Mahasiswa KKN Tim I Undip Melakukan Sosialisasi Pentingnya Pola Hidup Bersih

Siswa SDN 1 Winduaji mengikuti sosialisasi pentingnya pola hidup bersih dan sehat secara antusias dan penuh perhatian.

Jumat, 24 Februari 2023 | 06:58 WIB
0
97
Mahasiswa KKN Tim I Undip Melakukan Sosialisasi Pentingnya Pola Hidup Bersih
Proses Sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat pada Anak Sekolah Dasar

Winduaji, Paninggaran (27/01) - Pada hari Jumat, 27 Januari 2023 telah dilaksanakan sosialisasi kepada siswa di SDN 1 Winduaji Kabupaten Pekalongan oleh mahasiswa KKN Tim 1 Undip.

Sosialisasi yang diberikan kepada siswa di SD Negeri 1 Winduaji ini berisi mengenai Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada siswa dengan tujuan untuk menanamkan pengetahuan berwawasan kesehatan dan membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat ini sejak dini karena hal tersebut akan berdampak positif dalam jangka panjang kehidupan anak.

Sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat ini terdiri atas beberapa kegiatan. Kegiatan pelaksanaan program KKN ini diawali dengan adanya permainan di awal kegiatan supaya dapat menarik minat siswa agar dapat fokus dan tertarik dengan materi pembelajaran yang akan diberikan kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi.

Pola Hidup Bersih dan Sehat yang penting untuk diketahui dan ditanamkan kepada anak sejak dini dalam sosialisasi tersebut adalah mengajak anak untuk dapat memiliki kebiasaan mencuci tangan dengan sabun, makan makanan dengan gizi seimbang dengan pedoman ‘Isi Piringku’, membuang sampah pada tempatnya, melakukan aktivitas fisik minimal tiga puluh menit sehari, menjaga kebersihan lingkungan, dan tidak merokok serta meminum minuman keras.

Siswa SDN 1 Winduaji mengikuti sosialisasi pentingnya pola hidup bersih dan sehat secara antusias dan penuh perhatian.

Pada sosialisasi ini juga telah dibagikan buku saku pola hidup bersih dan sehat kepada siswa dengan desain yang dibuat menarik dan informatif supaya siswa diharapkan dapat senantiasa mengingat dan menerapakan setiap materi yang telah disampaikan agar nantinya siswa tersebut menjadi terbiasa membudayakan pola hidup bersih dan sehat yang dapat berdampak positif bagi kesehatannya.

***