Jenis Bahan Yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Belanja Baju Online

Kamis, 21 Maret 2024 | 00:45 WIB
0
89
Jenis Bahan Yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Belanja Baju Online
Belanja Baju Online

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini mulai dari kalangan remaja hingga dewasa lebih banyak yang tertarik untuk berbelanja pakaian di toko online melalui berbagai media online yang ada. Namun saat berbelanja pakaian secara online, ada hal yang perlu Anda perhatikan dengan baik, yaitu jenis bahan yang digunakan. 

Seringkali para pembeli ini mengabaikan jenis bahan pakaian sehingga ketika barang sudah sampai dan melihat pakaian tersebut, mereka merasa kecewa karena bahan pakaian tersebut tidak sesuai dengan yang mereka inginkan. Bahan pakaian yang tidak sesuai bisa membuat penampilan Anda tidak sempurna. 

Misalnya Anda merasa tidak nyaman memakainya, badan terlihat gemuk, pendek, dan sebagainya. Untuk itu mulai saat ini bagi yang ingin membeli baju secara online harus lebih teliti dalam mengetahui jenis bahannya. Di bawah ini ada beberapa Jenis Bahan beserta penjelasan lengkapnya yang dapat Anda pelajari sekarang juga.

Jenis Bahan Baju Online

Katun

Bahan pakaian ini terbuat dari serat kapas dan digemari oleh masyarakat di Indonesia. Karena bahan katun sangat nyaman dipakai, sejuk dan mudah menyerap keringat. Namun perlu anda ketahui, kapas ini juga mempunyai banyak ragamnya.

Misalnya saja katun Jepang yang memiliki tekstur halus dengan daya serap yang baik, katun Paris yang lebih tipis dan transparan, serta katun sutra yang terbuat dari kepompong sutra yang juga memiliki tekstur licin namun tetap nyaman digunakan.

Brokat

Brokat biasanya sering digunakan untuk pakaian pesta, mulai dari kebaya, gaun, dan lain sebagainya. Benar, tapi secara detail brokat adalah kain bordir. Kain brokat saat ini memiliki motif yang indah, tak jarang kain brokat juga menambahkan ornamen tertentu seperti manik-manik untuk menambah kesan mewah dan elegan.

Polyester

Polyester merupakan salah satu bahan yang tidak mudah menyerap keringat. Selain itu, bahan ini juga disebut-sebut mudah kusut dan warnanya lebih cepat pudar karena polyester bukan hanya serat kapas murni saja, namun juga terdapat serat buatan di dalamnya. Maka tak heran jika dengan kualitas rendah tersebut bahan polyester dijual dengan harga murah.

Baby Terry

Baby Terry merupakan hasil perpaduan dua bahan pakaian yaitu 80% katun dan sisanya polyester. Tenang saja, meski bahannya sedikit mengandung polyester, baby terry tetap punya daya serap. Biasanya bahan ini sering orang gunakan untuk membuat jaket atau sweater.

Sifon

Sifon merupakan bahan pakaian yang terbuat dari gabungan beberapa komponen sutra, katun, nilon, poliester, dan rayon. Sifon ini secara fisik tipis namun mempunyai kesan mengkilat walaupun samar. Biasanya konveksi fashion menggunakan bahan ini untuk membuat pakaian formal hingga gaun pesta yang cocok dipakai pada malam hari.

Denim

Apakah denim dan jeans memiliki arti yang sama? Faktanya, keduanya berbeda. Denim adalah salah satu jenis bahan pakaian, sedangkan jeans adalah celana panjang yang terbuat dari bahan denim. Denim sendiri merupakan bahan kain yang kokoh karena terbuat dari bahan cotton twill.

Selain itu, ketebalan denim juga berbeda-beda tergantung kebutuhan produk yang akan dibuat, namun tetap memiliki tekstur yang halus. Selain celana panjang, denim juga sering dibuat untuk jaket, rok, tas, sepatu, bahkan dress atau dres.

Jersey

Jersey merupakan salah satu bahan pakaian yang sudah tidak asing lagi bagi pembeli pakaian online. Bahan pakaian ini sering digunakan untuk membuat kaos oblong, selimut musim dingin, dan gamis. Secara detail, bahan jersey merupakan kain yang terbuat dari jenis tekstil rajutan yang terdiri dari serat kapas. Namun ada juga jersey yang dicampur dengan serat sintetis.

Balotelli

Saat ini banyak ditemukan pakaian dengan bahan Balotelli. Bahan kaos ini cukup tebal dan teksturnya agak kasar. Jika diperhatikan lebih dekat, Balotelli memiliki kemiripan serat bergaris dengan kotak-kotak kecil. Meski begitu, baju berbahan ini nyaman dipakai, tidak menempel di badan dan tidak tembus pandang. Biasanya bahan ini digunakan untuk membuat atasan, gamis dan tunik.

Rajut

Rajut sering digunakan untuk membuat pakaian bayi, anak kecil maupun dewasa, mulai dari kaos, polos, sweater, dan masih banyak lagi. Bagi penggemar pakaian rajut perlu anda ketahui bahwa rajutan terbagi menjadi 3 jenis yaitu single knit yang merupakan jenis rajutan yang dibuat dengan menggunakan jarum rajut khusus, double knit yang memiliki tekstur lembut dan motif yang beragam, dan jenis stiper yang memadukan benang berwarna dalam prosesnya. merajutnya.

Satin

Hampir sama dengan Maxmara, bahan satinnya juga lembut dan mengkilat sehingga terlihat mewah dan elegan. Namun untuk fisik bahan satin sendiri lebih tebal dan agak kaku. Bahan satin ini dapat ditemukan pada jilbab segi empat dan juga sangat cocok untuk dibuat rok, gaun atau gaun pesta.

Scuba

Bahan scuba mempunyai serat kain yang lembut, halus dan tebal. Bahan kaos ini juga sangat elastis dan pastinya membentuk lekuk tubuh. Biasanya perusahaan konveksi menggunakan bahan ini untuk memproduksi atasan atau celana panjang.

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang Jenis Bahan Yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Belanja Baju Online seperti yang dilansir game online. Semoga bermanfaat.