitas paparan mikroplastik serta sistem imun tubuh. Gejala umumnya berupa:

  • Pembengkakan pada bibir, lidah, mata, atau wajah
  • Gangguan bersin dan hidung tersumbat
  • Mata merah, berair, dan gatal
  • Mengi, sesak napas, batuk
  • Ruam merah yang menonjol dan gatal

2. Memicu Penyakit Berbahaya
Styrene sering ditemukan dalam plastik kemasan makanan, dan jika bahan ini masuk dan terakumulasi dalam tubuh, Anda memiliki potensi besar untuk mengalami:

  • Kanker
  • Penurunan fungsi sistem imun
  • Gangguan sistem saraf
  • Gangguan pendengaran
  • Gangguan sistem reproduksi

3. Kerusakan Sel dalam Tubuh
Mikroplastik berlebih dalam tubuh juga dapat menyebabkan kerusakan sel, memicu perubahan hormon, kerusakan dinding sel, hingga kerusakan organ dalam tubuh.

4. Sistem Tubuh Terganggu
Mikroplastik dapat mempengaruhi kinerja sistem endokrin yang mengatur bagian-bagian penting tubuh seperti nafsu makan, siklus tidur, tumbuh kembang, metabolisme, fungsi seksual, dan tekanan darah. 

5. Gangguan Hormon dalam Tubuh
Mikroplastik mengandung bahan tambahan seperti phthalate, bhispenil A, alkyl phenol, pigmen warna, dan anti retardan yang bersifat karsinogenik dan mengganggu hormon. Jika mikroplastik tertelan dan terbawa melalui aliran darah, mikroplastik dapat berdampak pada penurunan tingkat kesuburan pada pria dan wanita. 

Lakukan Ini untuk Menurunkan Paparan Mikroplastik

Mikroplastik sangat mengancam kesehatan lingkungan dan makhluk hidup karena limbah ini dapat ditemukan dimana saja, seperti:

  • Sampah plastik yang terpecah menjadi mikroplastik
  • Serat buatan dari pencucian pakaian
  • Debu ban kendaraan
  • Debu industri pengecatan 
  • Serat buatan yang melayang
  • Microbeads produk kosmetik

Untuk menguranginya, Anda dapat melakukan tindakan seperti:

  1. Mengurangi produk-produk plastik
  2. Tidak membuang sampah sembarangan
  3. Membiasakan diri mendaur ulang
  4. Mencuci tanpa mesin cuci
  5. Menggunakan transportasi umum
  6. Tidak memanaskan makanan bersama dengan kemasan plastik

Jika dilakukan dengan rutin, tindakan-tindakan di atas dapat menjadi kebiasaan yang mengamankan Anda dari bahaya mikroplastik. Selain dari kegiatan di atas, Anda juga perlu mengkonsumsi makanan, minuman, vitamin, dan Jenis Suplemen Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh agar Kuat