Apakah Flu Berbahaya?

Tindakan cepat dapat memungkinkan Anda memperoleh manfaat dari obat anti-virus, yang dapat mengurangi gejala flu dan membantu Anda bangkit kembali sedikit lebih cepat.

Minggu, 7 Agustus 2022 | 20:45 WIB
0
150
Apakah Flu Berbahaya?
image: Cleveland Clinic

Stres yang ditimbulkan oleh influenza pada tubuh Anda dapat menyebabkan kondisi serius

Penyakit baru seperti COVID-19 mungkin menjadi berita utama, tetapi penyakit lama dan familier seperti influenza tetap menjadi masalah kesehatan yang serius — fakta yang mungkin dipelajari banyak orang selama musim flu yang akan datang.

Flu dirawat di rumah sakit antara 140.000 dan 710.000 per tahun antara 2010 dan 2020, menurut perkiraan oleh the Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Kematian tahunan terkait flu berkisar antara 12.000 hingga 52.000 selama periode yang sama.

Jumlah total harus berada dalam kisaran luas itu selama musim flu yang akan datang, kata para ahli.

Namun terlepas dari angka-angka itu, flu sering dibicarakan seolah-olah tidak lebih dari pilek. Itu meremehkan penyakit yang serius, memperingatkan spesialis penyakit menular Kristin Englund, MD.

“Ini bukan flu biasa,” Dr. Englund menekankan. “Flu membebani tubuh Anda. Ada banyak tekanan pada sistem Anda saat bekerja untuk melawan infeksi – dan itu dapat menyebabkan segala macam komplikasi.”

Seberapa berbahayakah flu?

Jadi, mengapa influenza terkadang disalahartikan sebagai pilek? Nah, virus berbagi gejala seperti batuk, demam, dan perasaan kasar secara keseluruhan. Namun, dengan flu, gejalanya sering menyerang lebih keras dan bertahan lebih lama.

“Orang yang sangat sehat bisa mendapatkan komplikasi parah dari influenza,” kata Dr. Englund. "Tetapi jika Anda memiliki masalah kesehatan yang mendasarinya, risikonya menjadi jauh lebih besar."

Dalam kasus yang parah, flu dapat menyebabkan:

  • Pneumonia dan pneumonia bakteri, yang dapat menyebabkan kegagalan pernapasan dan penggunaan ventilator. Dr. Englund menyebut pneumonia sebagai “komplikasi #1” yang terlihat dari flu.
  • Serangan jantung atau masalah jantung seperti miokarditis (radang otot jantung).
  • Stroke.

Siapa yang paling berisiko?

Di suatu tempat antara 10% dan 20% dari populasi - yang mewakili jutaan orang - terinfeksi influenza setiap tahun. Sebagian besar akan pulih dalam tiga sampai tujuh hari, meskipun beberapa mungkin melihat gejala berlangsung beberapa minggu.

Tetapi risiko Anda untuk mengembangkan komplikasi flu parah meningkat jika Anda memiliki:

  • Asma.
  • Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).
  • Diabetes.
  • Penyakit jantung.
  • Penyakit ginjal.
  • Penyakit paru-paru.

Selain itu, orang-orang di ujung spektrum usia yang berlawanan — mereka yang berusia kurang dari 2 tahun atau lebih tua dari 65 tahun — cenderung lebih rentan dalam hal komplikasi terkait flu. Ditto untuk mereka yang sedang hamil.

Suntikan flu meminimalkan bahaya flu

Menghindari yang terburuk dari flu dimulai dengan menghindari flu … dan cara paling efektif untuk melakukannya adalah dengan mendapatkan suntikan flu Anda, saran Dr. Englund.

CDC melaporkan bahwa mendapatkan vaksin flu menurunkan risiko sakit sebesar 40% hingga 60%. Selama musim flu 2019-2020, vaksinasi influenza diperkirakan mencegah:

  • 7,5 juta kasus flu.
  • 105.000 rawat inap terkait flu.
  • 6.300 kematian terkait flu.

Dan bahkan jika Anda terkena flu, penelitian menunjukkan bahwa suntikan flu membantu mengurangi keparahan penyakit. Sebuah studi tahun 2021 menemukan bahwa vaksinasi flu menurunkan risiko masuk ICU sebesar 26% dan kematian sebesar 31%.

“Ini adalah bidikan sederhana yang sangat aman,” kata Dr. Englund. "Jadi, mengapa tidak melindungi dirimu sendiri?"

(Sebagai tambahan, harus ditekankan bahwa suntikan flu TIDAK BISA membuat Anda terkena flu.)

Cara lain untuk mencegah flu

Ingin mencegah penyakit flu di musim flu ini? Selain mendapatkan suntikan flu Anda, pertimbangkan tips ini:

  1. Pakailah masker. Flu menyebar dengan cepat melalui tetesan yang dibuat oleh orang yang batuk, bersin, atau berbicara saat mereka terinfeksi. Mengenakan masker di mulut dan hidung Anda dapat membantu mencegah Anda menghirup virus.
  2. Mempraktikkan kebersihan tangan yang baik. Mencuci tangan dengan saksama membatasi kemungkinan memindahkan virus dari permukaan — mungkin gagang pintu — ke mulut atau hidung Anda.
  3. Hindari kontak dengan orang yang sedang sakit. Berhati-hatilah pada pertemuan besar selama bulan-bulan puncak musim flu, biasanya Desember hingga Februari. Mungkin pergi dengan lambaian tangan atau tinju yang ramah di atas jabat tangan yang hangat.
  4. Hidup sehat. Menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan dengan diet dan olahraga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan Anda dan membentengi tubuh Anda untuk melawan infeksi.

Bagaimana jika Anda masih terkena flu?

Terlepas dari upaya terbaik Anda, mungkin saja Anda masih terkena virus. Jangan abaikan gejala mirip flu seperti demam, batuk, dan nyeri tubuh. Bicaralah dengan dokter Anda segera, terutama jika Anda berada dalam kelompok berisiko tinggi.

Tindakan cepat dapat memungkinkan Anda memperoleh manfaat dari obat anti-virus, yang dapat mengurangi gejala flu dan membantu Anda bangkit kembali sedikit lebih cepat.

Pikiran flu terakhir

Intinya pada flu? Ambillah dengan serius. “Kami melihat begitu banyak orang di rumah sakit setiap tahun karena influenza,” kata Dr. Englund. “Orang meninggal karena virus setiap tahun juga. Itu bukan sesuatu untuk diabaikan, jadi lakukan tindakan pencegahan yang Anda bisa untuk tetap sehat.”

***
Solo, Minggu, 7 Agustus 2022. 8:36 pm
'salam sehat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko