Tahsin Quran Internal, Lapas Kelas I Malang berikan Penguatan Pembinaan

Rabu, 7 Juni 2023 | 08:53 WIB
0
59
Tahsin Quran Internal, Lapas Kelas I Malang berikan Penguatan Pembinaan
Tahsin Quran Internal, Lapas Kelas I Malang berikan Penguatan Pembinaan | dok.humaslapasmalang

LAPAS MALANG - Rabu (07/06/2023) Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur mengadakan kegiatan Tahsin internal di Lantai 2 Masjid At Taubah yang diikuti Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kegiatan Tahsin Internal memiliki tujuan untuk penguatan Proses Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Al-Qur'an Metode Ummi di Lapas Kelas I Malang. Mengingat bertambahnya WBP yang mengikuti program pembelajaran Al-Qur'an di Blok Pesantren, maka diperlukan tambahan WBP yang menjadi Ustadz Badal dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar Al-Qur'an.

Rangkaian kegiatan Tahsin Internal meliputi Tes Baca Al-Qur'an dengan baik dan benar, Tes Pengetahuan Tajwid dan Tes bacaan Gharib yang ada di dalam Al-Qur'an. Dari berbagai rangakain tes tersebut akan diketahui kemampuan dan apa yang perlu diperbaiki dari Warga Binaan yang akan ditempatkan sebagai Ustadz Pembadal.

Metode Ummi adalah metode membaca Al-Qur’an bagi WBP Lapas Kelas I Malang, Metode ini langsung memasukkan dan mempraktekan bacaan tartil sesuai kaidah ilmu tajwid dengan menggunakan pendekatan bahasa ibu yang menekankan kasih sayang. Metode Ummi memiliki sistem penjamin mutu seperti Tashih, Tahsin hingga Sertifikasi Guru.

Kalapas Kelas I Malang, Heri Azhari mengharap dengan program Pembinaan Kepribadian melalui dengan Proses Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Al-Qur'an Metode Ummi di Lapas Kelas I Malang bisa membuat Warga Binaan membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar sebagai bekal nantinya ketika bebas.

Lembaga Pemasyarakatan/ Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur adalah salah satu pilot project Lapas Industri dan Zona Integrasi (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) Unit Pelaksana Teknis/ UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Perbaikan terus menerus dilakukan di Lapas Kelas 1 Malang ke arah yang lebih baik untuk pelayanan pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun Masyarakat.

Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jatim memiliki program pembinaan kepribadian dan kemandirian bagi seluruh WBP. Diharapkan dengan program pembinaan yang dilakukan bisa membuat WBP bisa menunjukkan penurunan tingkat resiko melakukan pidana kembali dengan berkelakukan baik juga bisa sebagai agen moral kebaikan saat telah bebas kembali ke Masyarakat. Lapas Kelas I Malang meraih Penghargaan sebagai Zona Integritas WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani). Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang adalah salah satu pilot project WBK/WBBM UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia.


L'SIMA PASTI APIK !
(HUMAS LAPAS KELAS I MALANG)