Berikut 10 Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik di Tanah Air

Minggu, 17 Maret 2024 | 15:56 WIB
0
40
Berikut 10 Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik di Tanah Air
Ilustrasi Software Akutansi

Pep News - Bagi kamu yang menggunakan sistem software akutansi, seluruh proses akuntansi seperti pencatatan transaksi, penyusunan laporan keuangan, dan pengelolaan inventaris bisa dilakukan secara efisien dan efektif.

Kemudian, software akuntansi juga dapat membantu mengelola hutang dan piutang, pengeluaran, dan memantau anggaran yang ada.

Dengan banyaknya pilihan software yang ada, perusahaan harus memilih software terbaik yang sesuai dengan kebutuhan yang mereka miliki.

Adapun pemilihan software yang tepat akan membantu perusahaan meningkatkan produktivitas dan efisiensi dari operasional perusahaan.

Selain itu, perusahaan bisa meraih manfaat optimal dari otomatisasi proses akuntansi dan meningkatkan kinerja keuangan perusahaan.

Karena itu, kamu perlu untuk mengetahui software accounting apa saja yang ada di Tanah Air. Di bawah ini beberapa aplikasi akuntansi terbaik yang ada di Indonesia: 

Software Akuntansi Koneksi

Aplikasi akuntansi terbaik yang dapat kamu pakai untuk mengelola bisnis Anda yaitu Software Akutansi Koneksi. Sistem akuntansi milik Koneksi memiliki harga terjangkau yang membuat software Koneksi dapat dijangkau oleh bisnis baik dari skala kecil sampai besar.

Di samping itu, sistem ini juga memiliki fitur lengkap yang memiliki tampilan sederhana sehingga mudah untuk digunakan oleh siapapun.

Di bawah ini beberapa keunggulan dari fitur-fitur yang ada pada aplikasi akuntansi terbaik Koneksi:

-Fitur kustomisasi: Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk mengatur dan mengelola data sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka.

-Manajemen Invoice: Aplikasi akuntansi terbaik Koneksi memungkinkan pembuatan dan pengelolaan faktur kepada pelanggan serta pemantauan pembayaran faktur yang masih tertunda.

-Akses multi-pengguna: Fitur ini sangat menguntungkan bagi perusahaan yang memiliki banyak karyawan, karena setiap pengguna dapat mengakses dan mengelola data secara bersamaan.

-Pembuatan Laporan Keuangan: Software accounting dapat menghasilkan laporan keuangan seperti neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, dan laporan perubahan ekuitas.

-Pengelolaan Hutang dan Piutang: Fitur ini memungkinkan pengelolaan hutang dan piutang perusahaan, meliputi pencatatan utang kepada pemasok dan pemantauan pembayaran piutang dari pelanggan.

-Pembayaran Gaji dan Pajak: Software ini mendukung pembayaran gaji karyawan dan perhitungan pajak. Fitur ini membantu memastikan penggajian yang akurat dan pemenuhan kewajiban perpajakan.

-Rekonsiliasi Bank: Fitur ini memungkinkan untuk melakukan rekonsiliasi antara catatan keuangan perusahaan dengan pernyataan bank. Fitur ini membantu dalam memastikan konsistensi dan akurasi data keuangan.

-Pengelolaan Aset Tetap: Aplikasi akuntansi terbaik Koneksi memiliki kemampuan untuk melacak dan mengelola aset tetap perusahaan. Ini termasuk mencatat pembelian aset, depresiasi, pemeliharaan, dan penjualan aset.

-Dengan fitur-fitur itu, software milik Koneksi memberikan keuntungan bagi perusahaan dalam mengelola dan mengontrol aspek keuangan mereka. Dengan harga terjangkau, fitur lengkap, kemudahan penggunaan, dan akses ke informasi dan data real-time yang akurat, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi, mengoptimalkan pengelolaan keuangan, dan mengambil keputusan yang lebih baik untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Software Akuntansi HashMicro

 Software accounting yang bisa kamu gunakan yakni Software Akutansi HashMicro.

 Salah satu keuntungan yang bakal kamu peroleh saat menggunakan sistem ini seperti menyediakan sistem dalam bentuk aplikasi web dan mobile sehingga bisa perusahaan akses melalui perangkat manapun.

Selanjutnya, sistem HashMicro yang berbasis cloud ini juga memiliki tampilan sederhana yang mempermudah pekerja yang menggunakannya.

Berikut fitur dalam software akuntansi HahsMicro:

-Pembukuan: HashMicro Accounting Software memungkinkan pengguna untuk mencatat dan mengelola transaksi keuangan perusahaan, termasuk pemasukan, pengeluaran, dan pembayaran.

-Jurnal Umum: Software tersebut menghadirkan fitur jurnal umum yang memungkinkan pengguna untuk mencatat secara rinci setiap transaksi keuangan yang terjadi.

-Laporan Keuangan: HashMicro menyajikan laporan keuangan seperti neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, dan laporan keuangan lainnya. Laporan-laporan ini dapat dihasilkan dengan cepat dan akurat.

-Manajemen Pajak: Software ini memiliki fitur manajemen pajak yang memungkinkan pengguna untuk menghitung, melacak, dan melaporkan kewajiban pajak perusahaan sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku.

-Manajemen Persediaan: HashMicro Accounting Software menyediakan modul manajemen persediaan yang memungkinkan pengguna untuk mengelola stok barang, mengontrol pembelian, dan penjualan persediaan.

-Integrasi: Software ini dapat diintegrasikan dengan solusi bisnis lainnya seperti sistem manajemen pelanggan (CRM) dan manajemen proyek.

Sekedar informasi, sistem akuntansi HashMicro merupakan software accounting yang cocok untuk segala bentuk bisnis, mulai dari mikro maupun makro.

Adapun aplikasi akuntansi dari HashMicro ini memungkinkan kinerja akuntan berjalan efektif dan efisien.

Dengan dilengkapi fitur-fitur unggul yang ada, software akuntansi HashMicro bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu.

Software Akutansi ERP

Software Enterprise Resource Planning (ERP) menjadi perangkat lunak yang mampu memfasilitasi semua itu. Informasi lebih lanjut tentang software ERP akan dijelaskan di sini.

Transformasi bisnis dari manual ke digital akan difasilitasi dengan tepat guna oleh sistem ERP ini.

Penggunaan ERP telah menjadi solusi bagi perusahaan-perusahaan kelas dunia di berbagai belahan dunia untuk meningkatkan kinerja bisnis.

Kemudahan dan keandalan menjadi pertimbangan utama dalam pemilihan sistem ERP.

Kegunaan Software ERP dalam Dunia Bisnis.

-Bantu proses kolaborasi

Sistem ERP ini membantu proses kerja bisnis perusahaan Anda menjadi lebih efisien dan efektif.

Sistem ERP yang difungsikan sebagai layanan atau  SaaS (Software as a Service) yang berbasis cloud dapat memperluas kolaborasi antar tim yang ada di seluruh cabang perusahaan melalui internet.

- Tingkatkan performa bisnis

Performa bisnis perusahaan dapat meningkat ketika ada jaminan produk dan layanan berkualitas.

Sistem ERP berfungsi menyederhanakan berbagai aktivitas operasional yang memakan banyak waktu dan tenaga.

-Tingkatkan sistem keamanan data

Sistem ERP berbasis cloud lebih ramah biaya pada investasi awal tanpa mengesampingkan keamanan data. Selain itu, perusahaan dapat melakukan pengaturan pada akses data mana yang bisa diakses karyawan, manajer hingga pengambil kebijakan (top management).

Dengan menggunakan sistem ERP, Anda mampu untuk menganalisis dan mempertimbangkan beberapa fitur sistem keamanan untuk melindungi informasi yang bersifat personal atau data perusahaan.

Sementara itu, tim IT memiliki peran yang sangat penting dalam mengevaluasi penyedia ini dan menentukan apakah solusinya akan sesuai dengan teknologi yang ada di perusahaan kamu.

Software Akuntansi Epicor

Keuntungan yang aplikasi tersebut yakni dapat melakukan kolaborasi antar pengguna. Dengan itu, jika sewaktu-waktu terdapat pengerjaan proyek, proyek ini bisa dengan cepat tim selesaikan.

Lalu, software ini juga memiliki service bantuan dalam sistem yang responsif dengan kebutuhan user.

Berikutnya Epicor juga menawarkan fitur pelaporan yang canggih, yang memungkinkan pengguna menghasilkan laporan keuangan dan analisis bisnis yang akurat.

Beberapa fitur dalam Epicor adalah:

-Pembukuan dan Pencatatan Transaksi: Aplikasi akuntansi Epicor memungkinkan pengguna untuk mencatat dan mengelola transaksi keuangan perusahaan, termasuk pemasukan, pengeluaran, dan pembayaran.

-Laporan Keuangan: Epicor memiliki fitur untuk menghasilkan laporan keuangan yang komprehensif, seperti neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, dan laporan keuangan lainnya. Laporan-laporan ini dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

-Manajemen Persediaan: Epicor menyediakan modul manajemen persediaan yang membantu pengguna dalam mengelola stok barang, melacak persediaan, dan mengatur pembelian dan penjualan.

-Manajemen Pelanggan dan Penjualan: Software ini menyediakan alat untuk mengelola informasi pelanggan, menghasilkan penawaran harga, mengelola pesanan penjualan, dan melacak aktivitas penjualan.

Kekurangan utama sistem ini adalah kompleksitas dalam konfigurasi dan penggunaan.

Proses implementasi dan pelatihan yang perusahaan perlukan untuk menguasai aplikasi ini bisa memakan waktu dan sumber daya yang signifikan. Untuk itu, bagi perusahaan kecil hal ini tentu akan menjadi suatu hambatan terkait dengan anggaran perusahaan.

Software Akuntansi Microsoft Dynamics AX

Software milik microsoft sendiri menyediakan fitur seperti modul SCM, Inventory, keuangan, produksi hingga Analisa Data.

Aplikasi itu cocok untuk perusahaan dengan jenis bisnis yang memiliki kegiatan produksi serta memiliki banyak lokasi. Dengan menggunakan aplikasi ini, perusahaan bisa mempercepat pendapatan informasi dan pengambilan keputusan.

Inilah fitur utama dalam Microsoft Dynamics AX:

-Pembukuan dan Pencatatan Transaksi: Microsoft Dynamics AX memungkinkan pengguna untuk mencatat dan mengelola transaksi keuangan perusahaan dengan detail, termasuk pemasukan, pengeluaran, dan pembayaran.

-Manajemen Akuntansi: Software ini menyediakan modul lengkap untuk manajemen akuntansi, termasuk jurnal umum, jurnal penggajian, jurnal pembelian, jurnal penjualan, dan jurnal bank.

-Laporan Keuangan: Microsoft Dynamics AX menghasilkan laporan keuangan yang komprehensif seperti neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, dan laporan keuangan lainnya. Laporan-laporan ini dapat disesuaikan dan dianalisis untuk memahami kinerja keuangan perusahaan.

-Manajemen Proyek: Software ini menyediakan fitur manajemen proyek yang memungkinkan pengguna untuk mengelola proyek, mengendalikan anggaran, melacak biaya, dan menganalisis profitabilitas proyek.

Kekurangan dari sistem ini antara lain biaya implementasi dan pemeliharaan yang tinggi. Menggunakan Microsoft Dynamics AX memerlukan investasi yang signifikan dalam hal lisensi, infrastruktur, dan pelatihan.

Hal tersebut mungkin menjadi kendala bagi perusahaan kecil atau usaha dengan anggaran terbatas.

Software Akuntansi Koneksi

Berikutnya aplikasi akuntansi terbaik yang dapat kamu gunakan untuk mengelola bisnis kamu yaitu software milik Koneksi.

Sistem akuntansi milik Koneksi memiliki harga terjangkau yang membuat software Koneksi dapat dijangkau oleh bisnis baik dari skala kecil hingga besar. Selain itu, sistem ini juga memiliki fitur lengkap yang memiliki tampilan sederhana sehingga mudah untuk digunakan oleh siapapun.

Ini dia keunggulan dari fitur-fitur yang ada pada aplikasi akuntansi terbaik Koneksi:

-Fitur kustomisasi: Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk mengatur dan mengelola data sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka.

-Manajemen Invoice: Aplikasi akuntansi terbaik Koneksi memungkinkan pembuatan dan pengelolaan faktur kepada pelanggan serta pemantauan pembayaran faktur yang masih tertunda.

-Akses multi-pengguna: Fitur ini sangat menguntungkan bagi perusahaan yang memiliki banyak karyawan, karena setiap pengguna dapat mengakses dan mengelola data secara bersamaan.

-Pembuatan Laporan Keuangan: Software accounting dapat menghasilkan laporan keuangan seperti neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, dan laporan perubahan ekuitas.

-Pengelolaan Hutang dan Piutang: Fitur ini memungkinkan pengelolaan hutang dan piutang perusahaan, meliputi pencatatan utang kepada pemasok dan pemantauan pembayaran piutang dari pelanggan.

-Pembayaran Gaji dan Pajak: Software ini mendukung pembayaran gaji karyawan dan perhitungan pajak. Fitur ini membantu memastikan penggajian yang akurat dan pemenuhan kewajiban perpajakan.

-Rekonsiliasi Bank: Fitur ini memungkinkan untuk melakukan rekonsiliasi antara catatan keuangan perusahaan dengan pernyataan bank. Fitur ini membantu dalam memastikan konsistensi dan akurasi data keuangan.

-Pengelolaan Aset Tetap: Aplikasi akuntansi terbaik Koneksi memiliki kemampuan untuk melacak dan mengelola aset tetap perusahaan. Ini termasuk mencatat pembelian aset, depresiasi, pemeliharaan, dan penjualan aset.

Dengan fitur-fitur tersebut, software milik Koneksi memberikan keuntungan bagi perusahaan dalam mengelola dan mengontrol aspek keuangan mereka. Dengan harga terjangkau, fitur lengkap, kemudahan penggunaan, dan akses ke informasi dan data real-time yang akurat, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi, mengoptimalkan pengelolaan keuangan, dan mengambil keputusan yang lebih baik untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Aplikasi Akuntansi Zahir

Untuk diketahui Zahir sendiri sudah berdiri sejak tahun 1996 dan memiliki berbagai prestasi, salah satunya menjadi juara pertama Teknopreneur award di tahun 2008.

Aplikasi milik Zahir sendiri mempunyai beberapa fitur seperti chart of account yang fleksibel, pengurusan persediaan, smart reminder, dan jurnal otomatis.

Lalu, aplikasi ini memiliki antarmuka yang intuitif dan navigasi yang sederhana sehingga pengguna dapat dengan cepat mempelajari fitur aplikasi ini.

Terdapat fitur utama dalam Zahir Accounting antara lain:

-Pembukuan: Zahir Accounting memungkinkan pengguna untuk mencatat dan mengelola transaksi keuangan perusahaan, seperti pemasukan, pengeluaran, dan pembayaran.

- Jurnal Umum: Software ini menyediakan fitur jurnal umum yang memungkinkan pengguna untuk mencatat secara terperinci setiap transaksi keuangan yang terjadi.

-Laporan Keuangan: Zahir menyajikan laporan keuangan seperti neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, dan laporan keuangan lainnya. Laporan-laporan ini dapat dihasilkan dengan cepat dan akurat.

-Integrasi: Software ini dapat perusahaan integrasikan dengan aplikasi bisnis lainnya seperti sistem manajemen pelanggan (CRM) dan sistem manajemen gudang.

Namun, Zahir juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda perhatikan. Salah satunya adalah tidak memiliki fitur kustomisasi.

Hal tersebut tentu akan menghambat perusahaan, terutama yang memiliki kebutuhan khusus atau kompleksitas operasional yang tinggi.

Dengan kekurangan yang ada, fitur tambahan atau pengaturan khusus mungkin sulit untuk diimplementasi dalam aplikasi ini.

Program Akuntansi Jurnal

Aplikasi milik Jurnal sendiri cocok untuk digunakan oleh bisnis dengan skala kecil dan menengah di Indonesia.

Hal ini karena aplikasi Jurnal sendiri berbasis cloud, yang mana tidak membutuhkan biaya yang banyak.

Di samping itu, aplikasi ini menawarkan fitur penting seperti pelaporan lengkap secara otomatis, mencatat biaya, pelacakan persediaan, dan manajemen aset.

Berikut penjelasan lengkap mengenai fitur-fitur:

-Pembukuan: Software accounting Jurnal memungkinkan pengguna untuk mencatat dan mengelola transaksi keuangan perusahaan, termasuk pemasukan, pengeluaran, dan pembayaran.

-Jurnal Umum: Aplikasi ini menyediakan fitur jurnal umum yang memungkinkan pengguna untuk mencatat secara terperinci setiap transaksi keuangan yang terjadi.

-Laporan Keuangan: Jurnal dapat menghasilkan laporan keuangan seperti neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, dan laporan keuangan lainnya. Laporan-laporan ini memberikan gambaran yang komprehensif tentang kondisi keuangan perusahaan.

-Manajemen Pajak: Software ini memiliki fitur manajemen pajak yang memungkinkan pengguna untuk menghitung, melacak, dan melaporkan kewajiban pajak perusahaan sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku.

-Namun, salah satu kekurangan yang ada dalam sistem ini yaitu keterbatasan fitur yang ditawarkan. Meskipun Jurnal menyediakan fitur dasar yang cukup lengkap, namun beberapa perusahaan dengan kebutuhan kompleks mungkin membutuhkan fitur tambahan yang tidak tersedia dalam program ini.

Aplikasi Akuntansi EQUIP

Aplikasi EQUIP memiliki fitur yang bisa perusahaan gunakan untuk mengelola keuangan yang ada, salah satu fiturnya yaitu manajemen faktur, manajemen nota kredit dan debit, dan pengelolaan pajak.

Fitur ini akan membantu dalam memudahkan pembuatan laporan keuangan dan rekonsiliasi bank.

Tidak hanya itu, aplikasi EQUIP merupakan aplikasi akuntansi terbaik berbasis cloud sehingga memungkinkan perusahaan memprediksi performa keuangan yang ada.

Beberapa fitur dalam sistem akuntansi Equip adalah:

-Modul Penggajian dan HR: Equip juga menawarkan modul penggajian dan manajemen sumber daya manusia (HR) yang terintegrasi. Modul ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola data karyawan, perhitungan gaji, manajemen absensi, dan tunjangan karyawan. Dengan adanya modul ini, perusahaan dapat mengotomatiskan proses penggajian dan manajemen karyawan, mengurangi kesalahan manusia, dan meningkatkan efisiensi.

-Pelacakan Stok dan Persediaan: Software accounting Equip dilengkapi dengan modul pelacakan stok dan persediaan yang memungkinkan pengguna untuk mengelola inventaris dan persediaan perusahaan. Modul ini memberikan informasi yang akurat tentang persediaan yang tersedia, pengadaan barang, pengiriman, dan pemantauan tingkat persediaan. Hal ini membantu perusahaan untuk mengoptimalkan pengelolaan stok, mengurangi biaya persediaan berlebih, dan memastikan ketersediaan barang yang tepat waktu.

-Pelaporan Keuangan yang Komprehensif: Equip menyediakan fitur pelaporan keuangan yang komprehensif. Software ini dilengkapi dengan berbagai jenis laporan keuangan, seperti neraca, laporan laba rugi, arus kas, dan laporan keuangan lainnya. Pengguna dapat dengan mudah menghasilkan laporan-laporan ini dengan cepat dan akurat. Laporan keuangan yang komprehensif membantu manajemen dalam memahami kinerja keuangan perusahaan, mengidentifikasi tren, dan membuat keputusan strategis yang didukung oleh data yang valid.

Salah satu keuntungan menggunakan aplikasi ini yaitu terdapat dukungan pelanggan yang baik, dengan tim yang siap membantu pengguna dalam mengatasi masalah atau pertanyaan yang mungkin timbul.

Namun demikian, aplikasi tersebut menelan biaya yang cukup tinggi untuk mengakses dan menggunakan aplikasi ini. Hal ini mungkin menjadi kendala bagi perusahaan kecil atau usaha dengan anggaran terbatas.

Aplikasi Akuntansi Accurate

Software akuntansi ini adalah salah satu perangkat lunak akuntansi yang kerap digunakan oleh berbagai universitas di Indonesia.

Perangkat lunak ini biasanya universitas gunakan untuk membantu pembelajaran mahasiswa dalam mengelola sistem keuangan.

Tujuannya, untuk membantu mengotomatiskan manajemen keuangan, sistem akuntansi Accurate memiliki 2 jenis paket software yaitu Accurate Online dan Accurate 5 Desktop.

Fitur utama software accounting Accurate:

-Jurnal Umum: Software ini menyediakan fitur jurnal umum yang memungkinkan pengguna untuk mencatat semua transaksi keuangan secara terperinci.

-Laporan Keuangan: Accurate menyajikan laporan keuangan seperti neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas dengan cepat dan akurat.

-Manajemen Persediaan: Accurate memiliki modul manajemen persediaan yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol stok barang, mengelola pembelian, penjualan, dan pergerakan persediaan.

-Pembayaran Elektronik: Accurate mendukung integrasi dengan sistem pembayaran elektronik sehingga pengguna dapat melakukan pembayaran langsung melalui software tersebut.

Meski begitu kekurangan dari Accurate yakni harganya yang relatif mahal. Bagi perusahaan kecil atau startup dengan anggaran terbatas, biaya langganan software ini mungkin terlalu tinggi sehingga mereka mungkin perlu mencari alternatif yang lebih terjangkau.

Untuk itu, penting bagi perusahaan untuk mempertimbangkan anggaran dan kebutuhan mereka secara menyeluruh sebelum mengambil keputusan.