Peta Imajinasi Jadi Media Literasi Numerasi Tim POP Lampung Timur

Jumat, 2 Juni 2023 | 16:40 WIB
0
392
Peta Imajinasi Jadi Media Literasi Numerasi Tim POP Lampung Timur
Tim Lampung Timur seminar dan unjuk prestasi

Unjuk Prestasi POP Tingkat SD di Jakarta resmi dilaksanakan pada Kamis (1/6/2023). Kegiatan yang digelar oleh Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LP Ma’arif NU PBNU) ini diikuti oleh sekolah dasar yang berasal dari 7 Provinsi dengan 35 Kabutan/Kota.  
Tim POP Lampung berkesempatan untuk mengikuti kegiatan unjuk prestasi. Tim POP Lampung Timur  ini terdiri dari Ahmad Nur Ihsan, S,Pd.I sebagai ketua PC LP Ma’arif NU Lampung Timur, dan Ahmad Subakir, S.Pd.I bendahara PC LP Ma’arif NU Lampung Timur,  Siti Khusnul Khotimah, S.Pd, Muhammad Suyatno, M.Pd.I, Ibnu Ma’ud, M.Pd.I dan Dr. Abdul Mujib, M.Pd.I sebagai Fasda POP Lampung Timur dan selain itu melibatkan sejumlah lembaga pendidikan meliputi, Supriyanto, S.Ag, Muhammah Muzafin, S.Pd dan Iin Purwanti, S.Pd utusan dari SD IP Maarif NU 1 Al-Firdaus Pasir Sakti, Agus Jainudin, S.Pd utusan dari SDIP Maarif NU 2 Nurul Huda Labuan Maringgai dan Destriani, S.Pd.I, utusan dari SD Al-qur’an Minhajuth Thulab Way Jepara . Mereka dalam acara unjuk prestasi memperlihatkan keunikan dan kreativitas yang mengangkat  Belajar Pasti Aksi Abad 21 dengan peta Imajinasi sebagai alat peraga literasi dan numerasi siswa.

Dalam Seminar Nasional Unjuk Prestasi Literasi dan Numerasi dari Lampung Timur yang diwakili oleh SDIP Ma'arif NU 1 Alfirdaus Lampung Timur mempresentasikan Belajar Pasti Aksi Abad 21 dengan metode ini siswa pasti membaca buku, pasti memahami nya, pasti punya hasil karya berupa peta imajinasi, dan yang luar biasa pasti presentasi dan aploud YouTube sebagai jejak digital siswa.
Dengang Belajar Pasti Aksi kali ini siswa mampu menampilkan praktek mendongeng kelas 2 kisah katak kecil dan ular kecil. Praktek berhitung cepat Jarimatika perkalian untuk menghitung ruas bidang bangun ruang di kelas 6. Alhasil siswa pintar berhitung dengan cepat dan tepat.

Presentasi ini SDIP Ma'arif NU 1 Alfirdaus yang mewakili Lampung Timur, mendapat respon sambutan yang hangat dari peserta lain dan dari beberapa tim penilai. Dengan Peta imajinasi ini, penampilan nya berbeda dengan Propinsi dan Kabupaten lain se Indonesia peserta POP. Kebanyakan yang lain hanya fokus pada menampilkan alat peraga atau media pembelajaran sebagai inovasi guru, sedangkan SDIP Ma'arif NU 1 Alfirdaus menampilkan kelas literasi, keunggulan proses pembelajaran dengan Metode Belajar Pasti Aksi siswa lebih bersemangat belajar, kreatif dan mampu mempresentasikan apa yg ia pelajari dengan media Peta imajinasi buatnya sendiri, sebagai bentuk merdeka belajar.

POP Lampung Timur berharap program POP akan berlajut pada tahun 2024, untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya di LP Ma'arif seluruh Indonesia.