Ini 4 Jenis Cat Anti Karat yang Tepat untuk Besi

Kamis, 13 April 2023 | 15:15 WIB
0
112
Ini 4 Jenis Cat Anti Karat yang Tepat untuk Besi
Sumber: Canva.com

Logam rentan terhadap korosi (karat) yang disebabkan oleh cuaca atau faktor eksternal lain. Oleh karena itu, diperlukan jenis cat khusus untuk logam yang dapat mencegah korosi tersebut.

Cat untuk logam biasanya terdiri dari cat primer, coating/undercoat (pelapis), dan finishing (pelapis akhir). Berikut adalah 4 jenis cat yang dapat menjadi alternatif dalam memilih cat logam yang tepat:

1. Cat Epoxy

Cat epoxy adalah jenis cat anti karat yang terdiri dari dua komponen (pewarna dan resin) dengan pengeringan kimia. Biasanya digunakan sebagai cat primer (dasar) karena memiliki sifat anti-korosi yang sangat baik.

Baca Juga: Kenali 4 Ragam Jenis Cat untuk Logam

Selain itu, cat epoxy juga sering digunakan sebagai pelapis permukaan untuk menutupi celah berlubang, pori, goresan, atau tekstur yang tidak merata. Cat ini juga memiliki daya lekat yang baik, sehingga mempermudah proses pewarnaan permukaan di tahap selanjutnya.

Selain tahan terhadap korosi, cat epoxy juga melindungi permukaan material dari pengaruh cuaca dan menghambat pertumbuhan jamur. Hasil akhirnya adalah matte, sehingga dapat diaplikasikan pada berbagai tipe material.

2. Cat Polyurethane (Urethane)

Dalam iklim tropis Indonesia, aset eksterior membutuhkan perlindungan ekstra terhadap perubahan suhu ekstrim atau tidak konsisten yang dapat menyebabkan korosi, jamur, atau invasi hama.

Solusinya adalah menggunakan cat polyurethane atau biasa disebut PU. Jenis cat untuk logam ini tidak hanya melindungi dari potensi korosi, eksposur UV, serta serangan hama, tetapi juga dapat meningkatkan tampilan visual aset. Oleh karena itu, sering digunakan sebagai lapisan coating dan finishing.

Bahan utama cat polyurethane adalah polyurethane, salah satu jenis plastik yang memiliki ketahanan yang sangat baik dengan hasil akhir berkilau (glossy). Walaupun daya tahan korosinya tidak sebaik epoxy, tetapi varian warnanya lebih beragam, sehingga dapat menjadi alternatif dalam mempercantik bangunan atau aset lainnya.

3. Cat Intertherm

Cat intertherm adalah jenis cat untuk logam yang memiliki daya tahan korosi yang baik serta dapat menahan suhu tinggi, mulai dari 150°C hingga lebih dari 300°C. Oleh karena itu, cat ini sangat cocok untuk lingkungan industri atau pertambangan yang rentan terpapar panas tinggi dari lingkungan atau mesin operasi.

Dengan hasil akhir berkilau, cat intertherm juga memiliki daya rekat yang tinggi dan fleksibilitas yang baik. Cat ini juga mampu bertahan saat mengalami pendinginan mendadak serta dapat diaplikasikan pada berbagai material.

4. Cat Interline Food Grade

Jenis cat ini dirancang khusus untuk melindungi material yang bersentuhan langsung dengan makanan agar lebih aman. Beberapa jenis lapisan material dapat mempengaruhi makanan, dan ada jenis makanan dengan kandungan asam yang dapat menyebabkan korosi.

Baca Juga:

Demikian informasi mengenai empat jenis cat besi anti karat yang paling cocok di aplikasikan pada material logam. Semoga artikel ini bermanfaat.