9 Tanda Anda Secara Intelektual Kompatibel dengan Pasangan Anda

Satu pasangan tidak dapat terlibat pada tingkat otak yang lebih tinggi dan oleh karena itu beralih ke komunikasi fisik yang telah dicoba.

Rabu, 5 Mei 2021 | 07:06 WIB
0
190
9 Tanda Anda Secara Intelektual Kompatibel dengan Pasangan Anda
ilustr: ACR

Seberapa penting kompatibilitas intelektual dalam suatu hubungan? Jawabannya adalah: itu pasti menguntungkan suatu hubungan, tetapi itu tidak 100% penting.

Ada banyak contoh pasangan yang tidak cocok secara intelektual yang tetap mempertahankan hubungan yang bahagia, sehat, dan yang lebih penting, hubungan yang berkelanjutan.

Ini karena kompatibilitas berfungsi di begitu banyak area di seluruh hubungan (emosional, spiritual, fisik, sosial, dan lain-lain.) Sehingga ikatan yang luar biasa di satu area dapat dengan mudah lebih besar daripada ketidakcocokan di area lain.

Ketika suatu hubungan berkembang, ada begitu banyak faktor yang berperan dan kombinasi tipe kepribadian yang berbeda membutuhkan rangsangan yang berbeda untuk menghasilkan hubungan yang berfungsi sepenuhnya.

Dan kemudian ada efek chemistry kuno yang bagus untuk ditambahkan ke campuran.

Namun, fakta bahwa Anda telah mengklik artikel ini menunjukkan bahwa Anda mungkin orang yang secara naluriah merasa bahwa berfungsi pada gelombang intelektual yang sama dengan pasangan Anda penting bagi Anda.

Mungkin Anda sekarang menjalin hubungan dengan seseorang yang secara lahiriah sangat cocok, yang memperlakukan Anda dengan baik, tetapi ada sesuatu yang tidak dapat Anda lakukan yang membuat semuanya tetap dangkal.

Tidak ada kedalaman dan tidak ada hubungan yang benar.

Ini cukup sering terjadi ketika Anda menavigasi jalan Anda melalui kumpulan kencan.

Mencoba mencari tahu mengapa hubungan Anda kekurangan 'sesuatu' itu dapat memberi Anda ketenangan pikiran.

Oleh karena itu, membuat diri Anda sadar akan beberapa tanda kompatibilitas intelektual dalam suatu hubungan, oleh karena itu, sangat masuk akal.

Semakin banyak tanda-tanda ini yang Anda lihat dalam hubungan Anda, semakin cocok Anda dan pasangan Anda pada tingkat intelektual.

1. Anda belajar dari satu sama lain.

Memiliki pengetahuan dan keterampilan yang berbeda namun saling melengkapi dan bersedia untuk belajar dari satu sama lain merupakan indikator kompatibilitas intelektual yang bagus.

Jika tidak ada kemauan untuk mengajar atau belajar dari satu sama lain, maka kesenjangan dalam pengetahuan menjadi penghalang antara Anda dan bukan sebagai fasilitator pemahaman.

Hasilnya adalah satu pasangan merasa lebih rendah secara intelektual atau lebih tinggi dari yang lain yang menciptakan batu sandungan dalam hubungan apa pun.

Pada akhirnya, hubungan menjadi terbagi oleh salah satu dari pasangan yang memainkan peran sebagai 'guru' dan yang lainnya menjadi 'siswa'.

Keharmonisan intelektual bergantung pada keseimbangan yang lebih baik di mana kedua pasangan terbuka untuk belajar dari satu sama lain, memungkinkan masing-masing untuk tumbuh seiring dengan semakin matangnya hubungan.

2. Percakapan bisa jadi menantang - tetapi dengan cara yang baik.

Komunikasi di setiap tingkat merupakan persyaratan mendasar dari hubungan yang terpenuhi.

Oleh karena itu, sangatlah penting bahwa percakapan Anda menjadi inspirasi dan Anda tidak terjebak dalam obrolan ringan yang tak ada habisnya atau tetap pada topik yang dangkal.

Ketika Anda baru memulai suatu hubungan, ini normal - percakapan harus dimulai dari suatu tempat, bukan?

Setelah Anda berada di sekitar blok beberapa kali bersama, Anda akan menemukan bahwa percakapan Anda mencakup topik yang lebih luas dan menjadi lebih merangsang dan bermakna.

Beberapa yang beruntung akan menemukan bahwa mereka melompati tahap yang dangkal sama sekali dan terjebak langsung ke topik yang seluk beluk, menjelajahi subjek yang lebih dalam dan lebih memuaskan sejak hari pertama.

Percakapan antara pasangan yang kompatibel secara intelektual sangat menginspirasi dan terkadang menantang saat Anda menyelidiki lebih dalam keyakinan dan sistem nilai satu sama lain dan dengan demikian mengembangkan pemahaman yang lebih besar tentang apa yang membuat Anda berdua tergerak.

Alih-alih menyebabkan gesekan, perdebatan verbal yang bisa muncul dari percakapan semacam itu berfungsi untuk mengkonsolidasikan koneksi Anda.

Jangan meremehkan nilai percakapan substantif dalam kaitannya dengan kebahagiaan secara keseluruhan. Satu studi menunjukkan hubungan antara kesejahteraan dan pertukaran verbal yang bermakna.

Tampaknya itulah sebabnya kehidupan yang penuh dengan obrolan ringan sangat tidak memuaskan.

3. Anda saling menghormati hak untuk memiliki sudut pandang yang berbeda.

Dalam pasangan yang tidak serasi secara intelektual, perbedaan pendapat yang jelas segera mengungkap garis kesalahan dalam hubungan.

Namun, jika kedua belah pihak yakin dengan sudut pandangnya sendiri, tetapi juga menerima dan bahkan mendorong pandangan berlawanan dari pasangannya, ini menjadi kekuatan.

Ini kembali ke poin sebelumnya tentang pentingnya percakapan yang bermakna bagi pasangan yang terhubung secara intelektual.

Tindakan menjelajahi setiap sudut subjek yang menantang, di mana kedua belah pihak yakin akan hak mereka untuk memegang sudut pandang yang berbeda, mengarah pada koneksi otak yang lebih dalam dan lebih memuaskan serta hubungan yang lebih bahagia.

Pasangan dengan afinitas intelektual sejati memahami bahwa pandangan satu orang tidak lebih baik dari yang lain, dan berbagi pandangan yang berbeda memungkinkan pertumbuhan dan pembelajaran timbal balik serta menambah semangat dalam suatu hubungan.

4. Anda tidak pernah bosan dengan pasangan Anda.

Jika waktu yang Anda habiskan dengan pasangan Anda secara intelektual bermanfaat dan Anda benar-benar tertarik dengan apa yang dia katakan, topik yang dia pilih untuk didiskusikan, dan hobi yang dia pilih, Anda mungkin tidak akan bosan dengan hubungan Anda.

Sebaliknya, jika Anda menemukan diri Anda menjangkau teman, keluarga, dan orang lain untuk stimulasi semacam itu, itu akan mengibarkan bendera merah karena ada sesuatu yang jelas hilang dalam hubungan Anda.

Namun, semua tidak akan hilang jika itu masalahnya.

Berusaha untuk menemukan minat bersama lainnya - olahraga, perjalanan, makanan, misalnya, dapat meningkatkan hubungan Anda dan memberi Anda sesuatu yang bernilai nyata untuk dibagikan.

Itu juga dapat mengurangi rasa bosan yang disebabkan oleh ketidakcocokan intelektual Anda.

Jika hiburan pilihan Anda cocok, kemungkinan merasa bosan atau tidak puas dalam hubungan Anda akan diminimalkan.

Misalnya, jika Anda sama-sama suka membaca atau sama-sama menyukai teater kontemporer, Anda tidak hanya memiliki banyak hal untuk didiskusikan, tetapi juga memiliki hubungan intelektual yang mendalam.

5. Tidak ada rasa persaingan di antara Anda.

Pasangan yang secara intelektual cocok tidak akan merasa mereka perlu menilai satu sama lain.

Sebaliknya, pasangan yang terus-menerus berdebat dan sering kali tampak lebih seperti musuh daripada sekutu cenderung memiliki gelombang intelektual yang sama.

Ya, terkadang menyenangkan dan bahkan genit untuk menjadi sedikit kompetitif, tetapi juga bisa melelahkan jika itu adalah pengaturan default untuk hubungan Anda.

Tidak perlu melatih otak satu sama lain tanpa henti untuk membuktikan kesetaraan intelektual Anda.

Indikator kecerdasan yang baik adalah kemampuan untuk berkomunikasi secara jujur, terbuka, dan hormat.

Itu tidak membutuhkan pertengkaran verbal yang melelahkan - kecuali, tentu saja, menurut Anda berdua itu menyenangkan.

6. Pasangan Anda meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Kepercayaan diri adalah hal yang rapuh dan indikator yang baik dari harmoni intelektual adalah seberapa yakin Anda merasa di persahabatan pasangan Anda.

Anda harus merasa bisa mengutarakan pendapat Anda tanpa takut dikoreksi atau dihakimi.

Seharusnya tidak ada kebencian, kecemburuan, atau kegugupan di antara Anda, dan Anda tidak boleh merasa seolah-olah integritas Anda sedang dirongrong atau dipertanyakan.

Setara intelektual Anda tidak akan merasa perlu terus-menerus menyela, menjelaskan secara berlebihan, atau merendahkan Anda.

Sebaliknya, jika ada terlalu banyak percekcokan antara pria atau wanita - membuat Anda merasa diremehkan - Anda mungkin perlu bertanya apakah Anda cocok secara mental.

7. Anda memiliki selera musik yang sama atau serupa.

Ada sesuatu tentang musik yang berhubungan dengan tingkat emosional yang lebih dalam dari jiwa manusia.

Lebih sering daripada tidak, orang-orang yang secara intelektual kompatibel cenderung menikmati gaya musik yang serupa, karena musik itu beresonansi dengan mereka berdua secara emosional.

Oleh karena itu, jika Anda lebih dari sekadar musik country, dan pasangan Anda menyukai head-banging heavy metal, ada kemungkinan besar Anda terpaut secara intelektual.

Hal ini mungkin tidak benar secara universal, karena banyak pasangan yang berhasil meskipun selera musik mereka berbeda. Kunci sukses dalam kasus seperti itu adalah mereka menghormati perbedaan satu sama lain.

Masing-masing pihak diberi ruang dan waktu untuk menikmati genre musik favorit mereka tanpa menghakimi.

Oke, mereka mungkin perlu memanjakan diri secara pribadi, atau dengan sesama penggemar (karena tidak ada yang boleh dipaksa untuk mendengarkan musik yang membuat gugup atau membuat telinga mereka berdarah), tetapi hal itu diterima dengan senang hati di antara mereka.

8. Anda berbagi tingkat keingintahuan yang sama untuk mempelajari hal-hal baru (atau tidak).

Beberapa orang lebih ingin tahu tentang belajar atau mengalami hal-hal baru daripada yang lain.

Mungkin Anda memiliki kebutuhan seperti spons untuk memperoleh pengetahuan, atau mungkin Anda terus-menerus mencari budaya populer berikutnya.

Di sisi lain, Anda mungkin cukup puas hanya untuk 'menjadi', tanpa haus akan apa pun secara khusus.

Tidak masalah mana yang berlaku untuk Anda, karena tidak satu pun atau yang lain adalah cara yang 'benar' untuk hidup.

Tidak sulit untuk melihat bahwa pencari sensasi mungkin bukanlah mitra intelektual yang ideal bagi seseorang yang tidak pernah lebih bahagia daripada saat berada di rumah dengan kaki menghadap ke depan TV.

Demikian pula, pembaca setia buku faktual tidak akan selaras secara mental dengan seseorang yang mengonsumsi acara bincang-bincang TV siang hari dan reality TV.

Sekali lagi, tidak ada yang salah, tetapi untuk itu semua semangat intelektual yang penting, sangat membantu bagi kedua pasangan untuk memiliki selera yang sama.

Hal penting dalam hal kompatibilitas intelektual adalah kecenderungan Anda berdua sama.

9. Hubungan Anda tidak semua tentang fisik.

Godaan dan pemanasan memang menyenangkan dan hubungan seksual yang saling menggairahkan, bagi kebanyakan orang, adalah salah satu kunci fundamental untuk hubungan yang berkelanjutan.

Konon, hubungan antara intelektual sederajat tidak dimulai dan berakhir di kamar tidur.

Ini tentang semua faktor yang disebutkan di atas dan banyak lagi.

Jika satu pasangan mencoba terhubung pada tingkat emosional, sementara yang lain lebih berpusat pada fisik, itu bisa menimbulkan masalah.

Ini bisa menjadi indikator bahwa seks digunakan untuk mengimbangi kurangnya koneksi intelektual.

Satu pasangan tidak dapat terlibat pada tingkat otak yang lebih tinggi dan oleh karena itu beralih ke komunikasi fisik yang telah dicoba dan diuji.

Itu, tidak masalah, tetapi bisa menunjukkan kebutuhan untuk mengeksplorasi beberapa area kompatibilitas lainnya untuk memastikan hubungan Anda benar-benar memuaskan di level lain.

***
Solo, Rabu, 5 Mei 2021. 6:39 am
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko