Makna Hari Guru dan Sudahkah Kita Mengenang Jasanya?

Negara kita membutuhkan orang-orang yang mau mengabdikan dirinya untuk bangsa, mengabdi tidak hanya dari lahirnya melainkan juga dari batinnya.

Kamis, 7 Desember 2023 | 06:32 WIB
0
104
Makna Hari Guru dan Sudahkah Kita Mengenang Jasanya?
Guru di SMPN 1 Sumber Jaya Lampung Barat

Guru, merupakan sosok Inspiratif yang selalu hadir dalam kehidupan kita. Selain bertugas sebagai pengajar, guru juga sebagai pendidik. Pendidik merupakan salah istilah yang dimiliki oleh guru dan memiliki makna yang lebih mendalam daripada pengajar. Kenapa? Pendidik itu mendidik, mengayomi, mengarahkan, mengajarkan, membimbing dan melakukan evaluasi.

Guru adalah seseorang yang rela mengabdikan dirinya untuk memberikan pengajaran yang dapat menciptakan generasi penerus yang berwawasan intelektual sehingga diharapkan generasi penerus ini bisa menghadapi tantangan dan peluang yang ada di era transformasi Industri 4.0 ini.

Hari ini, 25 Oktober 2023 diperingati sebagai hari Guru Nasional. Peringatan Hari Guru secara resmi ditetapkan pada tahun 1994 melalui keputusan presiden nomor 78 Tahun 1994 tentang hari guru Nasional.

Mengutip dari lirik lagu "Engkau bagi pelita dalam kegelapan, engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan". dari lirik tersebut mengungkapkan bahwa sosok guru adalah pahlawan yang hadir ketika dunia dalam keadaan gelap (keputusasaan) dan memberikan sebuah pelita atau harapan dan juga cahaya sehingga menimbulkan motivasi yang dapat membangkitkan semangat berinovasi. selain pelita adalah "embun". guru adalah sumber kehidupan dimana tadinya kita tidak tahu apa2 menjadi tahu, yang tidak bisa menjadi bisa, yang jatuh menjadi bangkit, yang rapuh menjadi kuat, yang berhati kecil menjadi orang yang berhati besar dan lebih lapang. 

Negara kita membutuhkan orang-orang yang mau mengabdikan dirinya untuk bangsa, mengabdi tidak hanya dari lahirnya melainkan juga dari batinnya. 

Selamat hari guru untuk kedua Orangtuaku, selamat hari guru untuk semua guru-guruku, selamat hari guru untuk suamiku dan selamat hari guru untuk diriku.

Terimakasih.. Engkaulah Pahlawan tanpa tanda jasa yang nyata...