Warisan Mochtar Pabottingi

Melalui buku ini Mochtar Pabottingi berusaha mengaitkan nasionalisme sebagai menuju "nasion", dan "egalitarianisme" sebagai menuju "demokrasi".

Selasa, 12 September 2023 | 09:10 WIB
0
73
Warisan Mochtar Pabottingi
Buku Mochtar Pabottingi (Foto: dok. Pribadi)

Setelah lama ditunggu-tunggu dan sempat tertunda, akhirnya terbit juga mahakarya dari Mochtar Pabottinggi, NASIONALISME DAN EGALITARIANISME DI INDONESIA, 1908-1980.

Buku yang berasal dari disertasi penulisnya di University of Hawaii, ditambah beberapa update terkait dengan beberapa topik mutakhir, diterbitkan Yayasan Pustaka Obor Indonesia, Agustus 2023, dua bulan setelah berpulangnya Bung Mochtar pada 4 Juni 2023.

Sebagai 'perluasan' dari disertasinya tahun 1991, buku ini sedikit berbeda karena Mochtar Pabotingi menambahkan uraian untuk memperjelas posisi teoretisnya tentang nasionalisme. 

Maka di sini kita jumpai misalnya, kritik tajam Mochtar atas beberapa karya besar sebelumnya tentang nasionalisme yang terkait dengan Indonesia. Termasuk kritiknya atas karya utama Ben Anderson yang selalu menjadi acuan, IMAGINED COMMUNITIES: Reflection on the Origin and Spread of Nationalism (1983).

Melalui buku ini Mochtar Pabottingi berusaha mengaitkan nasionalisme sebagai menuju "nasion", dan "egalitarianisme" sebagai menuju "demokrasi".

Dia meyakini sebagian besar permasalahan politik di Indonesia masih terus berkisar dalam ketegangan maupun tarik menarik antara tuntutan-tuntutan nasion dan tuntutan demokrasi...

Buku ini bisa dikatakan sebagai 'legacy', warisan intelektual dari Mochtar Pabottingi, seorang cendekiawan besar Indonesia masa kini, seorang ilmuwan politik cemerlang, dan juga seorang penyair dengan puisi-puisi yang menyentuh.

***