Wah, Ternyata Begini Cara Berbuka Puasa Dengan Baik Dan Benar

Minggu, 7 April 2024 | 20:55 WIB
0
36
Wah, Ternyata Begini Cara Berbuka Puasa Dengan Baik Dan Benar
Buka puasa

Berbuka puasa merupakan momen penting bagi umat Islam ketika bulan Ramadhan tiba. Proses ini tidak tertuju pada berpuasa saja, namun juga melibatkan berbagai aktivitas dan kebiasaan semua orang yang bisa berdampak besar pada kesehatan seseorang. Berikut beberapa Cara Berbuka Puasa yang baik dan benar.

Cara Berbuka Puasa Dengan Baik Dan Benar

Keterbatasan waktu makan selama bulan Ramadhan membuat masyarakat terkadang kebingungan saat berbuka puasa. Meski harus, Anda tetap harus memilih makanan bergizi. Berikut beberapa tips berbuka puasa yang bisa Anda coba.

Segera Berbuka Puasa

Bersegera berbuka puasa merupakan salah satu sunnah Nabi Muhammad SAW. Sabda Nabi ini tercatat dalam HR. Bukhari no. 1957. Tubuh membutuhkan asupan makanan dan minuman lsetelah kurang lebih dari 12 jam berpuasa.

Penuhi Kebutuhan Cairan Anda

Jumlah cairan yang dibutuhkan setiap orang bisa berbeda-beda tergantung banyak faktor. Namun, para ahli menyarankan untuk minum air putih minimal 8 gelas sehari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Saat berpuasa tetap harus mencukupi.

Asupan cairan yang cukup bisa Anda dapatkan dengan cara 2-4-2, yaitu 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas saat makan malam, dan 2 gelas saat sahur. Selain itu, menambahkan makanan kaya air seperti makanan berkuah atau banyak buah yang berair juga akan membantu.

Makan Secukupnya

Hindari makan berlebihan saat berbuka puasa. Berbuka puasa dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang cukup. Padahal, jika Anda tergila-gila dan memakan semua hidangan sekaligus, pencernaan Anda bisa bermasalah bahkan menyebabkan tekanan darah dan kadar gula naik.

Bagilah waktu makan saat berbuka puasa menjadi dua waktu, yaitu tepat saat berbuka puasa, dan kurang lebih 20 menit setelahnya atau setelah salat Maghrib. Anda bisa menyantap makanan pembuka terlebih dahulu, lalu makan sesuatu yang berat di sesi berikutnya. Disini tubuh akan mencerna makanan dengan baik.

Pilih Makanan Berbuka Yang Sehat

Memilih makanan untuk berbuka puasa alias takjil tidak bisa dilakukan sembarangan. Anda bisa memilih makanan yang sehat dan bergizi agar puasa bisa tetap berjalan lancar. Beberapa makanan yang bisa Anda pilih antara lain jus buah, buah dan sayur tanpa gula, kurma, atau air putih saja.

Pilihlah Lauk Pauk Yang Kaya Nutrisi

Pemilihan lauk pauk yang kaya nutrisi juga menjadi faktor penting lainnya agar puasa bisa berjalan lancar. Pilihlah lauk pauk yang bergizi seimbang agar kebutuhan nutrisi Anda selama berpuasa tetap dapat tercukupi. Memilih lauk yang kaya nutrisi saat berbuka juga akan membuat puasa Anda semakin berenergi. Anda bisa mengonsumsi nasi dengan lauk pauk tinggi protein seperti telur, ikan, daging, dan sayuran.

Jangan Mengkonsumsi Makanan Tidak Sehat

Saat berbuka puasa, tidak disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung garam dan gula dalam jumlah tinggi. Selain itu, hindari makanan kaleng atau yang diawetkan. Makanan dengan kandungan lemak tinggi atau gorengan juga tidak disarankan dijadikan menu takjil.

Jika Anda berbuka puasa di luar rumah, maka usahakan untuk tidak memesan minuman yang bersoda. Berbagai makanan di atas jika dikonsumsi apalagi dalam jumlah banyak dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Jangan Rebahan Setelah Makan

Godaan untuk berbaring setelah perut kenyang memang sangat besar. Namun jika Anda melakukannya, akan ada dampak buruk yang bisa Anda dapatkan. Dampak paling langsung yang akan Anda rasakan adalah gangguan pencernaan seperti mual dan muntah. Makanan tetap tidak akan masuk sepenuhnya ke dalam perut jika Anda langsung berbaring setelah makan. Kondisi seperti ini bisa menyebabkan asam lambung meningkat.

Asam lambung yang naik akan menyebabkan mual, rasa panas di tenggorokan, bahkan mulas. Hal ini biasanya lebih sering terjadi jika Anda memiliki riwayat sebelumnya. Jadi jika ingin berbaring, sebaiknya tunggu beberapa menit terlebih dahulu. Para ahli menyarankan antara 2 hingga 3 jam setelah makan jika memang ingin berbaring.

Rekomendasi Makanan Untuk Buka Puasa

Ada beberapa jenis makanan yang bisa menjadi menu untuk berbuka puasa. Berikut beberapa jenis makanan yang wajib anda sajikan saat berbuka puasa.

Kurma

Kurma merupakan salah satu sunnah Nabi Muhammad SAW untuk berbuka puasa. Buah ini mengandung gula alami yang baik untuk menggantikan energi yang hilang saat berpuasa. Selain itu, banyak mengandung mineral yang bermanfaat bagi tubuh, seperti serat dan potasium.

Telur

Memberikan telur rebus untuk berbuka puasa juga merupakan pilihan yang lebih sehat dibandingkan telur goreng. Makanan ini banyak mengandung nutrisi. Selain itu, telur juga lebih mudah dicerna tubuh.

Alpukat

Selain telur, alpukat juga termasuk makanan yang mudah dicerna oleh usus dan lambung. Mengonsumsi alpukat saat berbuka tidak hanya menyehatkan, tapi juga menghindarkan Anda dari sikap serakah dan memakan semua hidangan yang ada di meja.

Pisang

Buah-buahan yang cocok disantap saat berbuka puasa, termasuk pisang. Di dalam buah pisang terdapat vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Sayuran Hijau

Anda bisa berbuka puasa dengan bayam, kangkung atau sayuran hijau lainnya. Ini mengandung antioksidan dan protein yang memulihkan energi Anda. Sayuran hijau bisa dijadikan menu untuk salad.

Demikian ulasan artikel tentang Wah, Ternyata Begini Cara Berbuka Puasa Dengan Baik Dan Benar seperti yang dilansir slot88. Semoga bermanfaat.