Membangun Keyakinan dan Harga Diri

Ingat kata-kata bijak Lao Tzu: Kesehatan adalah kekayaan terbesar. Kepuasan adalah harta terbesar. Keyakinan adalah teman terbaik.

Sabtu, 11 September 2021 | 22:55 WIB
0
44
Membangun Keyakinan dan Harga Diri
ilustr: Medium

17 Saran Sederhana untuk Membangun Kepercayaan Diri dan Harga Diri

Poin Penting

  • Harga diri yang rendah dihasilkan dari pengalaman masa kecil yang traumatis dan diperburuk oleh peristiwa kehidupan yang negatif.
  • Mereka yang memiliki harga diri rendah melihat diri mereka sebagai tidak berdaya atas lingkungan mereka dan sering mengembangkan gangguan mental.
  • Cara sederhana untuk meningkatkan harga diri seseorang termasuk olahraga, daftar prestasi seseorang, dan menetapkan tujuan harian yang realistis.

Harga diri yang rendah dapat berakar dalam, dengan asal-usul dalam pengalaman masa kecil yang traumatis seperti perpisahan yang berkepanjangan dari figur orang tua, pengabaian, atau pelecehan emosional, fisik, atau seksual.

Di kemudian hari, harga diri dapat dirusak oleh kesehatan yang buruk, peristiwa kehidupan yang negatif seperti kehilangan pekerjaan atau bercerai, hubungan yang kurang baik atau membuat frustrasi, dan rasa kurang kontrol secara umum.

Rasa kurangnya kontrol ini mungkin terutama terlihat pada korban pelecehan emosional, fisik, atau seksual, atau korban diskriminasi atas dasar agama, budaya, ras, jenis kelamin, atau orientasi seksual.

Hubungan antara harga diri rendah dan gangguan mental dan tekanan mental sangat kompleks. Harga diri yang rendah merupakan predisposisi gangguan mental, yang pada gilirannya menjatuhkan harga diri. Dalam beberapa kasus, harga diri yang rendah itu sendiri merupakan ciri utama dari gangguan mental, terutama depresi.

Orang dengan harga diri rendah cenderung melihat dunia sebagai tempat yang tidak bersahabat dan diri mereka sendiri sebagai korbannya. Akibatnya, mereka enggan untuk mengekspresikan dan menegaskan diri, kehilangan pengalaman dan peluang, dan merasa tidak berdaya untuk mengubah banyak hal.

Semua ini semakin menurunkan harga diri mereka, menyedot mereka ke dalam spiral ke bawah.

Cara Sederhana untuk Membangun Harga Diri

Jika Anda merasa bahwa Anda menderita harga diri yang buruk, ada beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan diri sendiri dan, semoga, keluar dari spiral ke bawah.

Anda mungkin sudah melakukan beberapa hal ini, dan Anda tentu tidak perlu melakukan semuanya. Lakukan saja yang menurut Anda paling nyaman.

1. Buatlah dua daftar: salah satu kekuatan Anda dan salah satu prestasi Anda. Cobalah untuk mendapatkan teman atau kerabat yang mendukung untuk membantu Anda dengan daftar ini, karena orang-orang dengan suasana hati yang rendah biasanya tidak berada dalam kerangka berpikir yang paling objektif. Simpan daftar di tempat yang aman dan bacalah setiap pagi.

2. Berpikir positif tentang diri Anda. Ingatkan diri Anda bahwa, terlepas dari masalah Anda, Anda adalah orang yang unik, istimewa, dan berharga, dan bahwa Anda layak untuk merasa baik tentang diri Anda sendiri. Bagaimanapun, Anda adalah keajaiban kesadaran, kesadaran alam semesta. Identifikasi dan tantang pikiran negatif apa pun tentang diri Anda seperti 'Saya pecundang', 'Saya tidak pernah melakukan sesuatu dengan benar', dan 'Tidak ada yang benar-benar menyukai saya'.

3. Berikan perhatian khusus pada kebersihan pribadi Anda: Mandi, sisir rambut, potong kuku, dan sebagainya.

4. Kenakan pakaian bersih yang membuat Anda merasa nyaman dengan diri sendiri. Semua hal dianggap sama, kenakan kemeja yang disetrika daripada kaus yang kusut, Anda mengerti.

5. Makan makanan yang baik sebagai bagian dari diet yang sehat dan seimbang. Jadikan waktu makan sebagai waktu yang spesial, bahkan jika Anda makan sendirian. Matikan TV, atur meja, nyalakan lilin, dan luangkan waktu untuk bersyukur.

6. Berolahraga secara teratur. Berjalan-jalanlah setiap hari, meskipun cuaca dingin atau hujan, dan lakukan lebih banyak olahraga (olahraga yang membuat Anda berkeringat) dua atau tiga kali seminggu.

7. Pastikan Anda cukup tidur. Tidur yang cukup dan teratur waktunya akan sangat menjaga mood Anda.

8. Kurangi tingkat stres Anda. Jika memungkinkan, setujui dengan teman atau saudara bahwa Anda akan bergantian memijat satu sama lain secara teratur.

9. Jadikan ruang hidup Anda bersih, nyaman, dan menarik. Setiap kali saya membersihkan jendela atau hanya menyirami tanaman saya, saya merasa jauh lebih baik. Tampilkan item yang mengingatkan Anda tentang pencapaian Anda dan waktu serta orang-orang spesial dalam hidup Anda.

10. Lakukan lebih banyak hal yang Anda sukai. Terus lanjutkan memanjakan diri sendiri. Lakukan setidaknya satu hal yang Anda nikmati setiap hari.

11. Dapatkan artistik. Kegiatan seperti puisi, musik, dan tarian, di antara banyak lainnya, memungkinkan Anda untuk mengekspresikan dan mengeksplorasi emosi Anda, berinteraksi secara positif dengan orang lain, dan mengurangi tingkat stres Anda. Anda bahkan mungkin membuat diri Anda terkesan. Temukan kelas melalui layanan pendidikan orang dewasa setempat atau pusat komunitas Anda.

12. Tentukan sendiri tantangan yang dapat Anda selesaikan secara realistis. Misalnya, ikut yoga, belajar menyanyi, atau mengadakan pesta makan malam untuk beberapa teman. Lakukan saja.

13. Lakukan beberapa hal yang telah Anda tunda, seperti mengarsipkan dokumen, mengecat ulang dapur, atau membersihkan taman.

14. Bersikap baik kepada orang lain, dan lakukan hal-hal baik untuk mereka. Mulailah percakapan dengan petugas kebersihan lingkungan atau penjaga toko, undang tetangga untuk minum teh, kunjungi teman yang sakit, terlibatlah dengan badan amal setempat. Menempatkan senyum di wajah seseorang pasti akan membuat Anda tersenyum.

15. Dapatkan orang lain on board. Beri tahu teman dan kerabat Anda apa yang Anda alami dan mintalah saran dan dukungan mereka. Mungkin mereka juga memiliki masalah yang sama, dalam hal ini Anda mungkin dapat membentuk kelompok pendukung. Jangan malu atau pendiam: kebanyakan orang ingin membantu.

16. Habiskan lebih banyak waktu dengan orang-orang yang Anda sayangi. Pada saat yang sama, cobalah untuk memperbesar lingkaran sosial Anda dengan berusaha untuk bertemu dan berteman dengan orang-orang. Berteman dengan orang bisa memakan waktu berbulan-bulan dan bertahun-tahun, jadi jangan mengharapkan hasil langsung.

17. Hindari orang dan tempat yang memperlakukan Anda dengan buruk atau membuat Anda merasa buruk tentang diri sendiri. Ini bisa berarti menjadi lebih tegas. Jika ketegasan merupakan masalah bagi Anda, tanyakan pada profesional kesehatan tentang pelatihan ketegasan.

Terakhir, ingat kata-kata bijak Lao Tzu: Kesehatan adalah kekayaan terbesar. Kepuasan adalah harta terbesar. Keyakinan adalah teman terbaik.

***
Solo, Sabtu, 11 September 2021. 10:17 pm
'salam sehat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko