Cara Mengurangi Pencemaran Udara yang Wajib Dipraktekkan

Jika belum bisa berhenti total, maka coba untuk mengurangi intensitasnya. Selain itu, hindari merokok dalam ruangan tertutup dan cobalah untuk merokok dalam lingkungan terbuka yang dekat dengan pepohonan atau tanaman penyaring udara.

Selasa, 31 Mei 2022 | 22:53 WIB
0
27
Cara Mengurangi Pencemaran Udara yang Wajib Dipraktekkan
cara menanggulangi polusi udara

Polusi udara merupakan salah satu permasalahan lingkungan yang masih bisa dicegah dengan baik. Itu sebabnya penting untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap cara mengurangi pencemaran udara.

Hal tersebut sangat penting mengingat polusi udara dalam jangka panjang akan menyebabkan masalah kesehatan yang serius, khususnya dalam sistem pernapasan.

Bagaimana Cara Mengurangi Pencemaran Udara?
Berikut beberapa cara mengurangi pencemaran udara yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Menggunakan Transportasi Umum
Menggunakan transportasi umum dalam mobilitas merupakan salah satu solusi dalam mengurangi pencemaran udara. Hal ini dikarenakan gas buangan dari kendaraan bermotor merupakan sumber polusi udara.

Jika perjalanan harus menggunakan kendaraan pribadi, maka usahakan untuk menempuh rute yang lebih efisien untuk meminimalisir polusi yang dikeluarkan oleh kendaraan.

2. Berjalan Kaki atau Naik Sepeda
Cara selanjutnya yang bisa diterapkan yakn membiasakan diri untuk berjalan kaki atau naik sepeda ketika bepergian jarak dekat.

Selain memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, sering berjalan kaki ataupun naik sepeda juga akan mengakibatkan tubuh terasa lebih segar dan sehat.

3. Mematikan Lampu jika Tidak Digunakan
Mematikan lampu tidak disangka juga menjadi salah satu cara mengurangi pencemaran udara. Hal ini dikarenakan penggunaan alat elektronik pada dasarnya juga menghasilkan polusi udara.

Tidak hanya untuk mengurangi polusi, penggunaan lampu secukupnya juga dapat menghemat energi dan biaya bukan?

4. Menerapkan Reuse dan Recycle
Menerapkan konsep reuse dan recycle juga banyak digencarkan sebagai salah satu cara mengurangi pencemaran udara. 

Hal ini dikarenakan kedua cara tersebut berperan penting dalam pengurangan jumlah sampah sehingga bisa menurunkan jumlah produksi barang. Dengan menurunnya proses produksi, maka emisi polusi udara akan semakin berkurang.

Anda bisa menerapkan konsep reuse dan recycle mulai dari kebiasaan-kebiasaan kecil seperti menggunakan kembali kantong atau tempat yang masih bisa digunakan.

Selain itu, usahakan untuk menggunakan tempat ramah lingkungan seperti kertas ataupun tas kain.

Baca Juga: Fungsi Kalung Air Purifier yang Wajib Kamu Tahu

5. Hindari Membakar Sampah Terlalu Sering
Memilah sampah dan menghindari pembakaran terlalu sering juga menjadi cara jitu dalam mengurangi emisi polusi. Biasakan untuk memilah sampah organik dan anorganik sebelum dibuang.

Nantinya, Anda bisa memanfaatkan sampah organik sebagai pupuk tanaman tanpa harus dibakar karena cara ini justru akan mengakibatkan polusi udara, terlebih jika dilakukan terlalu sering.

6. Menanam Pohon
Menanam pohon termasuk salah satu upaya penghijauan yang banyak memberikan manfaat bagi lingkungan. Salah satunya dalam penyerapan udara dari polusi yang ada di sekitarnya.

Semakin banyak Anda menanam pohon, maka akan semakin segar dan bersih udara yang ada dalam lingkungan tersebut. Terlebih jika tanaman atau pohon yang ditanam memiliki khasiat khusus dalam penguraian udara.

Seperti misalnya pohon palem, tanaman sirih, anthurium, peace lily dan masih banyak lagi.

7. Mengurangi Rokok
Mengurangi aktivitas merokok ialah cara mengurangi pencemaran udara yang ampuh untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan asap rokok yang dihasilkan tidak hanya memberikan polusi bagi diri sendiri, melainkan orang lain yang ada di sekitarnya.

Jika belum bisa berhenti total, maka coba untuk mengurangi intensitasnya. Selain itu, hindari merokok dalam ruangan tertutup dan cobalah untuk merokok dalam lingkungan terbuka yang dekat dengan pepohonan atau tanaman penyaring udara.

Hal tersebut dimaksudkan agar polusi dalam rokok bisa segera terurai dan tidak terlalu mengendap lama dalam udara yang nantinya akan dihirup.

Disamping ke-7 cara mengurangi polusi udara di atas, Anda juga bisa menggunakan Purifier Udara Ion dari Zero 2.5 Indonesia sebagai alat pembersih udara dari berbagai jenis polusi. Jika Anda menggunakan air ionizer Zero 2.5,kualitas udara rumah akan semakin bersih.

Baca Juga: Jenis-Jenis Polutan yang Wajib Diwaspadai

Anda bisa menggunakan produk ini dan tanaman penyaring udara secara bersamaan agar kesehatan keluarga semakin terjamin. Jika Anda tertarik untuk mempelajari tips seputar udara dan kesehatan respiratori lainnya, klik di sini. Untuk informasi terkait air ionizer produk Zero 2.5 lainnya, kunjungi laman Zero 2.5.