Tenaga Kerja, Aset Pertumbuhan Perusahaan

Lingkungan kerja yang positif dan kondusif akan mendatangkan talent unggulan. Ketika karyawan merasa nyaman, dihargai dan diberdayakan mereka akan berusaha lebih untuk memberikan kontribusi terbaik untuk perusahaan.

Kamis, 7 Maret 2024 | 13:36 WIB
0
99
Tenaga Kerja, Aset Pertumbuhan Perusahaan
tenaga kerja aset perusahaan sukses persada mandiri

Dunia bisnis tidak hanya sebatas angka pada laporan atau gedung kantor berfasilitas yang menentukan jalannya kesuksesan perusahaan. Namun energi dan keahlian kolektif yang penting dimiliki oleh tenaga kerja untuk menentukan arah jalur kesuksesan bisnis. Tapi kenapa tenaga kerja sangatlah penting?


Tenaga kerja merupakan aset pertumbuhan perusahaan.
Dikutip dari Gramedia, definisi tenaga kerja ialah setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan yang menghasilkan barang dan/atau jasa yang berguna bagi dirinya sendiri ataupun masyarakat secara umum. Dari definisi tersebut dapat dijabarkan faktor-faktor kenapa itu sangat penting untuk perusahaan:

1. Tenaga Kerja Merupakan Bahan Bakar Produktivitas dan Inovasi
Bagaikan mobil yang tidak dapat jalan tanpa bensin, begitu pula perusahaan yang tidak dapat berjalan tanpa tenaga kerja. Merekalah yang dapat menerapkan ide-ide menjadi kenyataan, mengubah sumber daya menjadi produk jadi, melayani pelanggan dan mendorong batas inovasi. Skill dan motivasi tinggi yang dimiliki oleh mereka dapat memudahkan proses serta memunculkan ide baru yang akhirnya menghasilkan profit dan growth.

2. Merupakan Tampilan Wajah Brand Perusahaan
Karyawan merupakan wajah cerminan dari perusahaan. Profesionalisme, entusiasme dan pengetahuan dalam berinteraksi dengan clients, partners dan masyarakat umum, sangat memengaruhi bagaiman brand perusahaan dilihat. Karyawan yang terlatih dapat membangun trust dan loyalty, menyebabkan perusahaan mendapat respon positif menjadikan hal tersebut sebagai keunggulan perusahaan.

3. Sumber Penyelesaian Masalah
Dunia bisnis tidak terlepas dari tantangan, perspektif beragam dan wawasan gabungan dapat menjawab tantangan-tantangan tersebut. Mereka dapat mengidentifikasi akar permasalahan, berdiskusi solusi yang tepat, dan menerapkan strategi yang membuat organisasi semakin kokoh dan fleksibel dalam menghadapi perubahan-perubahan yang akan datang.

4. Kunci Untuk Mencapai Masa Depan
Lingkungan kerja yang positif dan kondusif akan mendatangkan talent unggulan. Ketika karyawan merasa nyaman, dihargai dan diberdayakan mereka akan berusaha lebih untuk memberikan kontribusi terbaik untuk perusahaan.

Investasi dalam Tenaga Kerja: Resep Kesuksesan Perusahaan
Mengetahui pentingnya tenaga kerja tidak hanya dengan mengakui kontribusi mereka, namun melakukan investasi dalam pengembangan dan kesejahteraan mereka. Investasi tersebut termasuk dengan menyediakan kesempatan training, pengembangan diri, menerapkan work-life balance, serta budaya komunikasi dan umpan balik yang terbuka. Dengan memprioritaskan kebutuhan dan aspirasi karyawan, perusahaan membuat lingkungan dengan talent yang inovatif, berkembang, dan berfokus pada kesuksesan kolektif.

Tenaga kerja bukan hanya pusat dari biaya, melainkan aset strategis. Dengan pembinaan dan pemberdayaan yang tepat, perusahaan dapat membuka potensi mereka untuk menghadapi tantangan dengan percaya diri. PT. Sukses Persada Mandiri memprioritaskan pengembangan calon karyawan demi menjawab tantangan-tantangan yang dihadapi oleh perusahaan.