60 DOSEN IAIN METRO SEBAGAI PEMBIMBING LAPANGAN IKUTI PEMBEKALAN KKN

Rabu, 18 Januari 2023 | 13:43 WIB
0
104
60  DOSEN  IAIN METRO SEBAGAI  PEMBIMBING LAPANGAN  IKUTI PEMBEKALAN  KKN
Sebanyak 60 orang Dosen Pembimbing Lapangan (DPL mengikuti acara pembekalan pada kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa IAIN Metro Lampung. Di Ruang pertemuan Sidang Munaqasyah. Acara ini dibuka langsung oleh Rektor IAIN Metro Dr. Siti Nurjanah, M.Ag., PIA

Sebanyak 60 orang Dosen Pembimbing Lapangan (DPL mengikuti acara pembekalan pada kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa IAIN Metro Lampung. Di Ruang pertemuan Sidang Munaqasyah. Acara ini dibuka langsung oleh Rektor IAIN Metro Dr. Siti Nurjanah, M.Ag., PIA. (Rabu, 18/01/2023)

Dalam sambutan Rektor, Dr. Siti Nurjanah,M.Ag,PIA mengatakan bahwa dosen yang ditunjuk sebagai DPL tentunya memiliki kompetensi akademis yang profesional, baik sebagai peneliti juga dalam mengabdikan diri ditengah masyarakat. Untuk itu amanah yang diemban mestinya dilaksanakan secara optimal. Pesan Rektor, jadikan KKN ini untuk mengeksplorasi kemampuan dosen bersama mahasiswa berkolaborasi membuat Resecht Pengabdian Masyarakat berbasis PAR dan ABCD, untuk melahirkan karya-karya ilmiah baik tulisan ataupun counten you tube. Jika perlu didafkan pada Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Selanjutnya dalam pembekalan disampaikan oleh Dr. Ayub Mursalin, MA. ketua LPPM UIN Sultan Thaha Syaifuddin Jambi sekaligus Sekretaris Kegiatan KKN Melayu Serumpun Se-Sumatra, memaparkan metode PAR dan ABCD serta teknis dan lingkup serta kasuistis penelitian.

Sementara Ketua Pelaksana KKN, sekaligus Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat, Sainul, SH., MA. Menyampaikan bahwa pembekalan ini untuk dilakukan agar para DPL memiliki pemahaman sama dalam optimalisasi kegiatan KKN sebagai ajang Pengabdian Masyarakat sekaligus kolaborasi dosen dan mahasiswa yang melahirkan karya-karya akademis untuk mengangkat potensi desa sebagai suatu hal layak dikenalkan ke masyarakat luas.

Ketua LPPM Dr. Imam Mustofa, MSi. Menyampaikan bahwa KKN merupakan kewajiban Akademis yang harus dilakukan mahasiswa, ada di dalam Kurikulum dibebani 4 SKS. Bagi Dosen yang terlibat akan melakukan kreativitas inovatif research Pengabdian Masyarakat.

Tim P2M-LPPM hadir dalam kegiatan ini, Syarifuddin, MH sebagai Sekretaris LPPM, Nuraini, MM sebagai Subkorbag LPPM, Nuraini, SE., MM. dan para tenaga ahli, Nur Indah Rahmawati, M.Pd., Dewi Masitoh, M.Pd., Linda Septiyana, M.Pd., Sudirman, MSy., ., Agus Trioni, M.pd., Ahmad Bustomi, M.Pd. dan Welfarina Hamer, M.Pd., Serta tenaga teknis IT P2M Aldi Permana Putra, S.Pd