Kalapas Kelas I Malang Dampingi Dirjen HAM Resmikan Klinik Pratama LPP Malang

Sabtu, 10 Juni 2023 | 15:23 WIB
0
39
Kalapas Kelas I Malang Dampingi Dirjen HAM Resmikan Klinik Pratama LPP Malang
Kalapas Kelas I Malang Dampingi Dirjen HAM Resmikan Klinik Pratama LPP Malang | dok.humaslapasmalang

MALANG - Sabtu (10/6/2023) Kalapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur mendampingi Kunjungan Kerja dari Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia (HAM), Dhahana Putra untuk lakukan Peresmian Klinik Pratama Lapas Perempuan (LPP) Kelas IIA Malang.

Dalam kunjungan kerja Jum'at 9 Juni 2023 ini hadir pula Kepala Balai Harta Peninggalan Surabaya, Plt. Kepala Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas IIA Malang, serta Pejabat Struktural dan Petugas Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Malang.

Klinik Pratama "LAKSMI" yang diresmikan Dirjen HAM merupakan Penguatan mengenai Undang-undang No. 35 Tahun 2009. Kegiatan diawali dengan peresmian Klinik Pratama “LAKSMI” Lapas Perempuan Kelas IIA Malang, kemudian penguatan mengenai Undang-undang No. 35 Tahun 2009 di Aula Kartini Lapas Perempuan Kelas IIA Malang.

Kalapas Kelas I Malang, Heri Azhari mendampingi Dirjen HAM bersama pejabat lainnya meresmikan Klinik Pratama "LAKSMI" serta melihat lebih dekat kegiatan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Klinik ini diharapkan bisa menambah layanan kesehatan bagi WBP.

Klinik Pratama adalah klinik yang menyelenggarakan pelayanan medik dasar baik umum ataupun khusus. Dalam pelaksanaannya, klinik pratama dapat menyelenggarakan pelayanan kesehatan seperti: Pelayanan dokter umum dan dokter gigi umum.

Lembaga Pemasyarakatan/ Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur adalah salah satu pilot project Lapas Industri dan Zona Integrasi (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) Unit Pelaksana Teknis/ UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Perbaikan terus menerus dilakukan di Lapas Kelas 1 Malang ke arah yang lebih baik untuk pelayanan pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun Masyarakat.

Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jatim memiliki program pembinaan kepribadian dan kemandirian bagi seluruh WBP. Diharapkan dengan program pembinaan yang dilakukan bisa membuat WBP bisa menunjukkan penurunan tingkat resiko melakukan pidana kembali dengan berkelakukan baik juga bisa sebagai agen moral kebaikan saat telah bebas kembali ke Masyarakat. Lapas Kelas I Malang meraih Penghargaan sebagai Zona Integritas WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani). Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang adalah salah satu pilot project WBK/WBBM UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia.


L'SIMA PASTI APIK !
(HUMAS LAPAS KELAS I MALANG)