Keajaiban Manfaat Minum Air Putih Hangat Setiap pagi Untuk Kesehatan

Jumat, 26 Mei 2023 | 10:08 WIB
0
60
Keajaiban Manfaat Minum Air Putih Hangat Setiap pagi Untuk Kesehatan
Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji ketika mengajarkan terapi cairan pada mahasiswa praktek

Solo – Air putih merupakan komponen penting yang diperlukan bagi tubuh manusia. Setiap hari tubuh manusia membutuhkan asupan cairan yang adekuat untuk menopang metabolisme yang berjalan didalam tubuh manusia. Perlu diketahui bahwa komponen tubuh manusia pada orang dewasa sebanyak 60% adalah berisi cairan, lebih dari separuh tubuh adalah berisi cairan. Maka dari itu pentingnya manusia untuk tetap menjaga asupan cairan sangat diperlukan.

Menurut penelitian yang terbaru tentang terapi cairan didalam tubuh bahwa setiap manusia dewasa setiap hari manusia harus mengkonsumsi air putih minimal sebanyak 2 liter untuk menjaga organ tubuh manusia supaya tetap berjalan dengan baik serta adekuat. Manfaat minum air putih untuk kesehatan juga sangat banyak sekali khasiatnya. Sedangkan waktu yang paling baik adalah mengkonsumsi air hangat diwaktu pagi hari.

Apabila kita rutin minum air putih hangat diwaktu pagi hari maka akan memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh kita. Minum air putih hangat dipagi hari dianjurkan ketika perut masih dalam keadaan kosong sehingga akan mengoptimalkan manfaat yang cepat bagi tubuh manusia.

Manfaat mengkonsumsi air putih hangat dipagi hari salah satunya bisa menurunkan berat badan tubuh. Bagi seseorang yang memiliki masalah dalam kelebihan berat badan atau obesitas yang tidak kunjung menurun, maka solusi minum air putih hangat diwaktu pagi hari sangat bagus bagi kesehatan tubuh. Manfaat pertama dari kebiasaan yang mungkin dianggap orang sepele inibisa meningkatkan sistem metabolisme didalam tubuh manusia serta membantu jaringan lemak adiposa yang berada dibawah kulit manusia. Hal ini akan membuat berat badan akan menurun secara perlahan, serta apabila dilakukan secara rutin dan setiap hari maka akan efektif dalam menurunkan berat badan yang berlebihan.

Manfaat mengkonsumsi air putih juga bagus untuk melancarkan sistem pencernaan, dimana pada saat kita minum air hangat dipagi hari maka cairan akan menguraikan makanan didalam tubuh serta memecah partikel didalam usus sehingga pencernaan akan menjadi lebih lancar.

Manfaat lainnya bisa membuang racun didalam tubuh manusia, setiap hari manusia mengkonsumsi jenis banyak makanan yang banyak mengandung zat pengawet sehingga tubuh perlu dilakukan detoksifikasi atau pengeluaran racun. Maka mengkonsumsi air putih hangat dipagi hari secara rutin sangat efektif dalam proses detoksifikasi didalam tubuh. Air putih sangat efektif menjadi detoks alami, hal ini dikarenakan pada saat kita minum air putih hangat diwaktu pagi harimaka suhu tubuh akan meningkat serta menyebabkan keluar keringat yang merupakan salah satu tanda bahwa proses detoksifikasi sedang berjalan dengan baik.

Manfaat minum air putih hangat selanjutnya adalah bisa mencegah penuaan diri. Kelebihan lainnya apabila dilakukan secara teratur adalah kulit akan terhindar dari penuaan dini. Hal ini dikarenakan air hangat bisa membantu untuk memperbaiki kondisi sel kulit yang dapat menyebabkan peningkatan elastisitas pada kulit.

Pada wanita bermanfaat meringankan nyeri haid pada wanita yang sedang mengalami menstruasi. Siklus menstruasi yang datang setiap bulan pada wanita membuat masalah momok tersendiri yaitu rasa nyeri yang beraneka ragam, dimana akan mengganggu aktivitas setiap hari. Maka solusi untuk meringankan nyeri pada menstruasi wanita adalah rutin mengkonsumsi air putih hangat diwaktu pagi hari. Selain itu manfaat yang lain bisa membantu meredam kram ketika haid terjadi. Hal ini terjadi dikarenakan air hangat bisa membantu otot perut menjadi lebih relaks.

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji menyampaikan bahwa minum air putih hangat ketika pagi hari sangat banyak sekali. Sedangkan kebutuhan orang dewasa air putih dalam sehari adalah minimal 2 liter. Banyak tips yang bisa kita lakukan supaya kita bisa rutin mengkonsumsi air putih sebanyak 2 liter setiap hari, selain pembuatan jadwal minum air putih setiap per-4 jam setiap 1 gelas berisi 250 cc juga harus diimbangi dengan tips eksperimen yang lain. Eksperimen yang lain supaya tidak bosan adalah dengan Salah satunya dengan menambahkan irisan buah-buahan seperti pada minuman infused water atau dengan membekali jus buah segar tanpa pemanis tambahan. Kecukupan cairan merupakan hal penting bagi tubuh. Salah satu sumber terbaik berasal dari air putih dengan berbagai manfaat. Minumlah air putih sesuai kebutuhan agar kondisi kesehatan tubuh tetap maksimal.

Kemudian ada tips lain untuk rutin mengkonsumsi air putih. Kita bisa untuk membiasakan minum air putih tiap waktu makan atau saat mengonsumsi camilan. Selain itu, kita juga dapat menaruh gelas atau botol berisi air minum di meja atau tas yang kita bawa beraktivitas tiap hari. Dengan demikian maka kita akan selalu teringat serta mengkonsumsi air putih secara rutin. *Red