10 Tanda Awal Pria Pengendali

Senin, 22 Agustus 2022 | 11:46 WIB
0
42
10 Tanda Awal Pria Pengendali
image: ACR

Jika pria Anda membuat Anda merasa kecil, terhina, malu, dan penuh keraguan, Anda mungkin berkencan dengan pria yang mengendalikan.

Dia akan membuat Anda mempertanyakan kemampuan pengambilan keputusan Anda. Dia akan merusak harga diri Anda, dan dia akan mengisolasi Anda dari orang lain dalam hidup Anda.

Hubungan dengannya dapat memiliki konsekuensi serius bagi kesehatan mental Anda. Setelah Anda berkomitmen penuh, kemungkinan akan sulit untuk menjauh darinya dan sembuh dari luka.

Itulah mengapa sangat penting untuk mengidentifikasi tanda bahaya sesegera mungkin dan mencegah menjalin hubungan yang bisa lebih berbahaya daripada kebaikan.

Hubungan dengan pria pengendali itu tidak sehat dan sering kali kasar. Jadi, Anda harus memperhatikan tanda bahaya sejak awal dalam hubungan. Jangan menunggu untuk jatuh cinta dengan pria ini ketika Anda mulai membenarkan perilakunya yang mengendalikan.

Buka mata Anda untuk detail kecil yang menunjukkan bahwa Anda berkencan dengan pria yang mengendalikan. Berikut adalah beberapa tanda awal yang harus diperhatikan:

1. Dia menuntut semua waktu dan energi Anda.

Ketika Anda mendedikasikan waktu Anda untuk teman, keluarga, dan hobi Anda, pria ini akan menjadi pasif-agresif dan membuat Anda merasa bersalah karenanya. Sepertinya Anda entah bagaimana merusak hubungan Anda dengannya dengan menghabiskan sebagian waktu luang Anda untuk hal-hal lain dalam hidup Anda.

Wanita yang berkencan dengan pria yang mengendalikan sering berakhir tanpa kehidupan di luar hubungan. Dia akan mencoba mengisolasi Anda dari teman dan keluarga Anda dan menghentikan Anda dari mempraktikkan hobi Anda.

Mungkin tampak tersanjung bahwa pacar Anda ingin menghabiskan begitu banyak waktu dengan Anda, tetapi dia benar-benar tidak ingin Anda menghabiskan waktu dengan orang lain. Lebih mudah baginya untuk mengendalikan Anda ketika dia ada di sekitar Anda. Plus, jika Anda hanya menghabiskan waktu bersamanya, tidak ada orang lain yang dapat memengaruhi Anda.

Mungkin dia memberi tahu Anda bahwa dia tidak menyukai teman dan keluarga Anda dan mencoba mendorong Anda menjauh dari mereka. Pasangan Anda tidak harus menyukai orang yang Anda cintai yang lain, tetapi dia harus menghormati mereka dan setidaknya mencoba bergaul dengan mereka.

Sebaliknya, pria Anda melarang Anda menghabiskan waktu bersama beberapa teman yang dianggapnya berpengaruh buruk. Ketika Anda mendapat kesempatan untuk bergaul dengan teman-teman Anda, dia menelepon Anda dan menuntut untuk mengetahui semua detailnya.

Atau, dia menciptakan krisis sehingga Anda harus membuang teman Anda untuk bersamanya. Dia ingin Anda bergantung sepenuhnya padanya, dan Anda tidak akan memiliki orang lain untuk meminta bantuan atau nasihat.

2. Dia tidak punya teman.

Orang yang mengendalikan jarang memiliki kehidupan sosial yang hebat. Lebih mudah untuk mengendalikan satu hubungan romantis daripada menavigasi banyak persahabatan. Selain itu, masalah kendali sering kali berasal dari perasaan tidak terkendali dan terancam.

Pria Anda terlalu tidak aman untuk menempatkan dirinya di luar sana dan memercayai orang-orang spontan yang tidak dapat ia kuasai. Dia lebih suka hanya memiliki satu orang dalam hidupnya, orang yang bisa dia kendalikan sepenuhnya.

Jadi, jika pria Anda tidak pernah berbicara tentang teman, acara sosial, dan aktivitas kelompok, itu mungkin menunjukkan bahwa dia mengendalikan. Meskipun penyendiri tidak selalu mengendalikan, orang yang mengendalikan jarang memiliki kehidupan sosial yang kaya.

Cari tanda-tanda lain selain yang ini untuk mengidentifikasi pria yang mengendalikan, tetapi berhati-hatilah meskipun itu satu-satunya tanda yang dia tunjukkan. Kurangnya persahabatan seseorang mungkin berada di luar kendali mereka, tetapi seringkali masalah kepribadian menyebabkan orang kehilangan teman.

Tidak semua orang memiliki teman dekat yang dapat mereka andalkan, tetapi kebanyakan orang memiliki semacam kehidupan sosial. Jika tidak, mereka mungkin memiliki beberapa masalah untuk diselesaikan.

3. Dia terus-menerus memeriksa Anda.

Pada awalnya, pria ini mungkin tampak sangat perhatian dan peduli. Lagi pula, dia selalu memikirkan Anda, dan dia peduli dengan apa yang Anda lakukan. Dia ingin memastikan bahwa Anda aman dan Anda telah mencapai tujuan Anda.

Perhatian semacam ini bisa menyanjung, dan dalam situasi normal, itu akan menjadi pertanda baik. Namun, dengan pria yang mengendalikan, perilaku ini segera menjadi tidak sehat. Panggilan perhatiannya berubah menjadi Anda harus menjelaskan diri Anda kepadanya.

Karena dia terus-menerus mengawasi Anda, Anda akan mulai menghindari melakukan hal-hal tertentu hanya untuk menghindari drama yang ditimbulkannya. Jadi, daripada pergi keluar dan bersenang-senang, Anda akan pulang lebih awal agar pacar Anda tidak kesal karena Anda keluar sampai larut malam.

Pikirkan tentang ini: apakah dia ingin tahu bahwa Anda sampai di rumah dengan selamat, atau apakah dia mengendalikan Anda melalui telepon dan pesan?

Jika Anda mulai merasa kebebasan Anda terbatas dan Anda tidak dapat membuat pilihan yang biasanya Anda lakukan, Anda bersama pria yang mengendalikan. Kepercayaan diri Anda juga akan turun, dan Anda akan mulai berpikir bahwa Anda harus meminta izinnya kapan pun Anda ingin melakukan sesuatu.

Anda akan mulai menyesuaikan jadwal Anda dengannya. Anda akan mulai menghindari menghabiskan waktu dengan teman-teman Anda sehingga Anda tidak menimbulkan masalah dalam hubungan Anda.

Jika Anda tidak keluar dari hubungan pada saat ini, segalanya hanya akan menjadi lebih buruk. Anda akhirnya akan sepenuhnya bergantung pada pria yang mengendalikan. Pada akhirnya, Anda bisa memiliki kepercayaan diri yang rapuh sehingga Anda merasa tidak dapat meninggalkan hubungan yang beracun.

4. Dia memberi tahu Anda apa yang bisa dan tidak bisa Anda lakukan.

Jika seorang pria membelikan Anda gaun untuk dikenakan pada kencan Anda dan memesan makanan dari menu untuk Anda, itu biasanya dianggap sebagai isyarat romantis. Namun, bagaimana jika Anda tidak ingin dia melakukan hal-hal ini dan Anda menolak sarannya?

Seorang pria yang membuat gerakan romantis akan membiarkan Anda memakai dan memesan apa pun yang Anda inginkan jika Anda tidak suka dia melakukannya untuk Anda. Di sisi lain, seorang pria pengendali akan bersikeras bahwa Anda melakukan apa yang dia katakan. Seorang pria dapat menyarankan agar Anda melakukan atau tidak melakukan sesuatu, tetapi dia tidak boleh terus memaksa jika Anda menolak.

Seorang pria pengendali cenderung memberi tahu Anda apa yang bisa dan tidak bisa Anda kenakan, dan ini adalah bendera merah besar. Dia mungkin membuat pujian backhand tentang pakaian Anda yang membuat Anda memilih untuk memakai sesuatu yang lain.

Jika Anda tiba-tiba khawatir bahwa rok Anda terlalu pendek atau atasan Anda terlalu terbuka, tetapi Anda tidak pernah khawatir tentang itu sebelumnya, dia memengaruhi Anda. Apakah pakaian Anda benar-benar tidak pantas ketika Anda telah memakainya ribuan kali sebelumnya dan tidak pernah terlintas dalam pikiran Anda bahwa Anda seharusnya tidak mengenakannya? Sampai dia memberi tahu Anda bahwa itu tidak pantas ...

Ketika seorang pria mencoba memberi tahu Anda apa yang bisa dan tidak bisa Anda kenakan, larilah ke bukit. Dia diperbolehkan untuk membuat komentar dan saran, tetapi dia tidak diperbolehkan untuk memaksa Anda melakukan apa yang dia katakan.

5. Dia ingin mengubah Anda.

Seorang pria yang mengendalikan tidak membuat saran, dia membuat tuntutan yang disamarkan sebagai saran. Dia akan memberi tahu Anda siapa yang harus dilihat, apa yang harus dimakan, ke mana harus pergi, apa yang harus dipakai, dan apa yang harus dilakukan. Pendapat Anda tidak akan berarti baginya dan dia akan bersikeras bahwa Anda perlu berubah.

Anda harus mempertahankan dan menjelaskan keputusan dan ide Anda, dan ini adalah tanda peringatan untuk dijalankan. Jika tidak, dia akan mendorong Anda untuk berubah menjadi seseorang yang tidak pernah Anda inginkan.

Orang-orang juga berubah dalam hubungan yang sehat, tetapi mereka berubah karena mereka ingin melakukannya. Mereka bekerja untuk menjadi orang yang mereka inginkan, bukan yang dituntut pasangannya.

Pasangan yang baik menginspirasi dan memotivasi Anda untuk tumbuh dan berkembang. Dia memberi Anda dukungan dan mendorong Anda untuk mengejar impian Anda.

Namun, dia tidak mencoba membuat Anda berubah menjadi seseorang yang bukan Anda. Dia tidak memaksa Anda untuk menyesuaikan diri dengan citranya tentang orang yang sempurna. Sebaliknya, dia memotivasi Anda untuk menemukan versi diri Anda yang Anda anggap sempurna. Dia mencintai Anda apa adanya dan menghargai keunikan Anda.

Jika Anda menjalin hubungan dengan pria yang suka mengendalikan, dia akan terus berusaha mengubah Anda. Anda tidak akan pernah cukup baik untuknya tidak peduli seberapa keras Anda berusaha menjadi seperti yang dia inginkan.

6. Dia pencemburu dan posesif.

Pria yang mengendalikan tidak aman, dan mereka menganggap semua pria lain sebagai pesaing. Jadi, pacar Anda tidak akan menyukai teman lawan jenis Anda.

Dia akan menanyai Anda, memeriksa Anda terus-menerus ketika Anda bersama mereka, dan bahkan melarang Anda untuk melihatnya.

Dia cemburu dan posesif, jadi dia bahkan mungkin memeriksa ponsel Anda untuk mencari bukti perselingkuhan Anda. Dia tidak akan pernah percaya bahwa Anda setia kepadanya, dan dia akan terus mempertanyakan kesetiaan Anda.

Keraguan diri dan rasa bersalah adalah hal yang normal ketika Anda berkencan dengan pria yang suka mengendalikan, tetapi itulah mengapa Anda tidak boleh berkencan dengannya.

Dia akan cemburu pada pria dari masa lalu Anda juga. Jadi, jika Anda berbicara dengannya tentang mantan Anda, dia akan menganggapnya sebagai ancaman. Dia akan berpikir bahwa Anda akan kembali ke mantan Anda atau menganggap bahwa dia hanya rebound bagi Anda.

Jika Anda bahkan berteman dengan mantan Anda, pacar pengontrol Anda tidak akan pernah bisa percaya bahwa Anda tidak selingkuh. Kecemburuannya adalah salah satu alasan mengapa dia akan mencoba mengisolasi Anda dari semua orang, terutama pria lain.

Seorang pria yang mengendalikan akan terus-menerus menuduh Anda tidak setia kepadanya bahkan jika Anda tidak melakukan apa pun yang pantas mendapatkannya.

7. Dia terus-menerus mengkritik Anda.

Jika pria yang Anda kencani terus-menerus merendahkan Anda dan mengkritik semua yang Anda lakukan atau katakan, dia mungkin sedang mengendalikan. Komentar buruknya akan memengaruhi harga diri Anda secara negatif, dan kepercayaan diri Anda akan turun.

Dia ingin Anda berpikir buruk tentang diri Anda sendiri; maka Anda akan percaya bahwa Anda tidak dapat menemukan orang yang lebih baik dari dia. Jadi dia akan mengendalikan Anda selamanya.

Dia akan membesar-besarkan kekurangan Anda, membuat lelucon kejam tentang Anda di depan umum, dan mengkritik cara Anda berbicara dan berpakaian. Ketika Anda melakukan sesuatu dengan benar, dia tidak akan pernah mengakuinya. Jadi, Anda akan merasa seperti Anda tidak pernah melakukan sesuatu dengan benar.

Dia ingin Anda merasa seperti itu karena itu membuatnya lebih mudah untuk mengendalikan Anda. Jika Anda memiliki harga diri yang rendah, Anda cenderung terus membiarkan dia memanipulasi Anda, dan itulah yang dia inginkan. Jadi, dia dengan sengaja merendahkan Anda dan merusak harga diri Anda.

8. Dia tidak menghargai privasi Anda.

Anda harus melepaskan privasi Anda untuk bersama pria yang mengendalikan. Dia akan meninggalkan Anda tanpa waktu luang dan dia akan mengintip karena kurangnya kepercayaan. Jika Anda merahasiakan sesuatu, dia akan sangat marah kepada Anda, bahkan jika rahasia itu tidak ada hubungannya dengan dia.

Dia ingin tahu segalanya tentang hidup Anda dan semua orang yang Anda habiskan bersama. Seorang pria pengendali tidak memahami konsep ruang dan waktu pribadi. Dia tidak akan membiarkan Anda memiliki privasi apa pun, dan dia mungkin akan mengintip profil ponsel, komputer, dan media sosial Anda.

Anda harus terus-menerus memberi tahu dia di mana Anda berada, apa yang Anda lakukan, dan dengan siapa, bahkan jika Anda hanya mengunjungi keluarga Anda untuk makan malam.

Dia akan memiliki ledakan cemburu jika ada kemungkinan pria lain ada di dekat Anda saat Anda jauh darinya. Anda tidak akan diizinkan untuk memiliki kehidupan di luar hubungan atau menyimpan beberapa hal untuk diri sendiri karena dia tidak akan menghormati privasi Anda.

9. Cintanya bersyarat.

Cinta harus tanpa syarat, dan pria Anda harus mencintai Anda dengan semua ketidaksempurnaan Anda. Seorang pria yang mengendalikan tidak bisa melakukan ini. Dia akan mencoba mengubah Anda sehingga Anda sesuai dengan standarnya, tetapi dia tidak akan benar-benar mencintai Anda bahkan jika Anda berhasil melakukannya.

Dia tidak akan menunjukkan cinta kepada Anda dengan berada di sana untuk Anda ketika Anda merasa sedih. Dia akan memerintah Anda, dan Anda harus menurut dengan harapan untuk memenangkan cintanya. Hubungan seperti itu sangat tidak sehat.

Ketika seorang pria membuat Anda berpikir bahwa Anda harus mendapatkan dan pantas mendapatkan cintanya dengan melakukan apa yang dia katakan, larilah ke bukit. Cinta harus diberikan secara cuma-cuma, bukan diperoleh.

Anda bahkan mungkin mendengar dia mengatakan bagaimana Anda tidak pantas mendapatkan cintanya ketika Anda melakukan sesuatu yang salah. Pada kenyataannya, dia tidak mampu untuk benar-benar mencintai orang lain.

10. Dia kasar.

Mengendalikan orang sering manipulatif dan kasar. Dia mungkin tidak melecehkan Anda secara fisik, tetapi Anda cenderung mengalami pelecehan psikologis dan emosional.

Pria yang tidak aman menggunakan pelecehan untuk meningkatkan egonya dan membuat pasangannya merasa rendah diri. Dia akan menyalahkan Anda, merendahkan Anda, dan memberi Anda perlakuan diam, tetapi ini hanya beberapa hal kasar yang bisa dia lakukan.

Intinya adalah dia akan menggunakan kata-kata dan tindakannya untuk menyakiti Anda, bukan untuk membuat Anda merasa dicintai, dan Anda tidak boleh bersama pria seperti itu.

Dia akan selalu menyalahkan Anda untuk semuanya. Bahkan jika Anda mengonfrontasinya tentang hal itu, dia akan memberi tahu Anda bahwa itu semua salah Anda. Dia akan membuat Anda berpikir bahwa Anda entah bagaimana membuatnya melecehkan Anda dan pantas untuk dilecehkan.

Ini adalah bendera merah terbesar yang ada. Ini adalah tanda Anda untuk melarikan diri dan menyelamatkan diri dari pria yang mengendalikan. Jika Anda tetap bersamanya, kesehatan mental Anda akan menderita akibatnya.

Menjauh dari pria yang mengendalikan bisa lebih sulit daripada yang terlihat. Dia akan mencoba membuat Anda tetap ada dengan semua yang dia miliki, dan harga diri Anda yang rusak tidak akan membuat Anda percaya bahwa Anda pantas mendapatkan yang lebih baik.

Selain itu, karena dia akan mengisolasi Anda dari orang yang Anda cintai, Anda tidak akan dapat menemukan bantuan jika Anda mencoba untuk menjauh darinya. Itulah sebabnya semakin cepat Anda dapat melihat tanda-tanda dan menarik diri dari hubungan, semakin baik.

Anda pasti layak mendapatkan hubungan yang sehat. Jadi jangan puas dengan seseorang yang manipulatif dan mengendalikan. Bicaralah dengan terapis untuk mendapatkan bantuan dalam meninggalkan hubungan yang berpotensi melecehkan.

Jika Anda pernah mengalami pelecehan, terapis dapat membantu Anda menyembuhkan dan menjauhi pria beracun di masa depan. Yang paling penting, mereka akan dapat mengingatkan Anda tentang semua alasan mengapa Anda tidak harus kembali ke pria pengendali begitu Anda akhirnya menjauh darinya.

Jadi, bicaralah dengan seseorang sekarang dan kenali tanda-tandanya sejak awal dalam hubungan, sebelum semakin sulit untuk pergi dan sembuh.

Masih tidak yakin apakah pria ini beracun dan mengendalikan atau hanya sedikit tertarik atau sombong? Ini bukan situasi yang mudah untuk dihadapi, dan mungkin akan lebih sulit jika Anda tidak memiliki siapa pun untuk diajak bicara tentang hal itu. Berbicara dengan seseorang adalah cara yang bagus untuk menghilangkan pikiran dan kekhawatiran Anda sehingga Anda dapat mengatasinya.

Kami sangat menyarankan Anda berbicara dengan ahli hubungan yang berpengalaman daripada teman atau anggota keluarga. Mengapa? Karena mereka dilatih untuk membantu orang dalam situasi seperti Anda. Mereka dapat mendengarkan Anda dan menawarkan saran yang dipertimbangkan dengan baik untuk membantu Anda mengetahui apa arti perilaku pria ini dan apa yang harus Anda lakukan tentang hubungan awal yang Anda miliki dengannya.

Tempat yang baik untuk mendapatkan bantuan adalah situs web Relationship Hero – di sini, Anda dapat terhubung dengan konselor hubungan melalui telepon, video, atau pesan instan.

Meskipun Anda dapat mencoba mencari tahu sendiri, tidak semua perilaku terlihat jelas dan terkadang ada hal lain yang terjadi.

Terlalu banyak orang terjebak dalam hubungan yang tidak baik untuknya karena dia tidak dapat mengidentifikasi sehat dari tanda-tanda tidak sehat. Jika memungkinkan dalam keadaan Anda, berbicara dengan pakar hubungan adalah 100% cara terbaik ke depan.

Anda sudah mengambil langkah pertama hanya dengan mencari dan membaca artikel ini. Hal terburuk yang dapat Anda lakukan saat ini adalah tidak melakukan apa-apa. Yang terbaik adalah berbicara dengan ahlinya. Hal terbaik berikutnya adalah menerapkan semua yang telah Anda pelajari di artikel ini sendiri. Pilihan ada pada Anda.

***
Solo, Senin, 22 Agustus 2022. 11:39 am
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko