Manajemen Waktu [5] Kebutuhan dan Pentingnya Manajemen Waktu di Perusahaan

Jumat, 21 Februari 2020 | 13:36 WIB
0
260
Manajemen Waktu [5] Kebutuhan dan Pentingnya Manajemen Waktu di Perusahaan
ilustr: Dhaka Tribune

Manajemen Waktu mengacu pada penggunaan waktu sebaik mungkin dan melakukan hal yang benar pada waktu yang tepat.

Mengelola waktu dengan baik memainkan peran penting dalam menyelesaikan tugas dalam kerangka waktu yang ditentukan dan juga meningkatkan produktivitas seorang individu.

Karyawan harus belajar mengatur waktu dengan baik di tempat kerja untuk mencapai target sebelum tenggat waktu dan membuat tanda mereka sendiri. Seseorang yang memahami nilai waktu tidak pernah terbebani dan menikmati setiap saat secara maksimal.

Mengapa Manajemen Waktu Penting di Perusahaan?

Setiap organisasi bekerja pada tenggat waktu. Manajemen waktu membantu individu untuk menyelesaikan pekerjaan dalam waktu yang ditentukan dan tetap bebas stres dan santai sepanjang hari. Manajemen waktu membantu kita merencanakan slot waktu tertentu untuk semua tugas kita sehari-hari di tempat kerja.

Manajemen waktu membantu seseorang untuk memprioritaskan hal-hal. Penting bagi karyawan untuk memahami apa yang penting dan mendesak saat ini. Tetap terbebani di tempat kerja menyebabkan frustrasi dan akhirnya orang kehilangan minat dalam pekerjaan. Kita tidak dapat melakukan apa pun dan segalanya. Ambil semua yang penting dan mendesak di awal hari dan selesaikan dulu sebelum memulai dengan sesuatu yang bisa dilakukan sedikit kemudian. Ketahuilah apa yang penting bagi kita. Alokasikan slot waktu tertentu untuk aktivitas sesuai relevansinya dan pastikan kita tetap pada yang sama.

Manajemen waktu yang efektif membuat kita menjadi favorit di antara atasan, klien, dan sesama pekerja kita. Jangan terus bekerja sambil menunggu akhir. Selesaikan tugas sesuai kebutuhan. Mengabaikan masalah kritis tidak ada gunanya. Kita harus melakukannya dalam hal apa pun. Diskusikan dengan rekan kerja kita atau atasan pelaporan langsung dan temukan solusinya. Memantau waktu kita membantu kita menyelesaikan tugas tepat saat dibutuhkan.

Mengelola waktu dengan baik membantu karyawan merencanakan jalur kariernya secara efektif. Melakukan hal-hal tepat waktu membantu kita mencapai puncak karier kita dalam kerangka waktu sesingkat mungkin. Karyawan yang hanya bekerja demi melakukan pekerjaan dan tidak memperhatikan tenggat waktu tidak pernah dianggap serius di tempat kerja. Mereka adalah orang-orang yang selalu buaian dan mengeluh beban kerja yang berlebihan.

Manajemen waktu menjadikan kita individu yang terorganisir. Orang perlu menyimpan barang-barang di tempat masing-masing. Hindari menyimpan tumpukan kertas dan tumpukan file di meja kita. Tidak hanya memberikan tampilan berantakan ke workstation kita, tetapi juga membuang-buang waktu kita dalam mencari dokumen penting, file, folder dan sebagainya. Individu harus lebih suka menulis di buku catatan daripada kertas lepas.

Manajemen waktu yang efektif membantu seseorang untuk mengidentifikasi pemboros waktu di tempat kerja. Adalah bodoh membuang-buang waktu untuk hal-hal yang tidak produktif yang tidak membuahkan hasil. Tidak ada yang mengharapkan kita untuk bekerja sepanjang hari. Tetapkan waktu dalam jadwal harian kita untuk memeriksa pembaruan di situs jejaring sosial atau menelepon teman kita, tetapi tahu di mana harus menarik perhatian. Kantor kita tidak membayar kita untuk bergosip dan berkeliaran di sekitar.

Manajemen waktu membuat seseorang disiplin dan tepat waktu. Seseorang memiliki kebiasaan mencapai pekerjaan tepat waktu sebagai hasil dari manajemen waktu yang efektif.

***
Solo, Jumat, 21 Februari 2020. 1:23 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko