5 Manfaat Makan Telur Puyuh Setiap Hari

Dengan berbagai manfaat tersebut maka sangat baik untuk mengonsumsi telur puyuh tiap hari. Namun, ikuti batas memakan telur

Senin, 21 November 2022 | 15:54 WIB
0
17
5 Manfaat Makan Telur Puyuh Setiap Hari
Manfaat Telur Puyuh sangat baik untuk tubuh

Telur puyuh merupakan bahan makanan yang banyak disukai orang Indonesia. Namun, makanan ini terkenal mengandung kolesterol yang tinggi, sehingga banyak orang yang menghindarinya. Padahal jika dikonsumsi dengan tidak berlebihan, telur puyuh memiliki banyak manfaat.

Lalu apa saja manfaat dari telur puyuh jika dikonsumsi tiap hari?

1. Meningkatkan Kecerdasan Otak
Telur puyuh mengandung kolin yang bermanfaat untuk melancarkan proses neurogenesis, plastisitas otak, dan untuk menjaga fungsi saraf di otak dengan baik.

Kandungan gizi ini juga dapat membantu menjaga fungsi kognitif pada orang dewasa. Apabila Anda kekurangan asupan kolin, maka hal tersebut dapat menurunkan fungsi otak.

2. Nutrisi yang Baik bagi Mata
Telur puyuh juga mengandung berbagai jenis gizi yang baik untuk kesehatan mata, seperti misalnya vitamin A, zinc, hingga lutein.

Selain untuk mencegah kerusakan mata, vitamin A ternyata juga menjaga kesehatan organ penglihatan ini dengan baik. Kandungan lutein dapat membantu menurunkan risiko degenerasi makula yang berhubungan dengan zinc yang baik untuk kesehatan retina.

3. Sebagai Obat Alergi Alami
Ini manfaat telur puyuh yang jarang diketahui kebanyakan orang, yaitu bisa mengurangi gejala alergi secara alami. Misalnya saja meredakan peradangan yang disebabkan oleh alergi dari jenis makanan tertentu atau esofagitis eosinofilik. Maka jika Anda mengalami alergi ringan seperti bersin-bersin atau bahkan radang, Anda bisa mencoba mengonsumsi telur puyuh.

4. Menurunkan Tekanan Darah
Telur puyuh ternyata juga bisa menurunkan tekanan darah Anda. Hal ini dikarenakanoleh kandungan kalium yang ada di dalamnya. Kalium dapat membantu melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan darah menjadi turun.

5. Melawan Radikal Bebas
Telur puyuh merupakan sumber makanan yang kaya antioksidan. Antioksidan merupakan zat yang dapat mencegah atau memperlambat kerusakan sel karena adanya radikal bebas.

Radikal bebas adalah penyebab terjadinya stres oksidatif yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti gangguan jantung, stroke, hingga kanker.

Dengan berbagai manfaat tersebut maka sangat baik untuk mengonsumsi telur puyuh tiap hari. Namun, ikuti batas memakan telur puyuh harian. Jika dilihat dari jumlah kolesterol, maka batasan makan telur puyuh agar tidak melebihi asupan kolesterol harian adalah kurang lebih 2-3 butir telur puyuh.

Yuk jaga kesehatan dan kebugaran tubuh agar badan tetap fit dalam beraktivitas sehari-hari!